Cara Memasarkan Produk Baru untuk Meningkatkan Penjualan

By Categories : Bisnis

Memasarkan produk baru yang belum dikenal di masyarakat memang bukan pekerjaan yang mudah. Anda harus mengeluarkan biaya pemasaran yang lebih besar, serta harus mengetahui cara memasarkan produk baru agar mudah diterima di masyarakat. Selain untuk menarik konsumen, cara tersebut juga cocok untuk pemula yang harus bersaing dengan pengusaha lain yang telah lama memasarkan produknya.

Persaingan dalam dunia bisnis dianggap wajar oleh pelaku usaha, hal ini menjadi tantangan besar yang harus dihadapi. Sebab untuk masuk ke dunia pasar harus ada strategi khusus untuk menarik konsumen. Anda harus berani menciptakan produk yang memiliki kelebihan dibanding dengan produk lainnya. Dengan memiliki kelebihan akan membuat konsumen lebih tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

Cara Memasarkan Produk Baru

Selain menciptakan produk yang lebih unggul, ada beberapa cara memasarkan produk baru untuk para pemula. Tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan.

Berikut cara memasarkan produk baru

  1. Lakukan riset pasar

Sebelum Anda memasarkan produk, Anda harus mengetahui seberapa besar potensi produk Anda. Jika hasil riset menunjukan hasil yang positif, maka Anda jangan ragu untuk memasarkan produk beru tersebut. Namun, jika hasil riset tersebut menunjukan kurangnya minat konsumen maka Anda harus mengevaluasi dan harus berani memberikan nilai lebih pada produk Anda. ini merupakan salah satu tips sukses bisnis untuk pemula yang harus Anda coba.

  1. Jeli terhadap kebutuhan konsumen

Mencoba pasar baru dengan manawarkan produk sesuai kebutuhan konsumen adalah cara memasarkan produk baru yang terbaik. Dengan melihat kebutuhan tersebut, daya beli konsumen pasti akan meningkat. Karena mereka merasa produk baru Anda dapat menjadi solusi untuk masalah mereka.

  1. Buat kegiatan promosi efektif

Cara memasarkan produk baru yang paling penting adalah promosi. Ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan yaitu STP (segmentation, targetting, positionig), dan marketing mix (produk, price, place, dan promotion). Hal ini penting agar produk baru yang Anda promosikan sesuai dengan target pasar yang Anda tentukan. Strategi yang bisa Anda lakukan adalah menawarkan harga yang bersaing dengan kualitas produk yang lebih baik. Selain itu, lokasi usaha Anda juga akan berpengaruh sehingga pilih lokasi yang strategis. Agar lebih menarik  konsumen, berilah bonus atau potongan harga saat launching produk.

  1. Pelayanan yang terbaik

Pelayanan yang baik menjadi salah satu faktor pendukung untuk menciptakan produk yang berkualitas. Cara memasarkan produk baru dengan pelayanan baik akan mudah diterima oleh konsumen. Semakin baik pelayanan yang Anda berikan maka semakin luas pula pasar Anda karena ini sangat berpengaruh terhadap penjualan produk.  Biasanya kesan pertama yang didapat konsumen akan menentukan penilain produk tersebut.

Itulah cara memasarkan produk baru yang bisa Anda coba. Selain menggunakan strategi di atas, kerja keras juga menjadi faktor penting untuk para pebisnis pemula.

Baca juga Tips Sukses Bisnis Online Shop