Cara Membuat Tempe Mendoan yang Enak dan Renyah

By Categories : Tips

Siapa yang tidak kenal dengan tempe mendoan? Hampir setiap orang sudah tahu dengan jenis makanan yang satu ini. Tempe mendoan atau tempe goreng tepung atau ada juga yang menyebutnya tempe kemul adalah salah satu makanan favorit para masyarakat Indonesia. Hingga saat ini banyak sekali penjual gorengan yang menjajakan tempe mendoan sebagai dagangannya.

Cara Membuat Tempe Mendoan

Namun salah satu kelemahan dari tempe mendoan adalah tekturnya yang tidak garing dan lembek jika didiamkan beberapa menit setelah digoreng. Jika sudah begini, jenis gorengan yang satu ini tentu saja sudah nikmat lagi untuk disantap.

Tahukah Anda saat ini ada banyak sekali pedagang gorengan nakal yang memasukkan berbagai macam bahan untuk membuat gorengannya lebih enak dan renyah. Biasanya pedagang nakal memasukkan lilin ataupun plastik agar gorengan renyah dan tahan lama. Jika dikonsumsi secara terus menerus, hal ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan.

Namun jangan khawatir, Anda bisa membuat sendiri tempe mendoan yang enak, renyah dan tentunya sehat. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa cara membuat tempe mendoan yang enak dan renyah.

Cara menggoreng tempe mendoan agar lebih renyah

Perhatikan minyak yang digunakan

Yang pertama adalah dengan cara memperhatikan minyak goreng yang akan digunakan. Pastikan Anda menggunakan minyak berkualitas dan baru. Hal ini dikarenakan minyak sisa dapat membuat tempe mendoan yang Anda goreng memiliki warna yang tidak cerah. Selain kualitas, perhatika juga suhu minyak yang digunakan. Sebelum memasukkan tempe ke dalam minyak, pastikan minyak tersebut benar-benar panas. Suhu minyak yang paling ideal untuk menggoreng adalah sekitar 170 derajat celcius.

Perhatikan tepung terigu

Saat menggoreng tempe mendoan, cara yang kedua adalah dengan memperhatikan tepung terigu yang digunakan. sebaiknya gunakanlah tepung maizena dan hindari tepung yang tinggi protein. Hal ini sangat berguna agar hasil tempe mendoan Anda tidak alot.

Tambahkan irisan daun bawang

Cara membuat tempe mendoan selanjutnya adalah menambahkan irisan daun bawang. Sebelum menggorengnya, tambahkanlah irisan daun bawang pada adonan yang sudah dibuat. Adonan  pencelup tempe mendoan juga harus memiliki kekentalan yan pas, jangan terlalu kental dan juga terlalu cair. Daun bawang yang Anda gunakan dapat membuat tempe mendoan lebih gurih, sedap dan memiliki aroma yang khas.

Perhatikan tahap penggorengan

Dalam tahap ini Anda juga harus memperhatikkannya dengan tepat. Saat menggoreng, pastikan untuk terus melihat  tempe mendoan yang sedang digoreng. Ketika permukaannya sudah mulai berubah warna kuning keemasan, segeralah untuk meniriskannya agar tidak menjadi gosong. Tak hanya itu saja, usahakan tidak menggoreng dalam jumlah yang terlalu banyak agar tempe mendoan tersebut dapat matang sempurna dalam waktu yang sama.

Demikianlah ulasan mengenai cara membuat tempe mendoan yang enak dan renyah.

Loading...