Cara Kerja Foto Satelit

By Categories : Teknologi

Kali ini kita akan membahas hal menarik tentangĀ  cara kerja citra atau foto satelit. Namun Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara kerja foto satelitĀ  tersebut maka saya akan terlebih dahulu menjelaskan tentang foto satelit atau yang biasa dikenal dengan citra satelit itu sendiri. Citra satelit memiliki beberapa penjelasan tentang istilah yang digunakan di dalamnya. Di antaranya beberapa istilah yang perlu kita ketahui tentang citra satelit atau foto satelit antara lain adalah sebagai berikut.

Cara Kerja Foto Satelit

  • Citra satelit berasal dari dua kata yakni citra dan satelit. Citra dapat diartikan sebagai gambaran atau dari sebuah objek. Sedangkan satelit adalah sesuatu yang berukuran kecil yang mengorbit atau mengitari sesuatu yang lebih besar. Contoh dari satelit alam adalah bulan yang berukuran kecil mengorbit pada bumi. Sehingga dengan demikian dapat kita artikan bahwa citra satelit atau foto satelit merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memberikan gambaran atau foto tentang sebuah keadaan di sebuah tempat yang besar (bumi) dengan cara menempatkannya pada orbit.
  • Satelit terbagi menjadi tiga jenis, di antaranya adalah satelit komunikasi, satelit navigasi dan satelit penginderaan jauh. Karena yang dimaksud pada tulisan ini adalah cara kerja foto satelit, maka kita fokuskan pembicaraan kita pada satelit penginderaan jauh. Berdasarkan jenis-jenis satelit yang digunakan di atas, satelit yang memproduksi hasil berupa citra atau foto hanyalah satelit berjenis penginderaan jauh ini saja.
  • Prinsip kerja dari citra satelit atau satelit pengindraan jauh ini antara lain adalah sebagai berikut!
  1. Satelit penginderaan jauh melakukan perekaman terhadap permukaan planet bumi dengan cara scanning dengan melakukan perekaman pancaran fisual selama sekitar 100 menit atau dengan jarak sekitar 900 km.
  2. Satelit penginderaan jauh memiliki cara berputar yang telah ditentukan dan diperhitungkan secara matang. Yakni selalu tetap berputar dari arah utara ke selatan. Tujuan dari penetapan arah satelit ini adalah untuk memastikan seluruh bagian dari permukaan bumi dapat terekam secara keseluruhan karena pada dasarnya bumi sendiri terus berputar pada porosnya atau berotasi.
  3. Sebenarnya apa sih kegunaan dari foto satelit atau satelit penginderaan jauh ini? Satelit ini sangat bermanfaat bagi manusia khususnya dalam hal membantu manusia untuk memperkirakan tentang cuaca, laut, tanah dan lain sebagainya yang terdapat di bumi.
  4. Faktanya, selama sekali putaran, sebuah satelit penginderaan jauh akan merekam sebanyak 16 kali perekaman. Namun dengannya dapat dipastikan bahwa gambar yang bersih dan jelas tanpa adanya penghalang berupa awan, hanya sekitar 2 hingga 3 hasil rekaman saja.
  5. Selanjutnya citra satelit tersebut dimanfaatkan sebagai input dari SIG atau sistem informasi geografis. Dengan hal ini akhirnya setelah diproses lebih lanjut kita akan mendapatkan hasil berupa citra satelit atau foto satelit.

Dan itulah tadi beberapa penjelasan tentang cara kerja foto satelit. Demikian, semoga memberikan banyak manfaatnya. Sampai jumpa!

terms: satelit, gambar satelit, foto satelit, untuk pemotretan planet-planet oleh satelit dipakai, cara foto selfi dengan satelit