Cara Memasak Daging Sapi Agar Cepat Empuk

By Categories : Tips

Daging sapi merupakan salah satu bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai macam aneka masakan. Mulai dari rendang, sate, semur dan masih banyak lagi aneka olahan daging sapi. Bagi seseorang yang sangat menyukai masakan dengan bahan dasar daging, tentu  saja daging yang paling enak adalah daging yang memiliki tekstur empuk. Selain enak, jenis makanan penambah darah ini juga memiliki berbagai macam manfaat, salah satunya itu berguna untuk mengatasi tekanan darah rendah.

daging sapi1

Seperti yang kita ketahui kebanyakan daging, salah satunya daging sapi memiliki tekstur yang keras dan liat. Sehingga kita diwajibkan mengetahui cara memasak daging sapi agar cepat empuk. Hal ini berguna agar daging yang kita makan mudah dikunyah dan dicerna. Bagi Anda yang belum mengetahui caranya, tak perlu khawatir. Simak ulasan berikut ini.

Inilah cara memasak daging sapi agar cepat empuk

Perhatikan cara perendaman

Sebelum mengolah daging sapi, tentu saja hal utama yang harus dilakukan adalah mencucinya. Hal ini berguna agar daging terbebas dari kotoran dan darah yang masih menempel pada daging. Saat proses pencucian dan perendaman daging, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Yaitu merendamnya dengan parutan nanas, lemon ataupun jeruk nipis. Selain dapat membuat daging lebih empuk, hal ini juga berguna untuk menghilangkan bau amis pada daging. Agar lebih fresh, Anda bisa mendiamkannya ke dalam kulkas 1 hingga 2 jam.

Perhatikan cara memotongnya

Tahukah Anda salah satu kunci agar daging cepat empuk terletak pada proses pemotongannya? Saat memotongnya, pastikan jangan mengikuti arah seratnya atau potonglah daging tersebut berlawanan dengan arah serat dagingnya. Hal ini bertujuan untuk menghambat bersatunya serat daging pada saat perebusan. Sehingga hal ini akan membuat daging lebih empuk.

Pukul dengan pemukul daging

Cara memasak daging sapi agar cepat empuk selanjutnya adalah dengan cara memukulnya dengan menggunakan pemukul daging. Cara yang satu ini memang sudah menjadi cara yang sering dilakukan untuk membuat daging lebih empuk. Pukulah kedua sisi daging sampai tekstur daging menjadi lebih empuk, agar tidak bergeser Anda bisa memakai talenan sebagai alas daging.

Menggunakan daun pepaya

Selain dapat dimanfaatkan sebagai  bahan masakan, daun pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk membuat daging menjadi lebih empuk. Kandungan enzim papain yang terkandung dalam daun ini berfungsi sebagai pelunak serat daging. Cara menggunakannya pun sangat mudah, yaitu bungkuslah daging dengan menggunakan daun pepaya yang sudah dicuci bersih. Setelah itu, tusuk-tusuk daun pepaya agar enzimnya dapat diserap oleh daging. Tunggu selama 1 jam lalu Anda bisa memasaknya.

Gunakan alat presto

Jika tak mau repot, Anda pun bisa menggunakan cara instan yaitu dengan cara menggunakan alat presto. Alat presto ini berbahan stainless steel tebal dan penutup panci yang dilengkapi dengan seal kedap udara. Sehingga hal ini membuat uap panas tidak bisa keluar dan pastinya dapat membuat daging yang diolah menjadi cepat empuk.

Nah itulah beberapa cara memasak daging sapi agar cepat empuk yang dapat Anda coba. Untuk mempraktekannya Anda juga harus mengetahui beberapa menu olahan daging sapi yang dapat Anda coba di rumah.

Menu masakan dengan bahan dasar daging sapi

Steak 

Makanan ini berasal di Amerika, namun hingga saat ini steak menjadi makanan yang cukup populer di Indonesia. Steak diolah dengan cara dipanggang diatas hot plate. Bagian daging sapi yang digunakan biasanya sirloin dan tenderloin. Biasanya steak disajikan menggunakan saus khas steak dan beberapa sayuran seperti wortel, jangung, dan sebagainya.

Rendang

Makanan ini merupakan masakan olahan daging sapi khas Padang. Kelezatan rendang sudah diakui secara internasional dan masuk dalam salah satu masakan terlezat di dunia. Biasanya rendang di olah menggunakan bumbu rempah-rempah dan diolah menggunakan kelapa parut serta santan. Daging sapi tersebut dipotong dengan ukuran yang kecil kemudian direbus hingga semua bumbu meresap ke daging.

Bakso

Siap yang tidak kenal masakan yang satu ini? Bakso hampir bisa ditemukan di seluruh wilayah Indonesia. Cara memasak daging sapi untuk dijadikan bakso juga cukup mudah. Karena saat ini sudah banyak alat penggiling untuk membuat bakso. Biasanya bakso disajikan menggunakan mie kuning dan putih dalam mangkuk. Kemudian bagian atasnya ditaburi bawang goreng. Saat ini bakso dengan ukuran besar biasanya berisi urat, telur, atau daging cincang.

Semur

Menu olahan daging bakso selanjutnya adalah semur. Makanan ini memiliki citarasa khas Indonesia. Untuk membuat semur biasanya menggunakan kecap yang cukup banyak kemudian dicampurkan dengan bumbu khas. Biasanya  semur daging sapi disajikan bersama semur kentang serta nasi putih. Agar lebih nikmat, biasanya orang menambahkan sambal. Masakan ini memiliki rasa manis yang cukup dominan dan sangat mudah ditemukan pada hari raya.