Cara Memelihara Hamster bagi Pemula

By Categories : Tips

Hamster merupakan hewan pengerat yang memiliki ukuran yang kecil. Terdapat beberapa jenis hamster yang bisa dipelihara. Hamster jenis campbel salah satunya. Jenis hamster ini memiliki ukuran tubuh kecil dan menggemaskan. Bagi para pecinta hewan, hamster merupakan hewan mamalia sekaligus hewan pengerat yang memiliki tingkah laku yang unik dan lucu.

Tingkah laku seperti acrobat merupakan salah satu yang dilakukan oleh hamster. Untuk memelihara hamster tergolong tidaklah terlalu susah. Cukup dengan memperhatikan beberapa hal tertentu saja. Namun hal ini bukan berarti Anda menyepelekan dalam merawatnya. Ketika Anda memutuskan untuk memelihara hamster dalam arti Anda perlu bertanggung jawab untuk memperhatikan serta merawatnya. Nah untuk Anda yang sedang mencari informasi mengenai cara memelihara hamster, di bawah ini terdapat beberapa cara memelihara hamster bagi pemula.

Cara Memelihara Hamster bagi Pemula

Berikut Cara Memelihara Hamster bagi Pemula

Perhatikan Kebersihan Kandang Hamster

Seperti merawat hewan lainnya, kebersihan kandang hamster juga perlu diperhatikan. Hal ini sangat berguna untuk menghindari berbagai kuman penyakit yang dapat menyebabkan hamster jatuh sakit. Bersihkan kandang secara berkala 5 atau seminggu sekali secara keseluruhan meliputi kandang, tempat bermain, dan juga tempat makan. Dengan keadaan kandang bersih hamster Anda dapat hidup sehat, tanpa takut akan kuman penyakit.

Perhatikan Makanan yang Anda Berikan

Makanan yang diberikan hamster bukan sembarangan seperti daging atau beberapa jenis ikan. Untuk hamster jenis campbel ataupun lainnya dapat Anda berikan makanan berupa sayur-sayuran seperti taoge, wortel, apel, anggur, ataupun bisa juga biji-bijian seperti biji bunga matahari. Untuk lebih amannya sebaiknya jenis makanan tersebut dicuci terlebih dahulu, hal ini berguna untuk menghindarkan kandungan pestisida di dalamnya.

Hindari Memandikan Hamster

Hamster merupakan hewan yang sangat peka terhadap air, sama seperti hewan kelinci. Hamster tak perlu dimandikan, karena hewan mungil yang satu ini tidak kuat jika sampai terkena air apalagi direndam di dalam air. Hamster dapat membersihkan dirinya sendiri dengan Anda berikan debu bubuk yang dapat Anda beli melalui toko hewan peliharaan. Selain itu Anda juga bisa memberikannya dengan serpihan kayu halus ke dalam kandang hamster.

Berikan Aksesoris Tambahan ke dalam Kandang

Aksesoris tambahan ke dalam kandang juga bisa Anda berikan pada si hamster. Dengan adanya aksesoris tambahan ini membuat hamster Anda akan lebih senang bermain-main di dalam kandang. Hamster tergolong sebagai hewan aktif yang juga suka bermain. Aksesoris tambahan seperti mainan untuk hamster bisa Anda dapatkan melalui toko khusus untuk hewan. Jangan lupa pula berikan tempat khusus untuk tidur si hamster seperti kapas yang ditumpuk, ataupun tempat khusus untuk tidur si hamster.

Nah itulah tadi beberapa pembahasan mengenai cara memelihara hamster bagi pemula. Jangan lupa juga bahwa ketika sebelum memegang hamster dan sesudah sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu agar tangan dalam kondisi seteril. Baca juga artikel mengenai Tips memelihara kucing Persia.

Loading...