Cara Agar Anak Mau Makan Sayur dan Buah

By Categories : Makanan

Buah dan sayuran menjadi sumber makanan dasar untuk memenuhi nutrisi bagi tubuh. Sayuran kerap menjadi permasalahan bagi anak, mengingat kebanyakan anak kurang menyukai sayuran. Sebagai orang tua penting halnya untuk membiasakan mengonsumsi sayuran sejak dini, agar sang anak mulai terbiasa untuk mengonsumsinya ketika mereka dewasa. Orang tua dapat melakukan berbagai cara untuk membujuk sang anak agar mau mengonsumsi sayuran. Terdapat berbagai tips dan cara untuk membujuk anak dalam mengonsumsi sayuran. Nah bagi Anda yang kebetulan sedang mencai informasi mengenai cara tersebut, di bawah ini terdapat beberapa cara agar anak mau makan sayur yang bisa Anda coba di rumah.

Berikut Cara Agar Anak Mau Makan Sayur

  • Mengajak Anak untuk Memilih Sayur dan Buah secara Langsung
    Cara agar anak mau makan sayur yang pertama adalah dengan mengajak sang anak untuk memilih sayur ataupun buah secara langsung. Dengan cara kreatif yang diberikan orang tua ini akan membuat anak mengetahui betapa pentingnya mengonsumsi kedua sumber makanan tersebut. Untuk melakukan cara ini orang tua perlu mengajak sang anak bepergian ke tempat tertentu seperti pada daerah pegunungan. Selain membuat anak tertarik mengonsumsi buah dan sayur, cara ini juga masuk ke dalam wisata alam.Cara Agar Anak Mau Makan Sayur dan Buah
  • Menyediakan Sayur dan Buah Setiap Harinya
    Cara berikutnya adalah dengan menyediakan sayur dan buah setiap harinya. Selain cara di atas, Anda sebagai orang tua juga dapat melakukan dengan cara yang satu ini. Usahakan menyediakan buah dan sayur setiap harinya untuk anak. Dengan begitu anak akan terbiasa mengonsumsi buah dan sayur. Namun perlu diketahui untuk menghindarkan rasa bosan, sebaiknya menu makanan tetap diberikan variasi dengan lauk lainnya.
  • Memperkenalkan Sayuran dan Buah Melalui Cerita
    Cara yang ketiga adalah dengan memperkenalkan sayur dan buah melalui cerita. Biasanya untuk anak kecil akan lebih tertarik dengan namanya cerita. Untuk membuat anak tertarik dalam makan sayur dan buah, Anda sebagai orang tua bisa memperkenalkan kedua sumber makanan tersebut dengan diiringi cerita yang menarik. Dengan pengaruh cerita positif akan menarik anak agar mau untuk mengonsumsinya.
  • Memberikan Hadiah ada Sang Anak
    Hadiah juga dapat diberikan kepada anak, ketika mereka mau makan sayur dan buah. Namun perlu diketahui bahwa hadiah yang diberikan sebaiknya tidak berupa uang apalagi membohonginya. Hadiah yang diberikan kepada anak dapat berupa jalan-jalan ke tempat bersejarah maupun jalan-jalan ke tempat wisata alam yang bermanfaat bagi anak.
  • Jelaskan Manfaat Sayur dan Buah secara Sederhana kepada Anak
    Cara yang kelima atau yang terakhir adalah dengan menjelaskan manfaat atau khasiat yang dimiliki dari sayur dan buah kepada anak. Untuk menjelaskan tidak perlu panjang lebar melainkan dengan kata-kata sederhana yang kiranya mudah dimengerti oleh sang anak di usianya tersebut. Jangan ragu juga ikut mengonsumsi buah dan sayuran di depan anak.

Nah itulah tadi beberapa cara agar anak mau makan sayur dan buah yang bisa Anda ajarkan kepada anak yang biasa susah jika disuruh mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Baca juga artikel mengenai Makanan yang mengandung magnesium.