Cara Membersihkan Paru-Paru dari Nikotin

By Categories : Kesehatan

Bagi seorang perokok aktif, merokok merupakan suatu hal yang dianggap keren, dapat menambah rasa percaya diri serta dapat membuat pikiran menjadi tenang. Akan tetapi jika dilihat dari segi kesehatan merokok tidak memiliki manfaat sama sekali bagi kesehatan tubuh. bahkan perusahaan rokok sendiri pun telah mencantumkan bahaya rokok pada kemasannya. Seperti merokok dapat menyebabkan serangan jantung, hipertensi, kanker dan masih banyak lagi penyakit yang diakibatkan oleh rokok.

Pada umumnya ada dua jenis rokok yaitu rokok biasa dan rokok elektrik. Namun tahukah Anda rokok elektrik memiliki resiko bagi bahaya kesehatan lebih tinggi dan merugikan bagi tubuh. Seperti yang Anda ketahui rokok memiliki zat aditif atau zat beracun yang mampu merusak organ tubuh, seperti ginjal, jantung, hati, paru-paru dan lainnya.

Cara Membersihkan Paru-Paru dari Nikotin

Tak hanya itu saja jika kebiasaan buruk tersebut dilakukan terus menerus jelas akan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti kanker dan lainnya. Bagi Anda perokok berat, Anda wajib mengetahui cara membersihkan paru-paru. Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara membersihkan paru-paru dari nikotin.

Berikut Cara membersihkan paru-paru

Mengonsumsi buah dan sayur

Cara yang pertama adalah dengan cara mengonsumsi buah dan sayur. Sejak zaman dahulu buah dan sayur segar yang dikonsumsi secara rutin sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh salah satunya yaitu paru-paru. Buah dan sayur tersebut diantaranya adalah pisang, apel, brokoli, tauge, bunga kol, aprikot dan lainnya. Buah dan sayur tersebut kaya akan antioksidan yang dipercaya dapat membersihkan nikotin yang menempel pada paru-paru.

Menggunakan kedelai

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Prof. Fumi Hirayama dengan menyertakan 300 pasien sesak napas serta 340 orang sehat untuk mengonsumsi kedelai. Hasilnya mereka yang mengonsumsi kedelai secara teratur mampu memperbaiki fungsi paru-paru serta dapat mengobati sesak napas. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid pada kedelai bermanfaat untuk melindungi paru-paru dari kanker serta berguna untuk zat anti peradangan bagi paru-paru. Tak hanya itu saja kedelai juga berguna untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Jeruk nipis

Cara membersihkan paru-paru dari nikotin selanjutnya adalah dengan jeruk nipis. Selain dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan, jeruk nipis juga berguna membersihkan paru-paru dari nikotin. Setelah dilakukan analisis melalui alat GC-MS, jeruk nipis mampu menurunkan kadar nikotin dalam paru-paru hingga 70,65%. Akan tetapi jeruk nipis yang Anda konsumsi kurang maksimal manfaatnya jika Anda kurang dalam mencukupi kebutuhan air dalam setiap harinya.

Makanan sehat

Cara selanjutnya adalah dengan cara mengonsumsi makanan sehat. Selain mengonsumsi buah dan sayur Anda juga dapat mengonsumsi makanan sehat lainnya seperti bawang putih, jagung, jahe serta makanan yang kaya akan selenium misalnya susu, telur, sereal dan daging domba.

Nah itulah beberapa cara membersihkan paru-paru dari nikotin yang dapat Anda coba. Baca juga artikel mengenai Cara tradisional mengatasi usus buntu.