Cara Memilih Batu Akik Asli Agar Tidak Tertipu

By Categories : Tips

Tren batu akik kini tengah marak di kalangan masyarakat. Mulai dari kalangan anak muda sampai dengan orang dewasa menyukai batu akik. Dengan tren tersebut sebagian orang memanfaatkannya dengan menjadi pengrajin batu akik. Berbagai macam jenis batu akik menambah varian, sehingga membuat para pecinta akik ingin terus mengkoleksinya.

Batu Akik

Di saat tren tersebut tengah booming, muncul masalah yang terjadi seperti terdapat batu akik palsu serta penipuan pembelian batu akik secara online yang menjadi sorotan banyak orang. Menanggapi hal tersebut diperlukan cara agar tidak tertipu dalam pembelian batu akik. Tak sedikit orang yang menjadi korban dari batu akik palsu yang dijual oleh oknum tak bertanggung jawab. Untuk itu bagi Anda yang memiliki hobi pemula batu alam tersebut, sebaiknya mengetahui tips cara memilih batu akik asli untuk menghindari penipuan.

Berikut Cara Memilih Batu Akik Asli

Memperhatikan Ciri-Ciri Batu Akik yang Asli

Langkah pertama yang dapat Anda ketahui adalah dengan memperhatikan ciri-ciri dari batu akik. Terdapat banyak cara yang dapat Anda ketahui mengenai ciri-ciri batu akik. Pada umumnya setiap jenis batu akik akan memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dengan jenis batu akik lainnya.

Perhatikan Warna dari Batu Akik

Tips cara memilih batu akik asli yang kedua adalah dengan memperhatikan warna dari batu akik. Salah satu seni dalam batu akik adalah kualitas warna dari batu itu sendiri. Semakin unik dan bagus warna dari batu akik, maka semakin tinggi harga yang dimiliki. Untuk batu akik warna semakin tajam tidak selamanya harus mencolok, melainkan memiliki warna yang kuat dan padat.

Mengajak Orang yang Mengetahui Batu Akik

Tips berikutnya adalah dengan mengajak orang yang sudah mengetahui batu akik sejak lama. Orang yang sudah mengenal batu akik sejak lama kemungkinan besar memiliki pengetahuan lebih dibandingkan dengan orang yang baru menyukai batu akik. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kasus penipuan pada batu akik seperti pemalsuan batu akik.

Perhatikan Sertifikat untuk Beberapa Jenis Batu Akik

Untuk beberapa jenis baru akik yang memiliki nilai jual tinggi tentu memiliki sertifikat yang berisi tentang warna batu akik, sampai dengan jenis batu akik tersebut. Selain itu biasanya terdapat stempel resmi dari perusahaan. Biasanya batu akik yang memiliki sertifikat adalah jenis batu akik yang bagus dan banyak di cari di Indonesia.

Perhatikan Berat dari Batu Akik

Yang terakhir atau yang kelima adalah dengan memperhatikan berat dari batu akik. Secara umum batu akik memiliki berat berbeda dibanding dengan lainnya. Salah satu jenis akik bacan memiliki berat lebih dibandingkan dengan batu lainnya. Ini dikarenakan jenis bacan mengandung tekstur dari ferium. Untuk itu Anda perlu berhati-hati jika memilih batu akik dengan melihat kualitasnya.

Nah demikianlah ulasan seputar cara memilih batu akik asli agar tidak tertipu. Selain cara di atas, Anda juga perlu memperhatikan dari jenis batu akik yang akan dipilih. Baca juga artikel terkait mengenai Tips merawat batu akik.