Cara Diet Setelah Melahirkan Agar Kembali Langsing

By Categories : Kesehatan

Cara diet sehat setelah melahirkan merupakan salah satu hal yang paling banyak ditanyakan para kaum hawa, terutama bagi mereka yang baru saja melahirkan. Nah apakan Anda sedang mencari-cari hal tersebut? Jika iya, Anda membaca artikel yang tepat sebab kali ini akan membahas mengenai cara diet sehat setelah melahirkan. Untuk lebih jelasnya, simak saja ulasan berikut ini.

Busana modis, make up natural dan berat badan ideal adalah hal yang paling diidam-idamkan para kaum hawa tak terkecuali saat mereka mengandung. Seperti yang kita ketahui saat hamil berat badan ibu akan naik sangat banyak, sebab ibu hamil harus mengonsumsi makanan berkali-kali lipat lebih banyak guna mencukupi asupan nutrisi janin yang dikandungnya.

Lalu apa yang jadi masalah? Masalahnya, setelah melahirkan berat badan sebagian wanita pun tak kunjung berkurang dan bahkan ada pula yang semakin bertambah. Hal ini tentu saja dapat membuat pakaian seksi Anda tak bisa dikenakan serta dapat menurunkan rasa percaya diri jika tampil di depan publik. Untuk menurunkan berat badan, tak jarang ibu akan mencoba berbagai cara. Mulai dari diet ketat hingga mengonsumsi obat-obatan pelangsing.

Padahal diet ketat dan obat pelangsing memiliki efek buruk untuk produksi ASI. Namun tenang, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. Apa saja caranya? Berikut ulasannya.cara-diet-sehat-setelah-melahirkan

Cara Diet Setelah Melahirkan Agar kembali Langsing dan Seksi

Berikan ASI Eksklusif

Yang pertama adalah dengan memberikan ASI ekslusif pada bayi. Menyusui tak hanya memberikan makanan terbaik untuk bayi saja, ternyata menyusui dapat melangsingkan tubuh setelah melahirkan. Ketika kita memberikan ASI pada bayi maka timbunan lemak di dalam tubuh terkikis sedikit-demi sedkit. Hal ini karena lemak terserbut digunakan untuk memproduksi ASI.

Baca juga penyebab dan cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan

Perlu diketahui pula bahwa dalam sehari, menyusui dapat membakar sekitar 6000 kalori. Jika disamakan dengan kegiatan olahraga, 6000 kalori dapat terbakar jika kita melakukan tread mill selama 2 jam tanpa henti. Sebuah penelitian di Perancis juga mengatakan bahwa seorang ibu yang memberikan ASI eksklusif pada si kecil, dapat menurunkan berat badan sampai 0,8 kg per bulan.

Jangan Lewatkan Sarapan

Meskipun sedang berdiet, namun jangan sampai Anda melewatkan sarapan. Menghindari sarapan tidak hanya buruk untuk kesehatan saja, tapi juga dapat meningkatkan berat badan dengan mudah. Sebab jika kita melewatkan sarapan di pagi hari, kemungkinan besar di siang harinya Anda akan merasa lapar dan membuat Anda makan berlebihan hingga tak terkontrol.

Kunyah Makanan dengan Benar

Umumnya mengunyah makanan berguna untuk membantu organ pencernaan agar tidak bekerja lebih keras. Namun perlu diketahui mengunyah makanan sekitar 30 sampai 50 kali per suap juga dapat membatasi ukuran porsi makanan yang masuk ke dalam tubuh secara tak langsung. Oleh karena itu, pastikan Anda mengunyah makanan hingga makanan tersebut benar-benar halus dan mudah dicerna.

Lakukan Tugas Rumahan

Cara diet setelah melahirkan berikutnya adalah dengan melakukan tugas rumahan. Jika Anda tidak memiliki waktu berolahraga, melakukan tugas rumahan adalah pilihan yang tepat. Tugas rumahan seperti menggendong anak selama 40 menit, mencuci piring selama satu jam, memasak selama 55 menit, mengepel selama setengah jam hingga menyetrika ataupun berbelanja kebutuhan makanan selama 1 jam sangat efekfit untuk membakar sekitar 100 kalori.

Minumlah Air Sebelum Makan

Minum air sebelum makan mungkin terdengar sepele, namun cara ini merupakan cara paling efektif untuk menurunkan berat badan. Mengapa demikian? Sebab, dengan meminum air sebelum makan dapat membuat Anda tidak makan karena perut sudah kenyang oleh air. Sehingga kalori yang masuk dalam tubuh pun tak terlalu banyak. Jika rutin melakukan hal ini maka berat badan akan tetap stabil atau bahkan akan turun.

Hindari Makanan Berlemak dan Berkalori Tinggi

Saat berdiet kita memang harus menghindari makanan berlemak dan berkalori tinggi, jika memungkinkan Anda pun bisa melakukan hal ini dan sebaiknya pilihlah menu makanan pengganti yang lebih efektif, seperti makanan berprotein tinggi, produk susu rendah lemak, sayuran segar, buah-buahan dan biji-bijian.

Penelitian juga menunjukkan bahwa makanan dengan tinggi kalsium dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Beberapa jenis makanan ringan yang bisa dijadikan cemilan saat diet adalah salad, roti gandum, sereal gandum dengan susu tanpa lemak, roti gandum dengan selai kacang atau telur matang, apel, kacang almond, jus buah, dan aneka buah lainnya.

Baca juga mengenal penyebab dan cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan

Nah itulah beberapa cara diet setelah melahirkan agar kembali langsing dan seksi.

loading...