Cara Ampuh dan Efektif Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil

By Categories : Tips

Perut gatal saat hamil memang menjadi salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Meskipun sangat wajar dan tidak bahaya, namun kondisi ini tentu saja sangat menganggu. Bagi Anda yang sedang mengalami masalah ini, simak saja ulasan berikut ini untuk mengetahui cara terbaik mengatasinya.

Perlu diketahui bahwa gatal di daerah perut saat hamil adalah hal umum yang sering dialami oleh ibu hamil. Keluhan gatal ini biasanya terjadi saat usia kandungan memasuki trimester ketiga. Sebab pada saat trimester akhir perut calon ibu sedang besar-besarnya, sehingga kulit perut meregang maksimal dan hal ini akan menimbulkan rasa gatal pada ibu. Selain itu, penyebab utama dari kondisi ini adalah adanya perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh .

Umumnya kondisi tersebut tidak membutuhkan obat dan perawatan khusus untuk mengatasinya, Karena rasa gatal yang diderita pun cukup ringan dan wajar. Namun sekitar 1 persen ibu hamil akan mengalami rasa gatal tersebut disertai dengan benjolan merah dan ruam di atas perutnya. Kondisi ini disebut dengan pruritic urticarial papules and plaques of pregnancy (PUPPP).

Kondisi tersebut umumnya dialami oleh calon ibu yang mengandung bayi pertama atau bayi kembar. Rasa gatal tersebut awalnya akan muncul di perut dan bisa menyebar ke paha, bokong dan lengan. Kondisi ini juga tidak berbahaya bagi janin ataupun ibu, tapi gatal yang muncul akan sangat menganggu. Jika Anda mengalami kondisi gatal yang seperti ini sebaiknya segera hubungi terdekat untuk meresepkan salep gatal.

Lantas bagaimana jika gatal yang dialami ringan dan tidak menimbulkan ruam? Nah berikut cara terbaik untuk mengatasinya.cara mengatasi perut gatal saat hamil

Cara Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil yang Benar dan Tepat

Gunakan Pakaian Longgar dari Bahan Katun

Yang pertama adalag gunakan pakaian longgar berbahan katun. Biasanya rasa gatal akan diperburuk oleh cuaca yang panas. Oleh karena itu, pastikan Anda mengenakan pakaian yang bisa menyerap keringat.

Tak hanya itu saja, sebaiknya Anda pun menghindari keluar rumah saat udara panas, terutama ketika tengah hari. Jika memang harus ke luar rumah, Anda bisa menyiasatinya dengan membawa kipas kecil agar tubuh tetap dingin dan sejuk.

Baca juga daftar makanan sehat buat ibu hamil tiap trimester paling lengkap

Mandi dengan Sabun Ber Ph Rendah

Yang kedua adalah mandi dengan sabun yang memiliki pH rendah. Salah satu sabun mandi yang ringan kandungan kimiawinya adalah sabun bayi. Selain memiliki pH rendah, sabun ini juga tidak mengandung detergen ataupun pewangi.

Jika dibandingkan dengan sabun lainnya, sabun ini juga memiliki kadar pH  yang seimbang bagi kulit. Anda juga sebaiknya menghindari mandi dengan menggunakan air hangat, karena akan semakin membuat kulit gatal-gatal dan kering.

Berendam dan Mandi dengan Oatmeal

Tak hanya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Oatmeal ternyata dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah ini. Menurut American Academy of Dermatology, oatmeal diketahui memiliki kemampuan untuk menormalkan pH  kulit.

Selain itu, oatmeal juga mengandung tembaga, selenium, zat besi dan niasin yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Ketika akan mandi, tak ada salahnya untuk menaburkan beberapa sendok oatmeal ke dalam bak mandi. Rendamlah tubuh selama beberapa menit agar nutrisi yang terkandung dapat terserap dalam kulit. cara ini terbukti ampuh untuk mengatasi perut gatal saat hamil

Gunakan Bahan Alami

Cara selanjutnya untuk menghilangkan rasa gatal pada perut saat hamil adalah dengan menggunakan bahan alami seperti minyak zaitun. Selain dapat mengatasi masalah ini, kandungan senyawa baik dalam minyak alami juga dapat melembutkan kulit perut serta menghilangkan stretch mark yang ada di perut.

Jangan Menggaruknya

Hal terpenting yang harus diketahui oleh calon ibu adalah jangan menggaruk bagian yang gatal dengan menggunakan kuku. Menggaruk justru tidak mengurangi rasa gatal, akan tetapi malah membuat stretch mark bertambah besar dan dapat mengiritasi kulit. Jika muncul gatal, calon ibu cukup mengusap-usap saja bagian perut yang gatal.

Oleskan Lotion Khusus

Berikutnya adalah dengan mengoleskan lotion khusus. Lotion yang Anda gunakan dapat melembabkan kulit dan menghindarinya dari kekeringan. Sebaiknya pilihlah lotion atau pelembab tanpa pewangi dan tanpa alkohol, menggunakan pelembab kulit yang mengandung alkohol justru dapat berpotensi membuat kulit semakin kering dan memicu gatal pada pada perut.

Kompres Es Batu

Jika rasa gatal yang Anda alami tak tertahankan, ingat jangan menggarukknya. Selain mengusap-usapnya Anda bisa mengompres bagian yang gatal dengan menggunakan es batu. Sensasi dingin yang ditimbulkan dapat meringankan rasa gatal yang Anda alami.

Baca juga gerakan senam ibu hamil untuk melancarkan persalinan

Nah itulah beberapa cara terbaik untuk mengatasi perut gatal saat hamil.

terms: cara ampuh mengatasi gatal di perut saat hamil