Cara Bermain Catur untuk Pemula

By Categories : Umum

Catur merupakan permainan yang cukup populer dikalangan masyarakat. Dalam permainannya catur memerlukan strategi khusus untuk mengalahkan lawan dalam arti harus pandai dalam beradu strategi. Permainan yang mampu mengasah otak ini bukanlah permainan yang mudah. Untuk menguasai permainan catur seseorang harus rajin berlatih memahami strategi yang ada.

Tidak hanya dijadikan sebagai permaianan saja, tetapi catur diperlombakan sampai tingkat dunia. Olahraga untuk mengasah otak ini memang menantang dan membutuhkan ketelitian dan konsentrasi tinggi dalam permainannya. Oleh sebab itu banyak pula orang yang tidak bisa bermain catur. Nah bagi Anda pemula yang masih bingung mengenai bagaimana bermain catur, berikut ini adalah beberapa cara bermain catur untuk pemula!

Cara Bermain Catur untuk Pemula

Cara Bermain Catur untuk Pemula

Hal ini yang perlu diketahui pertama kali bagi Anda yang ingin bermain catur. Terdapat beberapa bidak dalam permainan catur serta langkah yang bisa dilakukan diantaranya seperti.

1. Pion atau prajurit : dalam permainan catur dapat melangkah ke depan satu atau dua kotak, tetapi setelah itu hanya boleh melangkah satu kali saja. Yang perlu diingat adalah pion hanya boleh menyerang dengan posisi diagonal dengan lawan, dan tidak bisa melangkah mundur. Dalam arti pion tidak bisa mundur dalam keadaan apapun. Adapun jumlah pion sebanyak 8biji. Baca juga Aplikasi untuk Edit Foto di Android

2. Benteng(Rook) : Bentuk dari benteng seperti istana dan letaknya paling pinggir di belakang pion. Jumlah benteng hanya dua, langkah dari benteng dapat bergerak secara horizontal atau juga vertical dengan jarak yang sangat jauh sekalipun. Benteng dapat menyerang apa saja selama masih dilintasannya.

3. Kuda(Knight) : Kuda dilambangkan seperti kuda, dalam permainan catur kuda dapat berjalan dengan langkah yang berbentuk “L” yang terdiri dari dua kotak hitam horizontal, dan dua kotak putih vertical begitu juga sebaliknya. Kuda merupakan satu-satunya pasukan yang bisa melangkahi bidak lain, dan menyerang dengan posisi sesuai langkahnya yaitu “L”.

4. Menteri : Menteri terletak di sebelah dari kuda, urutan ketiga dari kiri atau kanan. Menteri mampu berjalan secara diagonal tanpa batas. Menteri terdiri dari dua biji dengan tugas yang berbeda yaitu menteri pertama dapat berjalan secara diagonal dalam kotak yang berwarna hitam saja, sedangkan untuk menteri yang satu hanya berjalan di kotak putih secara diagonal tanpa batas.

5. Ratu(Queen) : Ratu merupakan yang paling berkuasa diantara bidak lainnya. Ratu dapat berjalan ke mana saja tanpa ada batasan, kecuali cara berjalan dari kuda yaitu “L”. Oleh sebab itu kuda merupakan salah satu bidak khusus dengan penuh strategi. Ratu dapat berjalan secara horizontal, vertical, atau juga diagonal.

6. Raja(King) : Ini yang menjadi penentu permainan dalam permainan catur, jika raja sudah tidak bergerak dan dalam keadaan skakmat maka permainan akan selesai dan nyitakan kalah bagi yang terkena skakmat. Oleh sebab itu raja harus dilindungi sebaik mungkin dengan bidak lainnya yang tentunya memerlukan strategi. Cara berjalan raja dapat ke mana saja, tetapi hanya satu kotak saja hitam dan juga putih.

Nah itulah tadi beberapa cara bermain catur untuk pemula, yang perlu diingat adalah yang berjalan terlebih dahulu pada awal pertandingan adalah bidak yang berawarna putih. Setelah mengetahui cara berjalan, maka Anda tinggal mengembangkan permainan dengan sering berlatih dan menyusun strategi. Baca juga artikel Manfaat Belerang bagi Kulit

Loading...
terms: cara bermain catur, gambar catur, posisi catur, cara bermain catur pemula, permainan catur, main catur, jalan ratu di catur, jalan ratu dalam catur, gambar posisi catur, eara main gunting pion pada catur, cara pemula bermain catur, poto catur kuda