Cara Memilih Daging Sapi yang Bagus dan Segar

By Categories : Tips

Tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana saja cara memilih daging sapi yang bagus dan benar. Daging sapi memang memiliki banyak kandungan protein hewani yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Hal tersebut tentunya didukung dengan kualitas daging sapi yang baik dan segar ketika membelinya. Namun saat ini banyak pula ditemukan daging sapi yang dalam kondisi sudah tidak segar yang banyak dijual oleh sebagian pedagang yang tak bertanggung jawab.

Daging sapi yang tak segar tidak memberikan nutrisi baik, justru dapat memicu berbagai permasalahan pada kesehatan tubuh. Untuk kualitas daging yang bagus dipengaruhi dengan berbagai faktor seperti faktor pemberian makanan, proses perawatan, pemotongan, serta cara pemeliharaan yang benar. Nah untuk mengetahui bagaimana saja cara memilih daging sapi yang bagus dan segar, silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

daging sapi

Berikut Cara Memilih Daging Sapi yang Bagus dan Segar

Melihat Tekstur Daging

Daging sapi yang bagus dan segar biasanya memiliki tekstur daging yang lebih kenyal. Untuk mengetahuinya, cobalah dengan menekan sedikit daging sapi tersebut. Jika setelah disentuh kembali posisi semula maka daging tersebut masih dalam kondisi segar dan baru. Sementara untuk daging sapi yang sudah busuk atau kualitasnya tidak bagus akan lembek ketika ditekan.

Memperhatikan Warna Daging

Cara memilih daging sapi yang bagus berikutnya adalah dengan memperhatikan warna daging. Warna daging pada daging sapi juga perlu diketahui untuk menentukan apakah daging sapi tersebut masih bagus ataukah sudah dicampur dengan bahan pengawet kimia. Untuk daging sapi yang masih segar memiliki warna yang merah segar. Sementara untuk daging sapi yang sudah dalam kondisi tidak segar memiliki warna pucat serta kotor.

Perhatikan Aroma Daging

Cara berikutnya adalah dengan memperhatikan aroma dari daging sapi. Untuk cara yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan. Untuk daging sapi yang segar memiliki aroma segar dan khas daging. Sedangkan untuk daging yang tidak dalam kondisi bagus memiliki bau menyengat asam dan kurang sedap.

Daging Tidak Berair

Cara memilih daging sapi yang bagus dan segar keempat adalah dengan memperhatikan kadar air. Cairan merah pada daging bukanlah darah melainkan sari dari daging sapi itu sendiri. Pada umumnya daging sapi memiliki permukaan kering yang bisa menahan pertumbuhan dari mikroorganisme. Oleh sebab itu hindari daging yang mengandung banyak air, hal tersebut dapat menandakan bahwa daging sudah terlalu lama terkena udara bebas.

Perhatikan Kandungan Lemak pada Daging

Cara yang terakhir dalam pembahasan kali ini adalah dengan memperhatikan kandungan lemak pada daging. Kandungan lemak atau yang disebut dengan marbling merupakan lemak yang terletak diantara serabut otot. Lemak ini memiliki fungsi untuk membungkus otot serta membantu mempertahankan daging ketika dipanaskan. Lemak berpengaruh pada cita rasa dari daging itu sendiri.

Setelah Anda mengetahui cara memilih daging sapi yang bagus dan segar, kemudian Anda juga perlu mengetahui beberapa menu olahan daging sapi paling favorit dan bisa Anda coba di rumah. Berikut di antaranya.

Menu olahan daging sapi

  • Rendang. Makanan khas Padang ini merupakan salah satu terpopuler di Indonesia, bahkan menjadi salah satu makanan terlezat di dunia. Rendang diolah menggunakan bahan baku dari kelapa parut dan santan. Biasanya daging sapi dipotong menjadi kecil-kecil dan direbus dengan bumbu hingga meresap.
  • Bakso. Makanan ini hampir dapat Anda temukan di seluruh wilayah Indonesia. Masakan dari olahan daging sapi ini cukup populer dan memiliki berbagai jenis. Jika Anda pandai memilih daging sapi yang bagus maka hasil dari bakso juga akan lebih nikmat. Biasanya bakso disajikan dengan mie kuning dengan mangkuk bergambar ayam jago.
  • Semur. Salah satu masakan Indonesia yang sangat populer ini memiliki rasa yang menggoda. Semur biasanya diolah dengan kecap dalam jumlah yang banyak. Semur daging sapi sangat cocok disajikan dengan sambal dan nasi putih panas. Biasanya masakan ini merupakan menu wajib pada hari raya.
  • Empal. Olahan daging sapi ini paling mudah dibuat. Walaupun simpel, makanan ini justru banyak yang menyukai. Empal biasanya disantap bersama dengan makan soto. Selain memiliki rasa yang gurih, empal juga mengandung banyak protein yang menyehatkan.
  • Abon. Makanan ini sangat nikmat jika disajikan dengan nasi putih hangat. Makanan ini diolah sedemikian rupa menjadi serat-serat kasar dan mampu bertahan hingga berbulan-bulan. Biasanya abon mudah ditemui dipusat oleh-oleh. Olahan daging sapi ini disukai oleh semua kalangan karena memiliki rasa yang gurih dan menyehatkan.
  • Sate. Selain daging ayam dan kambing, daging sapi juga dapat dibuat sate. sate daging sape memiliki rasa yang khas dengan tekstur yang lembut. Sate ini biasanya disajikan dengan sambal kecap, potongan cabai hijau, dan bawang merah.

terms: cara memilih daging sapi yang bagus, cara memilih daging sapi segar, cara memilih daging sapi yang baik, cara memilih daging sapi yg baik, cara memilih kualitas daging sapi mudah yang baik