Bumbu Ayam Bakar yang Gurih dan Lezat

By Categories : Makanan

Bumbu ayam bakar yang gurih dan lezat tentu sangat dicari oleh anda terutama para pecinta kuliner yang ingin merasakan menu ayam bakar yang berbeda. Membuat ayam bakar memang terlihat susah, apalagi baying-bayang bumbu yang harus disiapkan yang susah setengah mati tentu akan menyurutkan nyali kita jauh sebelum mencoba. Warung-warung yang tersebar diseluruh penjuru jalanan banyak yang menawarkan ayam bakar dengan cita rasa juara sudah tentu menjadi pilihan kita yang biasanya tidak mau bersusah-susah ria. Namun siapa sangka, bumbu ayam bakar yang lezat ternyata sangat mudah untuk dibuat. Ikuti langkah berikut untuk mendapat ayam bakar dengan rasa yang juara.

ayam bakar kecap enak

Bahan yang dibutuhkan:
1 ekor ayam, potong potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan
2 sdm air jeruk nipis
2 sdt garam
2 sdm goreng
750 ml air
2 ruas lengkuas yang dimemarkan
2 batang serai yang dimemarkan
2 lembar daun jeruk
2 ruas jahe

Bumbu Ayam Bakar yang dihaluskan:
3 buah cabe merah besar
6 buah cabe rawit merah
8 siung bawang merah
5 butir bawang putih
5 buah kemiri yang disangrai
3 ruas kunyit
Garam secukupnya

Bahan Untuk mengolesi ayam saat dibakar:
2 sdm margarine yang dilelehkan
7 sdm kecap manis
Campurkan kedua bahan di atas, dan aduk rata, sisihkan hingga tiba saat mengolesi ayam nanti.

Cara memasak:

  • Bersihkan ayam hingga benar-benar bersih, letakkan ke dalam wadah dan lumuri dengan jeruk nipis serta garam, kemudian sisihkan selama 15 menit. Setelah cuci bersih sekali lagi hingga semua residu terbawa air.
  • Campur semua bumbu halus dengan minyak goreng, kemudian lanjutkan dengan melumurkan seluruh campuran bumbu tersebut ke ayam yang sudah di bersihkan tadi. Diamkan selama 30 menit hingga seluruh bumbu terserap dengan sempurna.
  • Masak ayam yang dibumbui tadi dengan air, lengkuas, serai, daun jeruk dan jahe hingga matang. Kemudian angkat dan tiriskan.
  • Siapkan panggangan untuk memanggang ayam.
  • Lumuri seluruh bagian ayam dengan campuran kecap dan mentega tadi. Panggang hingga matang sempurna.

Ayam bakar yang sudah matang tersebut akan jauh lebih nikmat jika anda sajikan bersama dengan berbagai jenis lalapan yang membuat anda menjadi jauh lebih berselera. Ayam bakar ini cukup praktis untuk dibuat dan bisa disajikan pula sebagai menu spesial tatkala anda sedang memiliki acara penting di rumah. Bumbu ayam bakar yang gurih dan lezat sungguh mudah untuk dipraktekkan bukan. Jika anda sukses dalam mengolah masakan ini dengan sempurna, anda juga bisa memanfaatkannya sebagai modal usaha dalam melakukan bisnis kuliner. Bisnis kuliner di negara kita memang seakan tidak ada habisnya. Masyarakat seakan tidak pernah puas dalam mencoba menu masakan masakan yang dinilai berbeda dan mampu menggugah selera, salah satunya adalah ayam bakar. Selain relative mudah dimasak. Rasanya pun sudah pasti mantap.

Loading...