Cara Membedakan Kopi Luwak Asli dan Palsu

By Categories : Tips

Kopi luwak merupakan salah satu kopi terbaik di dunia dan memiliki harga yang sangat mahal. Selain nikmat, jenis kopi ini juga memiliki peminat yang terus meningkat. Hal ini membuat harga kopi luwak menjadi mahal. Banyaknya permintaan tersebut membuat banyak oknum curang dengan cara memalsukan produk yang mereka jajakan. Kopi arabika biasa diolah tanpa fermentasi kemudian diakuinya sebagai kopi luwak dan dijual dengan harga yang mahal.

Sertifikasi kopi luwak asli yang dijalankan oleh BPOM ternyata belum bisa dijadikan jaminan. Ini terbukti dari banyaknya kopi luwak yang beredar di Indonesia, sebanyak 30% dianggap palsu, 15% kopi luwak yang dioplos dengan kopi biasa, dan 55% adalah kopi luwak asli.

Kopi Luwak Asli dan Palsu

Agar terhindar dari kopi luwak palsu saat akan membeli, perhatikan cara membedakan kopi luwak asli dan palsu berikut.

Baca juga Cara Sehat Meminum Kopi

Tips menghindari kopi luwak palsu

  1. Bedakan aromanya

Cara mudah membedakan asli atau palsu dari kopi luwak adalah dari aromanya. Bagi penikmat kopi hal ini pasti akan mudah, biasanya kopi luwak asli memiliki aroma lebih kuat dibanding dengan kopi biasa saat diseduh. Kemudian saat pengolaham kopi luwak yang asli akan mengeluarkan bau khas seperti pandan, sedangkan kopi biasa justru akan mengeluarkan bau apek. Untuk produsen kopi luwak yang tersertifikasi BPOM biasanya sebelum memasarkan produknya akan dilakukan testing tingkat kewangiannya melalui test after nose.

  1. Bedakan dari rasanya

Membedakan kopi luwak asli dengan yang palsu selanjutnya adalah melalui rasanya. Kopi dari luwak asli akan memiliki rasa yang cukup kuat, bahkan Anda akan merasakannya di tenggorokan hingga 30 menit setelah Anda meminumnya. Sebaliknya untuk kopi luwak palsu memilki rasa yang lemah dan tidak bertahan lama di lidah ataupun tenggorokan.

  1. Bedakan dari sesaat setelah meminumnya

Untuk kopi luwak palsu biasanya setelah Anda meminumnya akan merasa lebih sering buang air kecil. Selain itu, bagi penderita maag, kopi luwak palsu akan membuat perih di lambung setelah meminumnya. Hal ini tidak ditemukan setelah Anda meminum kopi luwak asli.

  1. Bedakan seduhannya

Setelah diseduh, kopi luwak asli biasanya mengeluarkan krim putih di permukaanya. Krim tersebut hampir mirip seperti pada krim kopi esspreso meskipun dengan jumlah yang sedikit. Hal ini karena saat digrider biji kopi kering masih berada pada kulit arinya. Kulit ari ini yang membuat kopi luwak asli saat diseduh mengeluarkan krim.

  1. Bedakan dari green bean-nya

Jika masih dalam bentuk green bean. Kopi luwak asli dan palsu dapat dibedakan dengan melihat bentuk fisik bijinya. Kopi luwak yang asli memiliki warna hijau kekuningan sedangkan kopi biasa memiliki warna hijau tua.

Baca juga Manfaat Kopi untuk Kesehatan