Cara Masuk Safe Mode di Windows dan Fungsinya

By Categories : Teknologi

Bagi pengguna PC ataupun laptop dengan sistem operasi Windows pastinya sudah tidak asing lagi dengan fitur yang dinamakan “Safe Mode”. Safe mode kerap kali digunakan para pengguna Windows untuk berbagai hal salah satunya adalah jika PC terkena infeksi virus, malware, atau sejenisnya. Dengan masuk ke dalam safe mode, pengguna dapat melakukan booting Windows secara cepat, ini dikarenakan Windows tidak memuat berbagai driver yang kurang penting. Untuk masuk ke dalam safe mode terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pengguna Windows. Nah untuk mengetahui bagaimana cara masuk safe mode di Windows dan apa saja fungsinya? Silahkan simak pada pembahasannya di bawah ini!

Cara Masuk Safe Mode di Windows

Berikut Cara Masuk Safe Mode di Windows

Cara Masuk Safe Mode

Untuk cara yang satu ini dapat dilakukan untuk Windows 7 dan Windows 8. Cara ini paling mudah diantara cara lainnya yakni dengan cara mengetikkan “system configuration atau msconfig” melalui Windows Search dan kemudian tekan enter. Di samping itu Anda juga bisa masuk dengan menekan tombol lambang “Windows+R” (Windows Run) kemudian ketikan msconfig dan tekan enter.

Setelah itu Anda akan masuk ke dalam system configuration dan langkah berikutnya adalah dengan memilih tab “Boot” yang terletak pada bagian atas kiri. Kemudian berilah centang Safe Boot dan pilih Minimal sebagai pengaturan Default. Ketika sudah melakukannya, langkah berikutnya adalah pilih Apply dan Ok. Dengan begitu maka akan muncul pilihan “ Restart atau Exit Without Restart”, Anda dapat memilih salah satu sebelum masuk ke dalam safe mode. Baca Kelebihan Root pada Android dan Kekurangannya

Nah lalu bagaimana dengan cara masuk kembali ke Windows mode normal? Untuk caranya cukup dengan me-restart kembali komputer atau laptop yang Anda gunakan. Lantas apa saja fungsi dari safe mode ini?

Berikut Fungsi Safe Mode

  • Menghapus file yang terinfeksi oleh virus serta program yang sifatnya berbahaya yang tidak bisa dilakukan pada mode Windows Normal. Maka dari itu safe mode merupakan alternatif cara lain untuk mengatasinya. Adapun proses scanning dengan menggunakan antivirus Norman Malware Cleaner yang bersifat protable untuk menghapus malware atau virus yang menginfeksi perangkat.
  • Membantu dalam menghapus aplikasi yang menjadi penyebab perangkat menjadi eror maupun hang. Untuk cara ini menjadi alternatif jika program atau aplikasi tidak bisa dihapus melalui mode Windows normal maka safe mode menjadi alternatif lainnya.
  • Memeriksa berbagai permasalahan yang berhubungan dengan tampilan grafis Windows (VGA). DIlakukan dengan mengecek menu “Enable VGA Mode”.
  • Untuk memeriksa program-program tertentu serta menon-aktifkan program aplikasi tersebut.
  • Masuk ke dalam fitur yang tersedia pada Control Panel, Administrative tools, dan lain-lain.
  • Menjalankan atau mengaktifkan fitur system restore, sehingga akan berguna dalam mengembalikan ke kondisi Windows sebelumnya.

Demikianlah tadi pembahasan mengena cara masuk safe mode di Windows dan fungsinya. Baca Juga Aplikasi Pembuat Logo Terbaik untuk PC