cara membuat video streaming pada blog dan website

By Categories : Teknologi

Cara membuat video streaming di website atau blog ini merupakan cara membuat video streaming menggunakan server sendiri, jadi bukan cara menampilkan video youtube (embed video dari youtube). Kebanyakan para webmasters atau blogger lebih memilih untuk menampilkan video dari youtube dibandingkan membuat video streaming sendiri karena lebih mudah, namun perlu diketahui video di youtube terkadang memiliki hak cipta. Jika menampilkan video dari youtube sembarangan mungkin kita akan terkena pelanggaran undang-undang hak cipta.

Membuat video streaming di blogspot akan lebih mudah karena telah disediakan fitur unggah video untuk streaming. Untuk pengguna wordpress dan yang lainnya mungkin tutorial ini akan sedikit membantu dalam membuat video streaming untuk website atau blog anda. Memang ada beberapa kelemahan dalam pembuatan video streaming menggunakan server sendiri, karena jika memang serverNya lemah akan mempengaruhi kinerja video. Bekitupun sebaliknya terlalu banyak video dalam server sendiri akan membebani server.

cara membuat video streaming pada blog dan website

Langsung saja berikut cara membuat video streaming untuk website atau blog :

1. Download terlebih dahulu file swf di http://arie-triyadi.googlecode.com/files/www-arie-pro-mediaplayer.swf

2. Kemudian upload file tersebut via FTP ke directory situs atau blog (misalnya untuk pengguna wordpress simpan file tersebut satu directory dengan wp-config.php). Lalu catat atau copy url file.

3. Setelah itu upload video. Untuk pengguna wordpress silahkan login ke dashboard wordpress, pilih media kemudian add new. Video harus dalam format mpg, mpeg, mp4, m4v, mov, wmv, asf, avi, ra, ram, rm, flv, swf. Kemudian catat atau copy Url video.

4. Upload juga sebuah gambar untuk thumbnail video.

5. Sekarang tinggal membuat posting, jika video ingin dimasukan dalam postingan (content) blog. Pilih posting kemudian klik add (untuk pengguna wordpress)

6. Perhatikan kode berikut :

<object classid=”clsid:D27CDB6E-AE6D-11cf-96B8-444553540000″ codebase=”http://download.macromedia.com/pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab#version=6,0,40,0″ width=”480″ height=”360″><param name=”flashvars” value=”file=&image=” /><param name=”movie” value=”” /><embed src=”” width=”480″ height=”360″ type=”application/x-shockwave-flash” pluginspage=”http://www.macromedia.com/go/getflashplayer” flashvars=”file=&image=” /></object>

Masukan kode tersebut dalam postingan, kemudian :
– Ganti tulisan berwarna biru dengan URL video hasil upload tadi.
– Ganti tulisan berwarna merah dengan URL gambar.
– Ganti tulisan berwarna orange dengan URL file swf yang di upload lewat FTP.

Selesai,, sekarang tinggal publish postingan anda dan lihat hasilnya. Inilah contoh hasil video streaming yang telah saya buat :

– Klik disini untuk melihat hasilnya.

Cara membuat video streaming untuk website atau blog telah anda ketahui, sekarang agar video-video yang telah dibuat dapat muncul dalam pencarian google, silahkan baca artikel berikut Cara membuat video sitemap, agar video muncul di google. Dengan menampilkan video di google, video anda akan banyak dilihat orang. Untuk membaca tutorial blog dan website lainnyala silahkan lihat di menu list artikel pada blog ini. Terima kasih telah membaca cara membuat video streaming untuk website dan blog.

terms: cara membuat video live streaming di blog, cara buat blog streaming tanpa upload, cara buat streaming video di blog, cara membuat video live streaming di website, menampilkan cctv diweb