Cara Membuat Bibimbap yang Enak Sesuai dengan Selera

By Categories : Umum

Jika Anda termasuk salah satu penggemar masakan khas Korea, pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama bibimbap. Di Korea sendiri bibimbap cukup populer di kalangan masyarakatnya, makanan khas Korea Selatan ini seringkali dikonsumsi ketika sarapan dan makan malam. Hal ini dikarenakan makanan ini memang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.

Cara Membuat Bibimbap

Bibimbap merupakan semangkuk nasi yang diberi berbagai macam topping di atasnya, mulai dari daging sapi, telur, sayuran hingga saus pedas gochujang. Bibimbap juga sering disebut dengan nasi campur khas Korea. Selain memiliki rasa yang lezat, memasak bibimbap juga memiliki keunikan tersendiri. Masyarakat Korea sendiri, mereka akan mengonsumsi bibimbap yang diletakkan di atas sebuah mangkuk batu panas. Hal ini bertujuan agar bahan-bahan yang ada dalam bibimbap dapat matang dengan sempurna.

Sebenarnya saat ini sudah banyak restoran Korea terkenal yang sering menyajikan  bibimbap sebabagi menu andalan. Akan tetapi membuat bibimbap sendiri di rumah tentu saja lebih mengasyikkan dan pastinya Anda bisa membuatnya sesuai dengan selera Anda. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa cara membuat bibimbap yang enak sesuai dengan selera Anda.

Ketahuilah tips membuat bibimbap yang tepat berikut ini

Rahasia kenikmatan bibimbap ada dalam saus

Tahukah Anda rahasia dari kenikmatan bibimbap terletak dalam sausnya. Meskipun termasuk hidangan sederhana, akan tetapi rasa bibimbap tidak akan sempurna tanpa satu bahan utama yaitu saus Gochujang atau yang biasa disebut dengan pasta cabai. Mencampurkan saus ini ke dalam makanan akan membentuk rasa yang berbeda, begitupun pada bibimbap.

Sesuaikan dengan selera

Di Korea sendiri, makanan ini dianggap salah satu hidangan paling umum. Akan tetapi setiap keluarga yang ada di sana biasanya memiliki racikan tersendiri agar bibimbap lebih enak dan pas. Tak perlu terpaku pada bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat bibimbap, Anda pun bisa menganggabungkan makanan favorit Anda ke dalam satu piring bibimbap tersebut.

Tentukan banchan (sajian pelengkap)

Cara membuat bibimbap selanjutnya adalah tentukan banchan atau sajian pelengkap. Keberadaan banchan sendiri dapat membuat bibimbap yang Anda makan terasa lebih enak dan nikmat. Masyarakat Korea selalu menyajikan beberapa sayuran seperti kimchi sebelum menghidangkan makanan yang satu ini. Oleh karena itu, tentukan sajikan pelengkap yang benar-benar Anda inginkan karena ini dapat membuat bibimbap yang Anda buat menjadi lebih enak.

Campur bibimbap dengan tepat

Setelah dihidangkan, campurlah bibimbap dengan benar dan tepat. Karena ini dapat membantu Anda dalam mematangkan bahan karena mangkuk batu atau piring yang dipakai memiliki panas yang sesuai. Aduklah makanan ini hingga semuanya tercampur rata. inti dari makanan ini adalah menikmati rasa berbeda sekaligus untuk membentuk citarasa yang berbeda pula.

Nah itulah cara membuat bibimbap yang enak sesuai dengan selera.

Loading...