Cara Memelihara Ikan Lele Yang Benar

By Categories : Umum

Budidaya Ikan lele sekarang ini tengah menjadi primadona bagi para pengusaha budidaya ikan. Kini dari tahun ke tahun budidaya ikan lele tidak pernah mengalami pasang surut dan justru peminatnya semakin bertambah. Hal ini dikarenakan dipengaruhi oleh konsumen yang semakin meningkat. Baik untuk dikonsumis maupun dijadikan sebagai usaha pemancingan ikan lele. Nah dari beberapa faktor itulah sekarang ini banyak masyarakat mulai tertarik untuk membuka peluang sebagai seorang pengusaha budidaya ikan lele. Kunci sukses yang yang harus dilakukan adalah harus tahu cara memelihara ikan lele dengan benar. Jika tidak memiliki skill tersebut maka usaha budidaya ikan lele tidak akan membuahkan hasil .

Cara Memelihara Ikan Lele
Cara memelihara ikan lele memang terlihat mudah jika sudah tahu ilmunya. Memelihara ikan lele memiliki dua segmen usaha diantaranya segmen pembenihan dan pembesaran. Dalam segmen pembenihan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan benih ikan lele yang berkualitas. Sedangkan untuk segmen membesaran bertujuan ikan lele yang memang sudah siap untuk dikonsumsi oleh konsumen atau proses pemasaran. Nah jika kita sudah mengulasnya sekilas tentang budidaya ikan lele, berikut ini kami akan jelaskan mengenai cara memelihara ikan lele dengan benar. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut :

Inilah Cara Memelihara Ikan Lele degan Benar.

Menyiapkan Kolam

Tahap yang pertama cara memilihara ikan lele dengan benar adalah dengan menyiapkan kolam. Terdapat beberapa tipe kolam yang memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk membuat kolam, Anda harus mempertimbangkan dengan kondisi lingkungan, ketersediaan tenaga kerja dan sumber dana yang didapatkan. Untuk jenis kolam yang biasanya digunakan dalam budidaya ikan lele adalah kolam tanah, kolam terpal, kolam semen dan kolam apung atau karamba.

Mengatur Air Kolam

Selanjutnya setelah persiapan kolam selesai, tahap selanjutnya adalah mengatur ketinggian air yang dibutuhkan dalam memelihara ikan lele. Untuk ketinggian air yang sangat ideal adalah 100-120 cm dan lakukan pengisian kolam secara bertahap. Setelah terisi penuh biarkan kolam selama satu minggu untuk membuat biota dasar kolam tubuh dengan baik. Setelah itu tebar benih lele sesuai dengan kapasitas kolam.

Menentukan Pakan Berkualitas

Setelah benih ikan lele ditebar, maka selanjutnya adalah memberikan pakan yang berkualitas. Dalam cara memelihara ikan lele hal ini ahdala poin yang sangat penting karena menentukan tingkat pertumbuhan ikan lele. Untuk pakan ikan lele yang baik adalah pakan tipe FCR atau food convertion rasio. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menambahkan pakan lainnya secara seimbang.

Proses Penen Ikan Lele

Tahap terakhir memelihara ikan lele yaitu proses penen, untuk proses panen ini dilakukan setelah ikan lele mencepai ukuran 9-12 ikan lele per kg. Ukuran tersebut dapat di tempuh dengan tempo 2,5-3,5 bulan.

Itulah cara memelihara ikan lele yang benar yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel terkait lainnya Umpan Jitu Ikan Mujair.

loading...