Cara Membedakan Tas Kulit Asli dan Sintetis

By Categories : Wanita

Tas merupakan salah satu aksesoris yang berguna untuk menunjang penampilan seseorang. Seperti yang Anda ketahui tas kulit memiliki beragam jenis dan warna mulai dari kulit ular, kambing, buaya, sapi, ikan pari dan lainnya. Untuk membedakan tas kulit asli ataupun sintetis tentunya dibutuhkan kecermatan yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan tas kulit sintetis sudah dibuat dengan kemampuan dan teknik yang canggih. Sehingga pembuatan tas kulit sintetis dapat menghasilkan tas yang menyerupai tas kulit asli.

Membedakan Tas Kulit Asli

Oleh karena itu, tak sedikit dari mereka yang salah dan juga tertipu saat membeli tas kulit tersebut. Namun Anda jangan khawatir, pada umumnya membedakan tas kulit asli dengan sintetis adalah hal yang mudah. Berikut adalah cara membedakan tas kulit asli dan sintetis.

Cara Membedakan Tas Kulit Asli dan Sintetis yang Perlu Anda Ketahui

Perhatikan Harga Tas

Saat membeli tas kulit asli pastikan Anda memperhatikan tas yang akan Anda beli, merk tas ternama seperti Louis Vuitton (LV) tidak pernah mengadakan diskon pada outlet resminya, kecuali untuk para karyawan pada waktu tertentu. Begitu juga dengan tas branded seperti Channel. Kalaupun sedang diskon, barang tersebut sudah out of season. Sehingga sebelum membeli tas tersebut pastikan Anda tidak terkecoh dengan diskon yang ditawarkan.

Mencium Aroma Tas

Setelah memperhatikan harga, cara yang kedua adalah dengan cara mencium aroma tas. Jangan sungkan untuk melakukan hal tersebut untuk mendapatkan kualitas kulit yang asli. Jika tas yang sedang Anda cium adalah kulit asli maka tas tersebut memiliki aroma seperti bahan penyamaknya. Apabila bahan penyamak adalah samak nabati, maka bau tas tersebut akan seperti bahan nabati. Sedangkan tas kulit sintesis akan memiliki aroma menyengat seperti bahan kimia, plastik ataupun karet serta bau khas produksi pabrik.

Meraba Permukaan Tas

Cara membedakan tas kulit asli dan sintetis adalah dengan merapa permukaan tas. Tas kulit asli memiliki permukaan yang halus namun kurang rata. Hal ini dikarenakan adanya pori-pori kulit hewan yang yang digunakan. Jenis kulit asli yang paling halus saat digunakan adalah kulit domba dan juga chrom. Sedangkan untuk kulit sintetis memiliki permukaan kulit yang rata, halus serta agak licin. Untuk motif kulit asli terbentuk tidak teratur, dan bergitupun sebaliknya. Motif kulit sintetis cenderung rapi dan berulang-ulang karena dibuat oleh mesin cetak.

Dengan Cara Menekuknya

Cara selanjutnya adalah dengan cara menekuknya, cobalah untuk menenuk tas kulit horizontal dan vertikal dengan membentuk tanda tambah. Jika bekas tekukan terlihat samar, tidak berbekas dan dapat kembali ke bentuk semula tas tersebut merupakan tas kulit asli. Namun jika tanda tersebut meninggalkan bekas tekukkan yang sangat jelas sangat jelas bahwa tas tersebut merupakan tas sintetis.

Nah itulah beberapa cara membedakan tas kulit asli dan sintetis yang dapat Anda ketahui. Selain itu Anda juga harus mengetahui cara merawat tas kulit asli agar lebih awet dan tahan lama.

terms: ciri ciri tas kulit asli, ciri2 tas kulit asli, ciri ciri tas kuli sapi, ciri ciri tas kulit ular asli, ciri tas kulit sapi asli