Bumbu Tempe Goreng Mudah dan Lezat

By Categories : Makanan

Bumbu tempe goreng mudah dan lezat sudah tentu akan menjadi pilihan utama kita jika kita ingin memasak tempe goreng. Sebenarnya di era serba modern ini, banyak sekali bumbu siap saji yang bisa digunakan untuk menggoreng tempe. Rasa yang akan dihasilkan juga sangat khas dan begitu renyah. Namun sayangnya, semua bumbu yang disajikan tentu saja memiliki dampak negatif yang akan menyerang tubuh kita. Mulai dari kandungan MSG, bahan pengawet lainnya dan masih banyak lagi. Namun kebiasaan masyarakat kita yang cenderung ingin segera selesai memasak dengan kualitas rasa yang sudah tidak diragukan lagi, membuat bumbu instan selalu menjadi teman setia para ibu-ibu.

Bumbu tempe goreng nikmat

Inilah Bumbu Tempe Goreng Mudah dan Lezat

Bumbu instant yang ada di pasaran juga banyak yang ditujukan untuk tempe goreng. Padahal jika kita cara membuat bumbu tempe goreng, alangkah baiknya kita membuat sendiri di rumah. Berikut salah satu contoh resep sederhana bumbu tempe goreng rasa bawang.

Bumbu dan Bahan :

  • Tempe 300 gram, iris sesuai selera, di kerat-kerat agar bumbu bisa meresap
  • 3 siung Bawang putih
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok teh ketumbar
  • Air untuk melarutkan bumbu

Cara memasak :

  • Haluskan bawang, ketumbar dan garam, kemudian tambahkan air. Celupkan tempe satu persatu ke dalam air bumbu tersebut, kemudian goreng hingga coklat matang.
  • Beberapa resep menggunakan bawang merah sebagai bumbu tambahan, anda bisa menambahkannya jika suka tetapi untuk mendapatkan tempe yang renyah sebaiknya tidak menggunakan bawang merah

Demikian cara membuat tempe goreng yang sangat praktis dan mudah. Selain cara pembuatannya tergolong instan, namun jangan salah, rasa yang dihasilkan begitu juara. Hal yang paling berpengaruh pada rasa tempe goreng adalah kualitas tempe itu sendiri.

Cara memilih tempe dengan kualitas bagus

  • Tekstur tempe seragam
  • Berbau yang khas kedelai dan dilapisi dengan jamur tempe berwarna putih
  • warnanya kuning keputih-putihan khas kedelai yang difermentasi. Waspadai warna yang terlalu mencolok (pewarna tambahan) ataupun terlalu suram (akan rusak)
  • Saat di pegang tidak terlalu panas, jika terlalu panas berarti sedang terjadi fermentasi yang berlebihan yang membuatnya cepat busuk
  • Saat diiris tempe tidak mudah hancur, dengan warna yang normal. Tempe yang bagus saat digoreng akan menghasilkan tekstur yang halus dengan aroma sedap

Aroma gurih dan lezat yang dihasilkan oleh bawang putih dan ketumbar seperti pada resep diatas membuat tempe goreng khas rumahan ini begitu sedap untuk segera disantap. Sebenarnya masih banyak resep lain untuk tempe goreng yang praktis namun lezat, sayangnya di jaman modern ini banyak sekali anggapan bahwa selain bumbu instan yang sudah disediakan di pasaran, hal lainnya adalah sulit. Untuk itu kita jika ingin hidup jauh lebih sehat, harus menyingkirkan pola pikir yang salah tersebut.

Bumbu tempe goreng mudah dan lezat sangat banyak sekali bertebaran di media online. Jika anda sedang tidak sibuk, sebaiknya luangkan waktu untuk menjelajahi dunia online agar pengetahuan tentang masak memasak semakin meningkat. Jika anda rutin dan konsisten tidak mau menggunakan bumbu instan, hidup yang jauh lebih berkualitas tentu akan selalu berada di dalam tangan anda. Lebih mencegah daripada mengobati, pedoman itulah yang patut kita ingat pada saat memasak makanan bagi keluarga tercinta. Tentu anda ingin menyajikan yang terbaik bagi keluarga bukan.

Nah, makanan yang lezat, mudah dibuat namun menyehatkan tentu sulit kita dapat jika kita terus bergantung pada bumbu instan. Solusinya tentu dari diri kita sendiri, dengan membuat bumbu racikan sendiri, yang rasa dan kebutuhan bisa kita sesuaikan berdasarkan kebutuhan. Selain lezat dan sehat, tempe sendiri merupakan suatu makanan yang kaya akan nutrisi, dan yang utama protein nabati yang dibutuhkan oleh tubuh. Tempe yang berbahan dasar kedelai ini ternyata selain protein juga memiliki kandungan berbagai vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

terms: bumbu tempe goreng biasa, cara membuat tempe goreng sederhana, tempe goreng