Cara Ampuh Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

By Categories : Tips

Siapa yang tidak senang jika bertemu dengan bulan Ramadhan? Setiap umat muslim di seluruh dunia pastinya sangat senang dan menunggu datangnya bulan suci ini. Namun masalah yang sering dijumpai saat berpuasa adalah bau mulut. Hal tersebut tentunya dapat membuat seseorang menjadi tak percaya diri saat berbicara atau berhadapan dengan orang lain.

cara mengatasi bau mulut saat berpuasa

Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Ampuh

Minum Air Putih

Cara mengatasi bau mulut yang pertama adalah dengan minum air putih. Seperti yang Anda ketahui, air putih memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Maka dari itu, mulailah untuk mengonsumsi air putih 8 hingga 9 gelas atau 2 liter ketika sahur dan berbuka puasa untuk meningkatkan saliva atau air liur di dalam mulut. Volume air liur yang terjaga dapat menjaga kebersihan mulut dan membantu mencegah bau mulut di siang hari. Selain dapat mencegah bau mulut, minum air putih juga dapat menghidarkan tubuh dari dehidrasi.

Utamakan Sikat Gigi

Pastikan Anda menggosok gigi seperti biasanya setelah berbuka puasa dan makan sahur. Hal ini bertujuan agar tidak ada sisa-sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut. Karena salah satu penyebab bau mulut adalah bakteri yang dapat mengubah sisa makanan menjadi gas sulfur yang dapat membuat bau mulut tak terhindarkan.

Mengonsumsi Teh Hijau

Cara mengatasi bau mulut saat berpuasa selanjutnya adalah mengonsumsi teh hijau saat sahur dan berbuka puasa. Kandungan catechin pada teh hijau bermanfaat untuk mengurangi gula pada plak serta membunuh bakteri penyebab bau mulut. Anda dapat mencoba teh bunga lavender. Teh tersebut sudah terpercaya dapat membunuh dan mengendalikan bakteri penyebab bau mulut.

Hindari Merokok

Selama berpuasa sebaiknya Anda menghindari merokok. Ini dikarenakan selain memperburuk kesehatan, rokok juga dapat memperburuk kebersihan gigi dan mulut. Tak hanya itu, rokok juga dapat membuat aroma mulut menjadi tak sedap. Banyak tips berhenti merokok  yang bisa Anda coba dari sekarang. Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan penyebab bau mulut seperti, jengkol, petai, durian serta makanan yang memiliki aroma tak enak.

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan bau mulut antara lain.

Penyebab Bau Mulut yang Harus Anda Ketahui

Bakteri

Bakteri merupakan penyebab utama dari bau mulut. Hal ini dikarenakan bakteri dapat mengubah sisa makanan menjagi gas sulfur yang menyebabkan bau mulut.

Dalam Tubuh Sendiri

Tahukah Anda bahwa dalam tubuh seseorang dapat menyebabkan bau mulut. Namun tidak semua orang seperti ini. hanya seseorang yang mengidap penyakit seperti maag atau diabetes yang dapat menyebabkan bau mulut datang dari dalam tubuh.

Saliva Berkurang

Ketika kita makan sesuatu mulut akan memproduksi saliva untuk membantu mengunyahnya. Sedangkan saat kita berpuasa produksi saliva akan berkurang. Sehingga hal inilah yang dapat membuat bau mulut tak sedap.

Demikianlah ulasan tentang cara mengatasi bau mulut saat berpuasa  lengkap dengan penyebabnya yang dapat Anda coba.