Cara Diet di Bulan Puasa Paling Praktis

By Categories : Tips

Cara diet di bulan puasa memang cukup mudah untuk dilakukan, namun akan menjadi sulit bagi seseorang yang tidak konsisten melakukannya. Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Diet merupakan cara yang paling populer agar mendapatkan tubuh yang ideal dan sesuai yang diinginkan. Banyak yang menganggap jika melakukan diet di bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat, ini karena Anda juga diwajibkan untuk berpuasa sehingga secara tidak langsung membantu program diet Anda.

Namun perlu Anda ketahui jika tidak sedikit pula orang yang gagal melakukan diet walaupun sedang berpuasa. Bahkan beberapa orang justru memiliki berat badan yang meningkat setelah puasa Ramadhan. Hal ini biasanya karena berbagai faktor seperti menu sahur dan buka puasa yang tidak sehat, cara makan yang kurang baik, kurang berolahraga, dan sebagainya.

Sebelum Anda memutuskan untuk memutuskan melakukan diet saat puasa, Anda harus memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuh. Memang tidak sedikit orang yang merasa khawatir karena melakukan diet di bulan puasa justru akan membuat badan menjadi lemas. Namun, anggapan tersebut tidaklah benar, cara diet di bulan puasa sebenarnya sama dengan melakukan diet pada umumnya.

Cara Diet di Bulan Puasa

Yang membedakan hanyalah masalah waktu makan. Di bulan puasa atau bulan Ramadhan asupan nutrisi masuk dalam tubuh yakni pada saat makan sahur dan buka puasa, atau antara waktu berbuka hingga sahur. Untuk itu waktu tersebut Anda harus memenuhi nutrisi dalam tubuh.

Cara Diet di Bulan Puasa dengan Mudah

Memiliki badan yang ideal merupakan keinginan semua orang. Dengan melakukan diet di bulan puasa Anda dapat mendapatkan bentuk badan yang diinginkan asalkan Anda melakukannya secara konsisten. Berikut beberapa tips diet sehat selama bulan puasa.

1. Atur Jadwal Makan

Mengatur jadwal makan ketika berpuasa merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Untuk waktu makan tetap di bagi menjadi 3 kali makan, seperti hari Anda di luar bulan puasa. Anda dapat menganggap jika makan sahur adalah makan pagi atau sarapan. Kemudian buka puasa adalah snack malam dan setelah sholat maghrib ataupun tarawih adalah menu makan malam. Waktu tersebut sangat baik untuk program diet dan dapat membantu pencernaan agar tidak kaget dengan asupan makanan yang masuk. Jika Anda terburu-buru ketika buka puasa justru akan mengganggu kesehatan pencernaan Anda.

baca juga : makanan yang harus dihindari ketika puasa

2. Penuhi Makanan Berkarbohidrat Kompleks

Cara diet di bulan puasa selanjutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan karbohidrat kompleks untuk tubuh. Pilihlah makanan yang berserat tinggi, seperti roti gandum, beras merah, buah-buahan, dan sayuran. Makanan dengan kandungan karbohidrat yang kompleks seperti beras merah selain dapat dicerna secara lama juga mampu memenuhi kebutuhan saat sahur. Dengan begitu kadar glukosa darah akan meningkat dan dapat membantu menjaga kestabilan tubuh. Selain itu, dengan makan makanan tinggi serat akan membantu menetralisir asam lambung yang meningkat ketika puasa dan mengurangi rasa sakit.

3. Kontrol Makanan Manis

Ketika bulan puasa tiba, makanan manis sangat melekat dalam menu buka puasa. Padahal jika Anda sedang menjalankan program diet hal tersebut perlu Anda hindari karena makanan manis akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Namun jika Anda tetap ingin mengonsumsi makanan manis, Anda dapat menggantinya dengan kurma ataupun buah-buahan lain.

Cara Diet di Bulan Puasa1

4. Hindari Makanan yang Digoreng

Gorangan merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami obesitas. Makanan yang satu ini memang sangat digemari masyarakat Indonesia. Agar program diet Anda lebih optimal sebaiknya Anda harus menghindari makan gorengan. Kandungan minyak pada gorengan juga tidak baik untuk kesehatan terutama masalah kolesterol dan asam urat.

5. Atur Cara Mengunyah Makanan

Ketika berbuka puasa ataupun sahur, Anda disarankan untuk makan perlahan dan mengunyah makanan dengan baik. Cara diet di bulan puasa ini memang sangat dianjurkan karena makanan yang tidak dikunyah dengan baik membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna dan dapat menimbulakan penimbunan di dalam perut.

Selain cara di atas, Anda juga harus tetap aktif seperti hari-hari biasanya. Anda juga diharuskan untuk tetap melakukan pada saat puasa, namun porsinya lebih dikurangi. Untuk malam hari Anda dapat berjalan selama 30 menit secara rutin. Hal ini cukup ideal untuk menjaga metabolisme dalam tubuh dan dapat membantu pikiran Anda menjadi lebih jernih. Untuk sore Hari Anda dapat melakukan jalan cepat atau bersepeda sebelum waktu berbuka puasa tiba. Dengan olahraga secara rutin akan membuat tubuh Anda menjadi tetap bugar dan kesehatan tubut terjaga.

baca juga : inilah menu diet sehat ketika berpuasa

Itulah beberapa cara diet di bulan puasa yang perlu Anda ketahui. Lakukan program diet tersebut secara konsisten agar Anda lebih cepat mendapatkan tubuh yang ideal.

Loading...