Cara Melatih Otak Kanan Pada Anak

By Categories : Kesehatan

Pada umumnya manusia memiliki cara pikir melalui otak kanan maupun otak kiri. Berbagai perdebatan mengenai otak kanan dan otak kiri sudah ada sejak tahun 1960 lalu. Berdasarkan penelitian yang dilakukan ketika otak kanan bekerja maka otak kiri akan tenang, sedangkan saat otak kiri bekerja maka otak kanan cenderung lebih tenang. Otak kanan pada manusia berfungsi untuk kreativitas seseorang, emosi, warna, khayalan, dan juga musik. Pada kesempatan kali ini membahas mengenai cara melatih otak kanan pada anak. Untuk melatih otak kanan pada anak diperlukan beberapa cara dan tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Langsung saja di bawah ini terdapat beberapa cara melatih otak kanan pada anak yang dapat dilakukan.

Cara Melatih Otak Kanan Pada Anak

Berikut Cara Melatih Otak Kanan Pada Anak

Thumb Game

Cara melatih otak kanan pada anak yang pertama adalah dengan mengacungkan jempol pada tangan kiri serta kelingking tangan kanan, sambil menyodorkan kedua tangan ke kanan begitu pula dengan sebaliknya. Metode ini bertujuan untuk melatih dan menyeimbangkan saraf motorik kiri dan kanan. Metode thumb game tidak bisa dilakukan hanya 1 atau 2 kali saja melainkan dilakukan secara rutin paling tidak selama 2 menit setiap harinya.

Eight Game

Cara yang kedua adalah dengan eight game. Metode ini dilakukan dengan cara menuliskan angka delapan dengan kedua tangan kiri dan kanan. Namun angka ditulis bukanlah di kertas, melainkan di udara. Sama halnya dengan metode di atas, cara yang satu ini juga bertujuan untuk menyeimbangkan saraf motorik kanan dan motorik kiri. Lakukan eight game selama 2 menit setiap harinya.

Pattern Game

Yang ketiga adalah pattern game. Ajari sang anak dengan menggunakan metode ini. Metode pattern game dilakukan dengan cara menggambar pola pada kertas dengan tangan kiri dan tangan kanan secara bersamaan. Pola yang digambar mulai dari arah luar, dalam, atas, dan juga bawah. Sama halnya dengan metode di atas, untuk metode ini berguna untuk menyeimbangkan saraf motorik kanan dan motorik kiri. Lakukan pattern game selama 2 menit dalam sehari.

Left-Handed Writing

Cara melatih otak kanan yang keempat adalah dengan cara left handed writing. Metode atau cara yang satu ini menuliskan nama sendiri maupun orang lain dengan menggunakan tangan kiri. Kebiasaan ini dapat dilakukan paling tidak 10 kali percobaan dalam satu hari. Lakukan cara ini secara rutin selama 14 hari berturut-turut.

Left-Handed Brsuhing

Jika cara di atas menulis dengan menggunakan tangan kiri, untuk cara ini dapat dilakukan dengan menggosok gigi menggunakan tangan kiri. Gosok gigi dilakukan pagi dan malam hari, coba dan biasakan kebiasaan ini setiap harinya.

Nah itulah tadi beberapa cara melatih otak kanan pada anak. Berdasarkan penelitian bahwa tangan kanan dikendalikan oleh otak kiri, sedangkan otak kanan akan mengendalikan tangan kiri. Seperti pada awal penjelasan di atas bahwa otak kanan berurusan mengenai kreatifitas seseorang.

Baca juga artikel tentang Manfaat musik klasik untuk ibu hamil.