Cara Membuat Singkong Keju

By Categories : Makanan

Singkong keju ? Jenis camilan yang satu ini memang sangat banyak di cari, apalagi pada saat malam hari atau dalam acara nongkrong bareng bersama orang – orang terdekat. Singkong keju sendiri merupakan olahan makanan yang berbahan dasar dari singkong yang sudah dimodifikasi. Untuk pengolahannya sendiri pun sebenarnya bada banyak cara. Untuk membuat singkong keju, resepnya sendiri juga beraneka ragam dan pada kesempatan kali ini akan kami ulang mengenai cara pembuatan singkong keju yang crispi dan empuk. Berikut adalah cara pembuatannya.

resep singkong keju gurih

Bahan yang diperlukan :
( singkong keju resep )
• Singkong 1 kg ( bersihkan dan potong )
• Bawang putih 6 siung, haluskan
• Garam secukupnya
• Air secukupnya
• Ketumbar bubuk 1 sdt

Cara pembuatannya :

  • Goreng singkong yang sudah anda bersihkan dan dipotong pada minyak yang sudah dipanaskan menggunakan api sedang, goreng hingga matang.
  • Setelah matang tiriskan, lalu rendam ke dalam air yang sudah dicampurkan dengan bawang putih, garam serta ketumbar. Untuk ketumbar anda boleh menggunakan atau tidak.
  • Rendam singkong tersebut hingga merekah.
  • Lalu goreng kembali singkong yang sudah direndam air campuran tersebut, dan goreng hingga kering dan crispi, tiriskan.
  • Lalu taruh dalam piring, dan anda bisa memoles sedikit mentega dan taburi dengan keju parut. Singkong keju siap disajikan dan disantap.

Nah itulah cara pembuatan dari singkong keju, mudah bukan! Namun bagi anda yang ingin mencoba resep tersebut, namun belum memiliki persediaan singkong di rumah anda dan anda mau membelinya di pasar, berikut adalah tips untuk memiliki singkong yang baik :

  1. Untuk jenis singkong, hampir semua singkong bisa digunakan untuk dijadikan singkong keju kecuali singkong pandesi, karena singkong tersebut merupakan jenis singkong yang beracun.
  2. Ciri – ciri singkong yang beracun : memiliki kulit berwarna putih dan tipis, warna daun singkong cenderung hijau tua dan kadar air di dalam singkong sangat tinggi.
  3. Gunakan singkong yang baru, atau memiliki usia muda. Ciri – ciri singkong yang masih muda yaitu kulit luar singkong sangat mudah dikelupas.
  4. Singkong yang baik yaitu memiliki warna cokelat kemerahan. Dan juga mudah dipotong dan jika dipotong mengeluarkan air.
  5. Hindarilah memilih singkong jika di dalam tumpukan 1 keranjang tersebut terdapat singkong yang tidak baik. Dan juga hindari singkong yang memiliki warna biru atau pun berkayu di bagian pangkal.
  6. Usahakan mencari singkong yang memiliki kulit mulus.

Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan, jika anda sedang mencari singkong untuk membuat singkong keju. Jika anda sudah memilih singkong yang memiliki kualitas yang baik, tentunya hasilnya nanti juga sangat enak, empuk dan crispi yang bisa anda nikmati bersama orang – orang terdekat anda. Selamat berkreasi.

terms: resep singkong keju, cara membuat singkong keju meletus, ciri ciri singkong keju, jenis singkong yang digunakan untuk singkong keju, resep pengolahan singkong