Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Bahan

By Categories : Tips

Mengkoleksi sepatu menjadi salah satu hobi bagi mereka yang menyukai dunia fashion. Dalam mengoleksi jenis sepatu dengan bahan yang berbeda membutuhkan perawatan tersendiri agar sepatu tetap awet dan tidak mudah rusak. Pada umumnya berbeda bahan antar sepatu juga membedakan cara perawatannya.

Perawatan yang benar dan tepat menjadi kunci utama agar sepatu tetap terlihat awet. Lalu bagaimana cara merawat sepatu yang baik dan benar sesuai dengan bahannya? Bagi Anda yang sedang mencari tau, silahkan ikuti pembahasan di bawah ini mengenai beberapa cara dalam membersihkan sepatu berdasarkan bahannya!

Sepatu Sesuai Bahan

Berikut Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Bahan

Sepatu dengan Bahan Suede

Cara membersihkan sepatu sesuai bahan bahan suede merupakan salah satu jenis sepatu yang cara perawatannya cukup sulit. Untuk bahan sepatu ini saat terkena kotoran, maka akan sulit untuk dibersihkan. Jika sampai terkena kotoran yang menempel pada sepatu, usahakan untuk membersihkannya secara merata. Untuk membersihkannya gunakan sikat khusus untuk bahan suede dengan permukaan yang lebih halus.

Cara menyikat bahan sepatu suede dengan gerakan bolak-balik justru dapat merusak bahan yang digunakan. Untuk menyikat jenis bahan sepatu ini sebaiknya adalah dengan menyikat searah untuk tetap menjaga tekstur dari bahan suede. Yang perlu diingat lagi adalah jangan terlalu sering terkena air.

Sepatu dengan Bahan Kanvas dan Denim

Jenis sepatu dengan bahan kanvas dan denim merupakan bahan yang mudah untuk dibersihkan. Pada umumnya kedua bahan yang digunakan dalam pembuatan sepatu ini tidak mudah kotor. Meskipun begitu sepatu dengan bahan tersebut bisa kotor dan membutuhkan perawatan yang baik dan benar. Untuk merawat jika sepatu kotor adalah dengan cara membersihkan dengan lap bersih untuk menghindarkan kotoran seperti debu. Baca juga Cara menghilangkan bau kaki.

Sedangkan jika terkena kotoran yang membandel, Anda harus menggunakan sedikit air dan menggosok dengan sikat searah. Pastikan sikat yang digunakan memiliki permukaan yang lembut. Jika menggunakan deterjen, usahakan untuk menghilangkan deterjen setelah dibilas. Deterjen yang menempel pada sepatu dapat menyebabkan warna pada sepatu memudar. Setelah mencuci, cara mengeringkannya  cukup angina-anginkan saja dan hindari kontak sinar matahari secara langsung.

Sepatu dengan Bahan Kulit

Cara membersihkan sepatu sesuai bahan kulit merupakan jenis sepatu paling awet dibandingkan dengan bahan sepatu lainnya. Bahan kulit untuk sepatu dibedakan menjadi dua untuk kulit asli dari hewan dan juga untuk kulit sintetis. Sepatu kulit memilliki harga yang cukup mahal, oleh sebab itu dengan harganya yang relative mahal membuat sepatu kulit Anda tidak cepat rusak.

Untuk jenis sepatu kulit alangkah baiknya untuk menyimpan di tempat yang kering. Ini dikarenakan jika di tempat yang lembab sepatu jenis kulit akan timbul bercak-bercak pada sepatu. Ini tentu akan mengganggu kualitas dari sepatu Anda. Selain itu usahakan jangan terkena kontak langsung terhadap sinar matahari setelah mencuci. Jika timbul pada sepatu kulit, Anda dapat membersihkan dengan kuas yang memiliki permukaan halus dan tidak kasar. Untuk noda yang membandel cukup dengan sedikit air lalu menggosok searah.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai cara membersihkan sepatu sesuai bahan yang dapat Anda ketahui. Baca juga Tips memilih sepatu formal.

Loading...
terms: cara membersihkan sepatu, cara mencuci sepatu, cara mencuci sepatu yang benar, jenis jenis sepatu dan cara membersihkannya, jenis bahan sepatu dan cara merawatnya, cara mencuci sepatu sesuai bahan, cara mencuci sepatu denim, cara mencuci sepatu berbahan jeans, cara membersihkan sepatu sesuai dengan bahan, cara membersihkan sepatu sesuai bahan, cara membersihkan sepatu jens, cara membersihkan sepatu dari bahan jeans beserta penjelasannya