Cara Memasak Daging Kambing Agar Tidak Bau dan Alot

By Categories : Tips

Daging kambing memiliki rasa yang unik sehingga sangat populer di Indonesia. Pada umumnya daging kambing diolah untuk dijadikan sate, tongseng, gulai, dan sebagainya. Makanan tersebut memiliki citarasa yang lezat sehingga banyak orang yang menyukainya. Namun walaupun banyak penggemar daging kambing, mereka jarang memasak sendiri di rumah, lain halnya dengan olahan daging sapi. Hal ini karena untuk mengolah daging kambing memang gampang-gampang susah. Jika Anda salah memasak maka daging kambing tersebut justru akan berbau prengus dan alot.

Cara Memasak Daging Kambing

Untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa cara memasak daging kambing yang dapat Anda coba di rumah.

Cara memasak daging kambing yang benar

  1. Singkirkan lemaknya

Daging kambing terkenal memiliki aroma prengus yang berasal dari lapisan lemak. Untuk menghilangkan bau prengus tersebut Anda harus menyingkirkan lemak yang menempel pada daging terlebih dahulu. Cara menyingkirkannya Anda dapat mengiris pelan-pelan lemak tersebut. Namun tekstur lemak yang kenyal biasanya susah untuk diiris, untuk itu Anda dapat mendinginkan daging kambing terlebih dahulu ke dalam lemari es. Setelah lemak tersebut beku, maka Anda dapat mngirisnya dengan mudah.

  1. Tidak mencucinya

Cara memasak daging kambing agar tidak bau selanjutnya adalah dengan tidak mencucinya. Umumnya sebelum dimasak, daging harus dicuci terlebih dahulu. Namun untuk daging kambing, jika Anda melakukan hal tersebut justru akan membuat daging menjadi lebih alot dan bau prengusnya semakin tajam. Cara membersihkan daging kambing yang baik adalah langsung merebusnya dalam keadaan tidak dicuci. Setelah itu buang air rebusan dan baru Anda mengolahnya.

  1. Taburi garam

Tips selanjutnya adalah dengan menaburi daging kambing dengan garam. Hal ini dilakukan jika daging kambing yang akan diolah sudah terlanjur dicuci. Garam tersebut mampu menetralisir darah yang menyebabkan aroba tidak sedap. Caranya balurkan gara pada permukaan daging dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu direbus dan siap diolah.

  1. Rebus dengan rempah-rempah

Jika Anda tetap ingin mencuci daging kambing sebelum diolah maka ada baiknya Anda merebus daging yang sudah dicuci tersebut dengan beberapa rempah-rempah seperti serai, jeruk, jahe, dan kemangi.

  1. Baluri dengan parutan nanas

Anda dapat memanfaatkan parutan nanas untuk melunakan daging kambing yang terkenal alot. Cara memasak daging kambing ini juga dapat mengatasi aroma prengus daging. Anda lumuri daging kambing dengan parutan nanas kemdian diamkan selama setenga jam dan baru diolah seperti biasa.

  1. Bungkus dengan daun pepaya

Daun pepaya juga berfungsi untuk melembutkan serta mengatasi bau tidak sedap pada daging kambing. Hal ini karena kandungan enzim pada daun pepaya dapat bekerja menjadikan daging kambing menjadi empuk.

  1. Lumuri dengan jeruk nipis

Cara memasak daging kambing selanjutnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Manfaat jeruk nipis untuk pengolahan daging kambing cukup banyak. Selain dapat menghilangkan bau prengus dan melunakan daging, jerukĀ  nipis juga mampu membunuh bakteri pada daging. Cara lumuri daing kambing dengan perasan jeruk nipis dan diamkan setengah jam. Setelah itu dapat dimasak seperti biasa.