Cara Melancarkan ASI untuk Ibu Menyusui

By Categories : Wanita

Hingga saat ini banyak sekali ibu yang tidak ingin menyusui anaknya dengan berbagai macam alasan. Salah satu alasan yang sering di alami oleh para ibu adalah karena air susu yang dihasilkan sedikit dan menurut si bayi rasanya pun tidak enak. Tentu saja hal ini dapat membuat pertumbuhan dan perkembangan si kecil tidak sempurna. Mengingat manfaat ASI untuk bayi dapat membantu si kecil memiliki EQ yang baik sehingga dapat membuat bayi lebih cerdas dan pintar.

Cara Melancarkan ASI

Pada umumnya ada beberapa hal yang mempengaruhi produksi ASI dan produksi ASI sendiri sangat tergantung terhadap dua hormon yaitu prolaktin dan oksitosin. Prolaktin dapat mempengaruhi produksi ASI, sedangkan oksitosin berguna untuk pengeluaran ASI. Sehingga semakin banyak nutrisi yang dikonsumsi ibu menyusui maka semakin banyak pula ASI yang dikeluarkan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara melancarkan ASI bagi ibu menyusui yang dapat Anda coba.

Inilah cara melancarkan ASI untuk ibu yang sedang menyusui

Memenuni kebutuhan nutrisi

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi secara seimbang dan baik. Hal ini berguna agar hormon yang mengatur ASI dapat berjalan dengan baik dan juga lancar. Beberapa makanan yang harus dipenuhi antara lain, buah-buahan, sayuran, daging, ikan dan makanan yang memiliki nutrisi baik lainnya.

Sering menyusui

Cara paling mudah untuk melancarkan ASI adalah  sering menyusui. Semakin lama jeda waktu menyusui tentu saja hal ini ini dapat membuat produksi ASI terhenti. Sering menyusui merupakan salah satu cara alami yang dapat membuat ASI lancar. Jika sibuk bekerja dan takut akan berkurangnya ASI, maka Anda bisa menggunakan alat khusus seperti pompa ASI agar produksi ASI yang dihasilkan tetap banyak.

Menyusui secara bergantian

Cara melancarkan ASI berikutnya adalah dengan cara menyusui secara bergantian. Jika si kecil bosan dengan bagian kiri, Anda bisa menggantinya dengan posisi sebelah  kanan. Sehingga ini akan membuat bagian sebelah kiri dapat memproduksi ASI kembali secara alami dan begitupun seterusnya.

Meminimalisir gangguan psikologis

Tidak menutup kemungkinan bahwa ibu menyusui pun akan mengalami gangguan psikologis. Beberapa gangguan yang sering terjadi antara lain depresi, stres dan lainnya. Tentu saja hal tersebut dapat menyebabkan produksi ASI semakin menurun dan berkurang dan hal ini pun akan berakibat buruk terhadap sang bayi, karena jumlah ASI yang mereka hisap akan semakin sedikit.

Demikianlah ulasan mengenai cara melancarkan ASI bagi ibu menyusui. Baca juga inilah makanan untuk memperbanyak ASI secara alami.