Cara Memelihara Burung Perkutut untuk Pemula

By Categories : Tips

Burung perkutut merupakan salah satu jenis burung yang banyak dipelihara bagi pecinta burung. Meskipun suara yang dihasilkan cenderung monoton tak sedikit pula yang merawatnya di rumah. Menurut mitos orang Jawa, bahwa memelihara burung lokal dapat membawa rejeki bagi yang memelihara. Hal tersebut hanyalah mitos yang banyak beredar, nah untuk jenis burung perkutut yang biasa dipelihara adalah jenis lokal maupun jenis Bangkok.

Sama seperti merawat burung Kenari, dalam merawat burung perkutut juga perlu perhatian agar tetap rajin gacor dan berbunyi. Untuk merawat burung perkutut tidaklah rumit dan cenderung cukup mudah. Nah bagi Anda yang baru ingin merawat jenis burung tersebut, di bawah ini terdapat beberapa cara memelihara burung perkutut agar rajin gacor dan berbunyi.

Burung Perkutut

Berikut Cara Memelihara Burung Perkutut Agar Tetap Gacor

Memilih Kelamin Burung Perkutut

Bagi Anda yang tertarik dengan suara lebih baik memilih jenis kelamin burung perkutut jantan. Pasalnya jenis kelamin burung perkutut sangat mempengaruhi suara yang dihasilkan. Jenis kelamin jantan memang memiliki suara yang lebih bagus dan juga berbunyi. Untuk membedakan jenis kelamin burung perkutut Anda dapat memperhatikan sumpit kerapatan pada kaki. Perkutut jantan secara umum memiliki jarak kaki kurang lebih 1 cm. Di samping itu perkutut jantan juga memiliki postur tubuh lebih besar dan tegak.

Memandikan Burung Perkutut Secara Rutin

Cara memelihara burung perkutut berikutnya adalah dengan memandikannya secara rutin. Untuk proses pemandian burung perkutut tidaklah sembarangan dan perlu diperhatikan. Gunakan semprotan spray yang telah diisi air dan semprotkan secara perlahan dan lembut agar si burung tidak stress. Untuk yang lebih baik Anda dapat menggunakan air beras yang dicampur daun sirih guna membantu menghilangkan kutu dan membuat bulu burung perkutut lebih mengkilap.

Proses Jemur Burung Perkutut

Cara memelihara burung perkutut berikutnya adalah dengan menjemur burung perkutut di bawah sinar matahari pagi. Untuk proses penjemuran sendiri sebaiknya dilakukan pada pagi hari antara jam 7 sampai dengan jam 9 pagi. Hal ini bertujuan agar si burung tetap sehat karena mendapatkan pancaran sinar matahari pagi dan juga terkena udara segar di pagi hari. Proses penjemuran sendiri dapat dilakukan selama 30 menit sampai 1 jam.

Perhatikan Kebersihan Kandang dan Pemberian Makan

Cara yang ketiga adalah dengan memperhatikan kebersihan kandang dan juga pemberian makan burung perkutut. Untuk kebersihan kandang sebaiknya tetap menjadi prioritas utama, mengingat kebersihan dapat menghindarkan dari berbagai macam bakteri maupun jamur penyebab penyakit. Kebersihan kandang meliputi pembersihan kandang, wadah makan, dan wadah minum. Pembersihan kandang dilakukan setiap pagi hari sebelum burung perkutut di jemur.

Sementara untuk proses pemberian makan, Anda dapat memberikannya makanan seperti produk biji-bijian yang bisa dibeli di toko burung, buah untuk tambahan vitamin, jagung, ataupun beras merah sebagai tambahan makanan pokok si burung.

Nah itulah tadi beberapa cara memelihara burung perkutut untuk pemula agar tetap rajin gacor dan berbunyi.

Loading...
terms: cara merawat burung perkutut bagi pemula, merawat kutut pemula, tips pemula memelihara burung perkutt