Cara Membasmi Kutu Kucing Paling Ampuh

By Categories : Tips

Bagi seseorang pecinta kucing tentu saja sudah mengetahui tentang kutu kucing. Kutu kucing yang memiliki nama latin Ctenocephalides felis ini merupakan serangga kecil yang menyerang kucing. Ketika serangga kecil ini hinggap pada kucing maka mereka akan merasa gatal dan ingin menggaruk serta menggigit tubuh mereka sendiri. Jenis penyakit pada kucing yang satu ini harus segera di basmi. Karena jika tidak binatang peliharaan Anda dapat mengalami infeksi sekunder.

Cara Membasmi Kutu Kucing

Tak hanya pada kucing saja, kutu kucing juga dapat menyerang manusia. Meskipun tidak menyebabkan infeksi gigitan kutu kucing pada kulit manusia dapat menyebabkan luka seperti lecet. Bila Anda melihat kucing seringkali menggaruk tubuhnya mungkin saja kucing tersebut tengah digigit oleh kutu. Namun tenang jangan khawatir, karena adala berbagai macam cara membasmi kutu kucing. Apa saja caranya? Simak ulasannya berikut ini.

Inilah cara membasmi kutu kucing agar tidak kembali lagi

Mandikan kucing

Jika Anda melihat kucing sedang menggaruk-garuk leher dan tubuhnya ataupun melihat gejala serangan kutu lainnya pastikan Anda segera memandikan kucing kesayangan Anda dengan menggunakan sampo khsusu kutu kucing. Selain itu Anda juga bisa menggunakan sabun pencuci piring yang memiliki aroma lemon yang ringan. Setelah selesai bilas dan ulangi hal tersebut agar tubuh kucing benar-benar bersih dari kutu tersebut.

Sisir bulu kucing

Yang kedua adalah dengan cara menyisir bulu kucing. Setelah memandikan kucing pastikan Anda menyisir bulu kucing tersebut. Hal ini sangat berguna untuk menghilangkan dan membasmi kutu yang masih tersisa. Pastikan Anda selalu menyisir bulu kucing secara teratur untuk mencegah kutu kucing tersebut datang kembali menyerang kucing kesayangan Anda.

Cuci selimut dan alas kucing

Cara membasmi kutu kucing selanjutnya adalah dengan mencuci selimut dan alas kucing yang biasa digunakan. Cuci selimut dan alas kucing dengan menggunakan air panas dan tambahkan secangkir cuka. Air panas dan cuka yang Anda gunakan dapat membunuh kutu dan telur yang mungkin saja tertinggal di barang-barang tersebut.

Bersihkan rumah

Berikutnya adalah dengan cara membersihkan rumah dengan menggunakan penyedot debu. Saat membersihkan rumah dengan penyedot debu, ambil kantong vakum tersebut dan masukkan satu send makan tanah diatom agar kutu yang masuk dapat mati. Tanah diatom dapat dengan mudah ditemukan di toko perkebunan.

Buah lemon dan air mendidih

Ambil satu panci air mendidih dan masukkan setengah buah lemon ke dalamnya. Tutup panci tersebut dan biarkan air menjadi dingin dan lemon dapat larut di dalamnya. Setelah dingin tuangkan air lemon tersebut pada botol semprot. Anda bisa menggunakan larutan itu untuk menyemprotkan ke tubuh kucing dalam setiap harinya. seperti yang Anda ketahui kutu tidak menyukai aroma dari jeruk lemon.

Demikianlah ulasan mengenai cara membasmi kutu kucing secara alami.

Baca juga cara memelihara kucing maine coon yang tepat.

Loading...
terms: menghilangkan kutu kucing dengan jeruk lemon