Cara Membuat Aquascape Murah dan Sederhana

By Categories : Tips

Kemunculan aquascape baru-baru ini membuat banyak orang bingung dengan perbedaan antara aquarium dan juga aquascape. Sebelum melangkah pada step by step cara membuat aquascape kita perlu mengetahui perbedaanya terlebih dahulu.perbedaan antara keduanya adalah teknik penggunaan box tersebut. Untuk aquarium pengguna hanya berfokus pada ikan hias yang akan dipelihara. Sedangkan aquascape terfokus pada tanaman air, dan kayu sebagai media pertumbuhan tanaman. Sedangkan untuk isinya aquascape memilih ikan yang tidak bertipe predator, karena tipe ikan yang satu ini justru akan merusak tanaman yang ada di dalamnya. Nah berikut adalah cara membuat aquascape murah dan sederhana yang dapat Anda coba dirumah dengan budget sederhana namun dengan hasil yang baik.

Cara Membuat Aquascape

Cara membuat aquascape sederhana untuk pemula

Sebelum membuat aquascape, Anda harus menyiapkan berbagai macam alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu:

  • Siapkan tank aquarium dengan ukuran sesuai selera
  • Pasir kwarsa
  • Tanaman air
  • Pasir malang
  • Batu hias
  • Filter
  • Lampu
  • Pendingin air
  • Siapkan Co2

Jika sudah menyiapkan berbagai macam bahannya, sekarang perhatikan langkah berikut ini!

Langkah I

Periksa akuarium dan masukkan pasir malang setinggi 4 cm. Kemudian buatlah desain yang Anda inginkan. Pastikan Anda sudah menyiapkan desain terlebih dahulu sebelum Anda membeli bahan-bahannya. Setelah itu, tanam tanaman tersebut sesuai konsep yang Anda inginkan. Sebaiknya padatkan pasir dan sebagian tutupi dengan menggunakan Lumut dan timpa dengan batu. Hal ini bertujuan agar pasir tidak berantakan saat diisi air. Dan batu dapat Anda pindahkan saat lumut sudah menempel pada substrat baru. Kira-kira yaitu selama 2 minggu.

Langkah II

Setelah menentukan konsep pada akuarium, Anda dapat menata dan menyusun batu-batuan ataupun kayau-kayuan. Sebaiknya gunakannlah batuan berlumut. Karena hal ini akan memberikan kesan vintage dan natural pada kolam Ada. Dalam memasang filter sebaiknya letakkan pada samping aquarium agar tidak memakan banyak tempat dalam kolam.

Langkah III

Kemudian setelah Anda menata dan menyusun hingga semua tanaman dan ornamen terpasang, Anda dapat mengisi kolam tersebut dengan air. Pastikan Anda mengisi kolam dengan debit air yang perlahan, karena terlalu besar debit air yang Anda gunakan dapat merusakan penataan dan ornamen yang sudah Anda buat. Masukkan air hingga kolam terisi penuh dan kotoran dalam kolam hingga tumpah terbuang.

Langkah IV

Langkah terakhir cara membuat aquascape adalah memasang pencahayaan. Lampu yang digunakan tidak berfungsi sebagai fotosintesis tanaman hal tersebut bertujuan agar kolam lebih terlihat hidup dan juga hanya sebagai hiasan. Jangan lupa untuk menghiasnya dengan berbagai macam ikan hias, seperti ikan guppy, ikan soaboa, ikan red nose tetra, ikan manfish, ikan discus, congo tetra dan juga neon tetra.

Nah itulah beberapa cara membuat aquascape murah dan sederhana yang dapat Anda coba. Baca juga artikel tentang Cara membuat kerajinan tangan bunga.

terms: cara membuat aquascape untuk pemula