Cara Membuat Nasi Tumpeng Hias

By Categories : Tips

Ketika ada acara besar atau syukuran, biasanya kita selalu menyediakan tumpeng nasi kuning. Nasi tumpeng sendiri adalah makanan yang terbuat dari nasi putih atau nasi kuning yang berbentuk kerucut lalu disekitarnya banyak sekali hiasan atau lauk pauk untuk menikmati nasinya. Lauk pauk yang sering hadir untuk menemani nasi tumpeng adalah ayam goreng, perkedel kentang, tempe goreng, lalapan, kerupuk dan juga sambal. Mungkin Anda adalah salah satu orang yang sering membuat makanan yang satu ini untuk acara sendiri ataupun pesanan sanak saudara. Namun, jika Anda belum tahu bagaimana cara membuatnya, pastinya kalian penasaran cara membuat nasi tumpeng hias. Nah berikut adalah cara membuat nasi tumpeng hias.

Cara membuat nasi tumpeng hias dengan mudah

Cara membuat nasi tumpeng hias dengan mudah

Sebelum membuat, pastikan Anda menyiapkan beberapa bahan dasar dan juga alat-alat untuk menghias nasi tumpeng tersebut.

Bahan-bahan:

  • Daun pisang
  • Daun seledri
  • Selada
  • Tomat
  • Wortel
  • Timun
  • Cabe
  • Lonak
  • Sawi
  • Selada

Alat-alat

  • Lidi,¬†berguna untuk menyambungkan sayuran dan hiasan pada tumpeng tersebut. Oleh karena itu, buatlah lidi dengan ujung runcing dalam berbagai ukuran agar memudahkan Anda untuk mengiasnya.
  • Cutter dan pisau, alat ini untuk memotong-motong sayuran yang akan Anda jadikan hiasan. Pastikan Anda menggunkan cutter yang tajam agar bentuk yang dihasilkan tidak berantakan. Sedangkan pisau berguna untuk membuat pola pada sayuran.
  • Mould,¬†adalah pisau buah yang berbentuk bulan, alat ini dapat Anda gunakan untuk membuat hiasan kecil berbentuk bulatan.

Setelah meyiapkan alat dan bahan, berikut adalah cara membuat hiasan tumpeng yang dapat Anda coba!

Alas tumpeng
Sebenarnya,untuk membuat alas nasi tumpeng Anda dapat memanfaatkan tampah dan daun pisang. Akan tetapi jika Anda kesulitan menemukannya Anda dapat menggunakan styrofoam dengan daun pisang. Setelah itu, hiaslah sekeliling alas tumpeng dengan menggunakan daun pisang yang sudah dibentuk segitiga lancip. Untuk memperindah tampilan, Anda juga dapat membuat pagar dari kacang panjang yang ditusuk dengan lidi.

Membuat bunga teratai
Agar nasi tumpeng hias lebih cantik dan indah, Anda juga dapat membuat hiasan bunga teratai atau lotus dari tomat dan juga daun peterseli. Caranya mudah, belahlah tomat menjadi dua bagian kemudian potong kembali tomat tersebut menjadi 2 bagian dengan ukuran yang sama besar. Setelah itu, Anda dapat menyayat kulit ari dari potongan tersebut setengahnya saja hingga menyerupai kelopak bunga, dan susunlah kelopak-kelopak bunga tersebut di sekeliling nasi tumpeng.

Membuat bunga mawar
Selain bunga teratai, Anda juga dapat membuat bunga mawar dengan memanfaatkan tomat. Caranya kupas kulit ari tomat dengan bentuk melingkar mulai dari tangkainya hingga ujung. Lakukan dengan hati-hati agar tidak terputus. Setelah itu, gulunglah kulit tersebut hingga menyerupai bunga mawar. Anda dapat menaruh bunga ini disekeliling nasi tumpeng hias agar semakin cantik.

Membuat bunga aster
Untuk membuat bunga aster, bahan utama yang Anda butuhkan adalah wortel ukuran besar. Caranya, iris wortel membentuk bulatan. Setelah itu gunakan cetakan kue yang berbentuk bunga untuk membuat pola. Iris-iris bagian tengahnya dengan menggunakan pisau agar menyerupai bunga aster. Jika sudah Anda dapat menyebarkannya di sekitar sudut tumpeng.

Demikianlah ulasan tentang cara membuat nasi tumpeng hias.

terms: cara membuat hiasan tumpeng, hiasan nasi tumpeng, cara membuat hiasan nasi tumpeng, hiasan tumpeng, cara menghias tumpeng yang bagus