Cara Investasi yang Aman

By Categories : Bisnis

Terdapat banyak jenis investasi yang menguntungkan, tetapi dalam berinvestasi Anda juga perlu memperhatikan cara aman dalam melakukannya. Investasi banyak digemari kebanyakan orang untuk menambah tambahan selain dari gaji tetap. Ini dilakukan bagi kebanyakan orang yang tidak memiliki sampingan, dan lebih berpikir untuk berinvestasi.

Investasi dapat dilakukan mulai tanah atau property, logam mulia, saham, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu dalam berinvestasi Anda perlu mencari investasi yang memberikan imbal hasil lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat inflasi setiap tahunnya. Jangan sampai uang Anda hanya disimpan di Bank saja. Namun bagi kebanyakan orang yang belum pernah berinvestasi mungkin terdapat rasa takut dan khawatir. Nah untuk itu berikut ini adalah cara investasi yang aman, mungkin bisa Anda jadikan sebagai referensi agar tidak rugi!

Cara Investasi yang Aman

Cara Investasi yang Aman

Melakukan Investasi Saat yang Tepat

Langkah yang pertama untuk melakukan investasi yang aman adalah dengan cara memilih saat atau waktu yang tepat. Seperti halnya dengan kehidupan yang terus berjalan, roda ekonomi juga akan berjalan berdasarkan siklusnya sendiri. Bagi Anda melakukan investasi dalam waktu yang tepat, maka uang yang Anda hasilkan juga akan lebih banyak. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengetahui terlebih dahulu tahap awal, tahap puncak, atau tahap menurun.

Mengamati Siklus, dan Pilih yang Terbaik

Cara investasi yang aman berikutnya adalah dengan cara mengamati siklus, kemudian pilih yang terbaik. Anda dapat memilih siklus mana yang sudah siap naik. Sebagai contoh baja sempat mengalami kenaikan harga, tetapi untuk sekarang ini kita tentu mengetahui bahwa emas memiliki harga yang relative tinggi dan siap untuk menggantikan baja yang sudah mulai mengalami penurunan. Jika Anda melihat siklus tersebut dengan baik, maka sebaiknya Anda untuk membeli emas sebagai investasi Anda.

Investasi Ditahan dalam Jangka Panjang

Dalam melakukan investasi agar tidak mendapatkan kerugian saat melakukannya, sebaiknya Anda perlu menahannya dalam jangka waktu cukup panjang. Ini dilakukan untuk mengurangi resiko kerugian yang bisa saja terjadi. Kesalahan yang banyak dilakukan oleh para investor adalah terlalu siap untuk melindungi portofolio investasinya, sehingga ketika pasar sedang menurun mereka panik dan akhirnya melepas semua investasinya. Sebaiknya investor yakin terlebih dahulu bahwa melemah merupakan bagian dari siklus yang akan kembali menguat, kecuali jika siklus investasi sudah pada puncaknya.

Mengevaluasi Setiap Tren Investasi yang Ada

Cara yang berikutnya adalah dengan cara mengevaluasi setiap tren investasi yang ada. Sebagai contoh saat orang lain melakukan pembelian, maka Anda harus menjual. Dan begitu juga dengan sebaliknya saat orang sedang menjual, maka Anda harus menjadi seorang pembeli. Ini merupakan seorang investor yang bertolak belakang, namun tidak melawan keadaan pasar.

Memilih Terlebih Dahulu Jenis Invetasi

Menentukan dan memilih jenis investasi merupakan suatu hal yang tepat bagi Anda. Dalam berinvestasi memang dapat memilih jenis investasi, namun Anda harus memastikan bahwa investasi tersebut menguntungkan bagi Anda. Investasi yang dapat menjadi pilihan Anda adalah emas, tanah, properti, saham, bisnis, atau juga kelapa sawit dan kemudian tunggu saat yang tepat.

Nah itulah tadi beberapa cara investasi yang aman, yang perlu diingat adalah jangan terpancing dengan investasi yang tidak normal dalam arti memberikan keuntungan jumlah besar dalam waktu yang relative singkat. Baca juga artikel Cara Merawat Sepatu Kulit

terms: bagaimana kiatnya agar investasi kita aman, kiat agar investasi aman