Cara Membuat Cerpen yang Menarik

By Categories : Tips

Cerita pendek atau biasa disingkat dengan cerpen dapat mudah ditemukan melalui beberapa media baca seperti majalah, koran atau media lainnya. Cerpen biasanya lebih fokus untuk memusatkan perhatian pada suatu kisah saja. Dengan keahlian pengarang cerpen dapat menarik perhatian banyak pembaca untuk membacanya.

Meskipun begitu jangan mengira menulis cerpen itu mudah, dibutuhkan usaha dan praktik secara keras untuk melatih imajinasi dan kesabaran sehingga dapat menciptakan sebuah cerpen yang menarik untuk dibaca.

Cara Membuat Cerpen yang Menarik

Cerpen sendiri terdiri dari 1000 sampai 1500 kata atau minimal 5 halaman. Nah untuk Anda yang kebetulan hobi menulis, pada kesempatan kali ini membahas mengenai beberapa cara membuat cerpen yang menarik ditambah hal-hal yang perlu dihindari ketika menulis cerpen. Lalu apa saja caranya? Silahkan simak pembahasannya yang satu ini.

Berikut Cara Membuat Cerpen yang Menarik

Kumpulkan dan Pilih Ide Cerita

Cara pertama untuk membuat cerpen yang menarik adalah dengan mengumpulkan dan memilih berbagai ide cerita. Untuk mendapatkan ide penulisan, Anda dapat mencari inspirasi di mana saja. Oleh sebab itu ketika mencari inspirasi jangan lupa untuk menyiapkan catatan kecil dan tuliskan semua ide yang Anda dapatkan. Selain membawa buku catatan kecil, Anda juga bisa memanfaatkan smartphone dengan menggunakan aplikasi note di dalamnya.

Menuliskan Basic Cerita

Cara membuat cerpen yang menarik berikutnya setelah menemukan tema adalah dengan menuliskan basic cerita. Untuk pemilihan judul dapat dikesampingkan dulu, sebab sudah ada tema yang ditentukan. Terlalu lama memikirkan judul justru membuat orang malas dalam menulis, sehingga kemungkinan besar tidak cepat menulis. Namun jika sudah menemukan judul tak ada salahnya juga jika menuliskannya. Untuk basic cerpen biasanya diawali dengan perkenalan tokoh utama, waktu seperti cuaca, dan banyak lagi.

Kenali Karakter yang Anda Buat

Cara yang berikutnya adalah dengan mengenali karakter yang Anda buat tersebut. Untuk cara yang satu ini menjadi salah satu cara yang cukup sulit, sebab berhubungan dengan cerita yang Anda buat serealistis mungkin. Karakter inilah yang nantinya menjadi salah satu ikon dalam cerpen yang Anda buat.

Tentukan Siapa Saja di Dalam Cerita

Dalam cerpen terdapat sudut pandang yang biasanya menceritakan orang pertama dengan “saya”, orang kedua dengan “kamu”, serta orang ketiga dengan “dia”. Untuk orang pertama merupakan karakter yang menceritakan isi dari cerpen yang Anda tulis, orang kedua merupakan karakter yang dijelaskan dari karakter utama dalam cerita, sementara orang ketiga merupakan karakter tambahan yang ikut melengkapi sebuah cerita.

Selalu Menulis

Cara yang terakhir dalam pembahasan ini adalah dengan rajin menulis. Setelah Anda selesai dalam menulis cerpen yang Anda buat, bukan berarti Anda berhenti menulis. Untuk mengasah kemampuan dalam menulis cerpen, cobalah untuk rajin-rajin menulis ide yang Anda dapatkan. Untuk baiknya sisakan beberapa jam setiap harinya untuk menulis.

Demikianlah tadi beberapa cara membuat cerpen yang menari. Untuk hal-hal yang perlu dihindari pada saat menulis cerpen adalah penjelasan yang terlalu berlebihan, terdapat cerita di dalam cerita, tidak jelas mengenai siapa yang bercerita, terlalu banyak tokoh, pesan dan kesan dalam cerpen yang gagal disampaikan, terlalu banyak majas, serta tulisan yang tak teratur dan banyak pengejaan yang salah. Baca Juga Cara Membuat Artikel yang Menarik