Cara Membasmi Kutu Rambut dengan Bahan Alami

By Categories : Kesehatan

Cara membasmi kutu rambut yang efektif banyak dicari karena kutu rambut merupakan hewan yang sangat mengganggu. Adanya kutu rambut dapat membuat kulit kepala menjadi gatal dan terasa panas akibat dari gigitan-gigitan kutu. Hal ini harus cepat di atasi karena perkembangan kutu rambut sangat cepat. Jika tidak segera di atasi, maka dapat menyebabkan kulit kepala terasa gatal. Masalah ini juga timbul karena telur-telur kutu yang biasa timbul diantara rambut. Hal ini tentu akan menyebabkan Anda kurang percaya diri.

Rasa gatal yang timbul akibat kutu rambut cenderung akan membuat Anda menggaruk kepala, padahal perlu Anda ketahui bahwa kulit kepala memiliki lapisan yang lebih tipis dibandingkan dengan lapisan kulit lainnya. Jika Anda menggaruknya dengan keras, maka dapat menimbulkan luka pada kulit. Luka tersebut nantinya dapat menimbulkan infeksi yang cukup parah sehingga untuk menghindari hal tersebut Anda harus mengetahui bagaimana cara membasmi kutu rambut secara efektif.

Umumnya kutu rambut lebih sering di alami oleh anak-anak. Jika anak terkena kutu rambut, maka teman-temannya akan mudah tertular. Ini karena anak-anak biasa berinteraksi secara intens di sekolah serta tempat-tempat bermain sehingga anak kecil sangat rentan sekali terkena permasalahan ini. Untuk itu, untuk membasmi kutu rambut harus sangat teliti.

Biasanya orang tua memberikan obat anti kutu yang banyak dijual di pasaran. Padahal perlu Anda ketahui bahwa kulit kepala anak sangat sensitif terhadap obat-obat kimia tersebut. Dalam penggunaannya juga bahan kimia biasanya harus didiamkan semalaman setelah dioleskan di kulit kepala. Hal ini membuat anak merasa terganggu karena harus menggunakan alas kepala. Mengingat masalah tersebut sebaiknya Anda menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi kutu rambut pada anak.

Cara Membasmi Kutu Rambut pada Anak

cara membasmi kutu rambut

Penggunaan bahan-bahan alami sangat dianjurkan karena jauh lebih aman untuk kulit kepala anak. Selain murah, bahan-bahan alami tersebut juga mudah untuk di dapatkan. Berikut beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan kutu rambut.

Bawang Merah

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan bawang merah. Anda dapat mengoleskan bawang merah ke bagian kulit kepala anak secara merata kemudian diamkan semalaman. Aroma yang kuat dari bawang merah sangat tidak disukai oleh kutu. Kutu rambut akan mudah mati setelah menghirup uap yang berasal dari bawang merah. Untuk itu bawang merah merupakan pilihan alami yang cocok untuk membasmi kutu rambut pada anak.

Minyak Kelapa

Cara membasmi kutu rambut selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa adalah bahan alami yang mampu menuntaskan kutu rambut hingga ke telur-telurnya. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa ke seluruh bagian kulit kepala hingga merata, kemudian tutup menggunakan handuk dan diamkan semalaman. Kondisi ini dapat menyebabkan kutu dehidrasi dan lama kelamaan akan membuat kulit mati.

Jeruk Nipis dan Minyak Kayu Putih

Cara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis dan minyak kayu putih. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya membuat cairan jeruk nipis dan minyak kayu putih dengan perbandingan 1:1. Selanjutnya adalah oleskan campuran yang Anda buat tersebut ke seluruh rambut dan kulit kepala secara merata. Lakukan pijatan beberapa saat dan diamkan menggunakan penutup kepala yang berbahan plastik atau menggunakan handuk kering. Kemudian Anda diamkan kembali selama 2-3 jam dan bilas menggunakan shampo dan air bersih.

Cuka Putih

Langkah selanjutnya sebagai cara membasmi kutu rambut adalah dengan menggunakan cuka putih. Cuka putih dapat Anda peroleh dengan mudah di toko. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskannya secara langsung ke bagian rambut dan kulit kepala secara merata. Setelah itu, tutup menggunakan handuk kering dan diamkan selama 3 jam. Langkah terakhir adalah bilas menggunakan air bersih dan shampo.

Minyak Zaitun

Ini merupakan jenis minyak yang memiliki banyak manfaat untuk perawatan rambut. Selain dapat digunakan untuk menyuburkan rambut, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan kutu rambut. Cara menggunakannya adalah dengan membersihkan rambut terlebih dahulu. Setelah itu, tepat sebelum tidur Anda oleskan minyak zaitun secara merata ke seluruh bagian kulit kepala dan rambut. Agar lebih efektif dan dapat meresap Anda pijat kulit kepala selama 5 menit. Setelah itu, tutup rambut menggunakan shower-cup dan tidurlah dengan posisi terlentang. Di pagi hari, bersihkan rambut menggunakan air dingin.

Daun Sirsak

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan daun sirsak. Perlu Anda ketahui jika daun sirsak mengandung antibakterial yang tinggi dan sangat baik untuk perawatan rambut. Kandungan tersebut tentu dapat membantu membasmi kutu rambut yang ada di kulit kepala. Selain itu, kandungan daun sirsak juga dapat menghilangkan telur dari kutu rambut secara merata. Cara menggunakannya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirsak dan diamkan hingga dingin. Setelah itu oleskan secara merata pada bagian rambut. Langkah terakhir adalah bilas menggunakan air bersih.

baca juga : cara menumbuhkan rambut botak secara alami

Demikianlah cara membasmi kutu rambut secara alami dan cepat.