Cara Budidaya Ikan Bawal untuk Pemula

By Categories : Tips

Ikan bawal merupakan salah satu ikan yang memiliki cita rasa khas yang banyak digemari masyarakat. Ikan bawal biasa diolah dengan cara dibakar atau dibuat beberapa menu makanan. Ikan bawal tidak kalah dengan ikan lain dalam hal cita rasa. Tak heran jika ikan ini semakin meningkat dari waktu ke waktu. Di dalam budidaya ikan bawal tidak terlalu sulit, asalkan tekun dalam membudidayakannya. Untuk budidaya ikan bawal dibedakan menjadi 2 yakni kolam tanah dan kolam terpal. Nah bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana saja cara budidaya ikan bawal untuk pemula berikut adalah ulasannya.

Budidaya Ikan Bawal

Berikut Cara Budidaya Ikan Bawal untuk Pemula

Perhatikan Persiapan Kolam

Pada pembahasan kali ini menggunakan kolam tanah sebagai media untuk budidaya ikan bawal. Untuk kolam tanah Anda perlu menyesuaikan ukuran dengan kebutuhan. Untuk kolam standart ikan bawal memiliki ukuran 5 x 10 meter dengan memiliki kedalaman sekitar 2 meter. Ketika kolam sudah siap, sebaiknya dibiarkan terlebih dahulu kering. Hal ini berguna untuk bakteri, kuman, dan sejenisnya yang ada di tanah mati. Hama tersebut dapat menjadi permasalahan pada keberhasilan dari budidaya ikan bawal. Jangan lupa berikan kompos pada tanah dengan cara menyebarkan secara rata dengan ketebalan kurang lebih 30 cm dan diamkan terlebih dahulu selama 3 hari.

Proses Pemupukan

Cara budidaya ikan bawal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah proses pemupukan. Proses pemupukan bertujuan untuk menstabilkan zat asam yang ada di tanah. Di samping itu juga berguna untuk makanan sang ikan seperti plankton ataupun kutu air. Untuk penaburan proses pemupukan sebaiknya dilakukan sesuai dengan ukuran kolam. Selain menggunakan kompos, Anda juga bisa menggunakan pupuk kapur ataupun pupuk urea.

Proses Pengisian Air Kolam

Untuk berikutnya adalah proses pengisian air kolam. Untuk pengisian air kolam sebaiknya ketinggian air pada kisaran angka 50 sampai 70cm. Hal ini berguna agar kadar ph dan tingkat keasaman di dalam kolam stabil. Diamkan terlebih dahulu air kolam sampai menyusut. Setelah itu barulah tambahkan air lagi dan diamkan selama kurang lebih 15 menit supaya fitoplankton serta kutu di dalam air dapat berkembang biak yang menjadi makanan untuk bibit ikan bawal.

Penebaran Bibit Ikan Bawal

Cara budidaya ikan bawal berikutnya adalah penebaran bibit ikan. Untuk penebaran bibit ikan bawal sebaiknya dilakukan pada pagi atau malam hari. Taburkan bibit ikan bawal ke dalam ember dengan menggunakan air kolam terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kolam. Perlu diingat diamkan terlebih dahulu bibit ikan bawal selama kurang lebih 30 menit di dalam ember agar terbiasa. Selama 2 sampai 3 hari bibit ikan bawal jangan diberikan makanan utama seperti pellet, karena di dalam kolam terdapat kutu air ataupun plankton yang telah disiapkan.

Pemberian Pakan

Untuk pemberian pakan sebaiknya menggunakan pellet ikan 781-2 SP yang telah disesuaikan dengan usia dari sang ikan. Untuk pakan yang diberikan sebaiknya mengandung karbohidrat sebanyak 30 persen, protein 30 persen, dan lemak 20 persen. Pemberian makan ikan bawal pada masa pertumbuhan sebaiknya dilakukan pada siang, sore, dan malam hari.

Nah itulah tadi beberapa cara budidaya ikan bawal untuk pemula. Perlu diingat bahwa kebersihan kolam perlu dijaga serta pemberian vitamin untuk ikan. Untuk proses panen biasanya ikan bawal siap dipanen pada usia 4 sampai dengan 6 bulan. Baca juga artikel mengenai Tips memancing ikan bandeng.

Loading...
terms: budidaya bawal dngn ember, budidaya ikan bawal dlm ember