Cara Diet Untuk Ibu Menyusui

By Categories : Kesehatan

Meskipun sudah menjadi ibu rumah tangga, pastinya ingin tetap memiliki tubuh yang ideal sebelum memiliki suami dan juga buah hati. Namun bagaimana dengan seorang ibu yang masih menyusui bayinya? Apakah baik untuk berdiet? Pada umumnya seseorang yang masih menyusui sah-sah saja untuk melakuan program diet. Namun yang perlu Anda ketahui adalah diet pada ibu yang masih menyusui tidak boleh mengurangi asupan kalori yang Anda konsumsi tiap harinya. Karena jika ini terjadi, hal ini akan berdampak pada kualitas dan produksi ASI Anda setiap harinya? Baca juga khasiat jeruk nipis untuk diet.

Lalu diet yang seperti apa yang cocok dilakukan untuk ibu menyusui? Penasaran apa saja caranya? Berikut adalah cara diet untuk ibu menyusui!

detox-ibu-menyusui-1

Cara diet untuk ibu menyusui

Hindari makanan junk food

Jika Anda adalah salah satu orang yang gemar mengonsumsi makanan junk food atau makanan cepat saji sebaiknya Anda mulai menghindari makanan yang satu ini. Salah satu akibat jika Anda sering mengonsumsi makanan ini adalah obesitas. Ini karena makanan cepat saji mengandung lemak yang tinggi yang dapat menyebabkan kegemukan dan juga kolesterol.

Olahraga ringan

Olahraga merupakan salah satu cara yang palingĀ  aman untuk mendapatkan tubuh langsing dan juga ideal. Untuk melakukan olahraga sebaiknya Anda melakukan olahraga ringanĀ  saja seperti, berenang, bersepeda, jalan kaki dan Anda juga bisa berjemur bersama dengan bayi Anda. Pastikan Anda tidak melakukan olahraga berat yang dapat mengurangi dan menurunkan kualitas produksi ASI Anda. Yang terpenting dalam berolahraga adalah Anda tidak boleh capek dan tanpa harus meninggalkan bayi Anda terlalu lama.

Mengatur pola makan

Cara selanjutnya adalah dengan cara mengatur pola makan. Sebaiknya konsumsilah buah dan sayur yang mengandung karbohidrat. Karena selain sehat makanan tersebut juga dapat melancarkan pencernaan Anda. Sehingga tidak ada sampah yang menumpuk pada usus yang menyebabkan perut buncit. Selain mengonsumsi buah dan sayur Anda juga dapat mengonsumsi makanan seperti, beras merah, daging tanpa lemak, ikan, telur dan juga minum air putih secara teratur untuk menghasilkan ASI yang berkualitas. Baca juga makanan sehat untuk diet.

Tetap menyusui

Meskipun Anda bersikeras untuk diet, namun jangan sampai Anda tidak menyusui bayi Anda. Waktu yang paling baik untuk menyusui adalah sampai bayi Anda berusia 2 tahun atau lebih. Tahukah Anda seseorang yang menyusui anaknya akan membakar 300 hingga 500 kalori dalam tubuh setiap harinya? Maka dari itu, jangan sampai Anda meninggalkan kewajiban Anda sebagai seorang ibu, karena selain dapat menyehatkan buah hati hal tersebut juga dapat menurunkan berat badan Anda.

Nah sekarang sudah tahu kan apa saja cara diet untuk ibu menyusui. Mulailah untuk menerapkan cara tersebut untuk mendapatkan ASI yang berkualitas dan juga berat badan yang seimbang. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda :)