Cara Memelihara Burung Pleci Agar Cepat Berbunyi

By Categories : Tips

Setelah beberapa waktu lalu membahas mengenai beberapa cara memelihara burung perkutut, pada kesempatan kali ini membahas mengenai beberapa cara memelihara burung pleci. Burung pleci merupakan salah satu jenis burung yang keberadaannya sudah banyak dikenal di kalangan masyrakat khususnya pecinta burung kicau.

Burung pleci memiliki bentuk unik dengan garis lingkaran mata seperti menggunakan kacamata seta memiliki suara yang merdu. Sama seperti burung lainnya, untuk memelihara burung pleci juga perlu perhatian agar tetap sehat dan rajin berbunyi. Nah bagi Anda yang barangkali ingin memelihara burung, namun baru pertama kali. Di bawah ini terdapat beberapa cara memelihara burung pleci untuk pemula.

Burung Pleci

Berikut Cara Memelihara Burung Pleci

Burung pleci merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki suara merdu layaknya burung kenari. Dengan ciri khasnya tersebut membuat kebanyakan orang khususnya pecinta burung banyak memeliharanya di rumah. Selain itu bentuk tubuh burung juga menjadi alasan orang untuk memeliharanya.

Cara memelihara burung pleci pertama dengan membersihkan kandang terlebih dahulu. Membersihkan kandang dilakukan setiap pagi sebelum menjemur burung pleci. Proses pembersihan meliputi tempat makan, kandang si burung, serta tempat untuk minum. Bersihkan kandang guna menghindari jamur serta bakteri yang dapat menyerang si burung. Ganti air minum setelah proses membersihkan kandang.

Berikutnya adalah dengan menjemur burung pleci di bawah sinar matahari di pagi hari. Sinar matahari di pagi hari belum terlalu panas, sehingga sangat cocok untuk semua jenis burung. Untuk waktu terbaik antara pukul 5 pagi sampai dengan pukul 8 pagi. Untuk waktu penjemuran dapat dilakukan kurang lebih 30 menit.

Setelah menjemurnya beberapa saat serta membersihkan kandang, cara berikutnya adalah memandikan burung pleci. Untuk proses memandikannya sendiri cukup dengan disemprot menggunakan spray yang telah diisi air. Setelah memandikan burung pleci, jangan lupa untuk menjemurnya kembali beberapa saat guna mengeringkan bulu.

Jika sudah dikira cukup guna mengeringkan bulu, cara selanjutnya adalah dengan memberikan pakan. Untuk pakan burung pleci, Anda dapat memberikan ulat hongkong kecil berwarna putih agar si burung cepat berbunyi. Selain itu jangan lupa pula memberikan asupan tambahan seperti buah pisang, pepaya, apel, dan berbagai buah lainnya.

Sementara untuk makanan yang tepat lainnya seperti jenis serangga, bisa juga diberikan ulat kandang, ataupun kroto (jangan memberinya setuap hari untuk kroto). Sebagai makanan tambahan Anda boleh menambahkan madu pada tempat khusus di sangkat burung. Madu dapat diberikan pada malam hari.

Nah itulah tadi beberapa cara memelihara burung pleci, cukup mudah bukan? Jangan lupa pula untuk memberikan masteran suara burung melalui ponsel agar si burung cepat untuk berbunyi. Atur suara ponsel agar tidak terlalu kencang, cukup dengan volume kecil saja.

Loading...