Cara Membedakan Berlian Asli dan Palsu

By Categories : Tips

Berlian merupakan salah satu jenis perhiasan termahal di dunia yang diidamkan setiap orang. Hal ini dikarenakan berlian memiliki keindahan, kepopuleran dan harga yang mahal. Dibandingkan dengan perhiasan lainnya berlian merupakan perhiasan yang paling diminati setiap orang baik pria dan juga wanita. Pada umumnya berlian berasal dari bagian terdalam gunung berapi yang mengandung unsur karbon dan atom.

berlian

Batu berlian yang berasal dari gunung berapi naik ke permukaan bumi melalui letusan vulkanik. Pada kenyataannya berlian merupakan sebuah kristal transparan yang mengikat karbon atom. Harganya yang mahal, pastinya dibutuhkan ketelitian dan pengetahuan bagaimana cara membedakan berlian asli atau palsu. Hal ini bertujuan agar berlian yang Anda beli sesuai dengan keinginan Anda dan pastinya Anda tidak tertipu dengan barang imitasi yang murahan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara membedakan berlian asli dengan yang palsu.

Tips mudah membedakan berlian asli dan palsu

  • Tenggelamkan batu berlian

Cara yang pertama adalah dengan cara menenggelamkan batu berlian. Jika batu berlian yang Anda beli adalah batu berlian asli pastinya akan tenggelam ke dalam air. Hal ini karena berlian asli memiliki tingkat kerapatan yang tinggi. Sedangkan berlian yang palsu akan mengapung di permukaan ataupun melayang di tengah gelas.

  • Uji keterbiasan cahaya

Menguji keterbiasan cahaya adalah salah hal yang paling mudah. Karena berlian asli akan membelokkan cahaya yang melaluinya. Caranya, cobalah untuk menggambar sebuah titik pada kertas. Kemudian letakkan berlian tersebut di atas titik yang Anda gambar. Lihat lurus berlian tersebut, jika Anda melihat pantulan lingkaran pada berlian Anda maka dapat dipastikan berlian yang Anda pilih adalah palsu. Jika Anda menggunakan berlian asli maka titik tersebut tidak akan terlihat.

  • Panaskan berlian

Jika Anda belum yakin dengan berlian tersebut, Anda dapat memanakan berlian yang Anda beli kemudian celupkan pada air dingin. Jika berlian tersebut palsu maka seketika akan retak atau pecah. Berlian yang asli memiliki ketahanan yang sangat kuat. Sehingga saat Anda melakukan percobaan tersebut berlian asli tidak akan mengalami retak ataupun pecah.

  • Cek ke labolatorium

Untuk lebih memastikan, Anda bisa melakukan pengecekan lebih lanjut ke labolatorium. Perangkat elektronik yang ada di labolatorium dapat memeriksa segala jenis berlian. Sebaiknya, Anda memilih lab yang sudah terpercaya, terjamin dan diakui seperti, AGL, GIA dan lainnya.

  • Bersetifikat

Karena berlian merupakan salah satu barang mahal pastinya jika Anda membelinya, Anda akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat sendiri harus dilengkapi dengan berbagai macam informasi tentang berlian, seperti tingkat potongan, pengukuran, karat, tingkat terang, proporsi dan juga tingkat warna. Selain itu, sertifikat yang Anda dapatkan pun harus berasal dari penilaian independen dari organisasi internasional.

Demikianlah ulasan tentang Cara membedakan berlian asli dan palsu. Baca juga artikel tentang Jenis batu akik yang bagus.

terms: modelumpan palsu yg mengapung