Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

By Categories : Wanita

Kehamilan merupakan kondisi di mana seorang ibu dituntut teliti dalam mengonsumsi makanan. Karena salah memilih makanan saja ini akan berdampak negatif bagi kesehatan sang ibu dan juga janin yang dikandungnya. Salah satu makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil adalah buah-buahan. Kandungan nutrisi dan juga vitamin pada buah-buahan akan dapat membantu ibu hamil untuk memenuhi asupan vitamin dalam setiap harinya. Baca juga resep masakan untuk ibu hamil.

Namun tidak semua buah-buahan dapat dikonsumsi ibu hamil. Di antaranya adalah sebagai berikut : buah nanas, buah yang tidak dicuci dan juga buah yang masih mentah atau setengah matang. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang buah yang baik untuk ibu hamil. Apa saja buah-buahan tersebut? Berikut penjelasannya!

buah untuk ibu hamil

Buah terbaik untuk wanita hamil

Buah Alpukat

Buah yang pertama adalah buah alpukat. Tak hanya bermanfaat untuk kecantikan kulit saja, buah alpukat juga berguna untuk menjaga kesehatan pada ibu hamil dan juga janinnya. Hal ini dikarenakan buah alpukat kaya akan vitamin seperti vitamin B komplek, kalium dan juga asam folat. Seperti yang Anda ketahui asam folat memiliki peran penting dalam membantu perkembangan tulang belakang dan otak janin. Sehingga ini akan memperkecil resiko bayi lahir cacat dan juga kelahiran prematur. Tak hanya itu, kandungan vitamin B kompleks pada buah alpukat juga bermanfaat untuk mengatasi morning sickness atau mual dan muntah selama kehamilan.

Buah Anggur

Buah terbaik bagi ibu hamil yang kedua adalah buah anggur. Kandungan antioksidan pada buah anggur bermanfaat untuk menangkal radikal bebas salah satunya adalah menangkal sel kanker. Tak hanya itu anggur juga mengandung senyawa resveratol dan polifenol yang bermanfaat untuk melancarkan metabolisme tubuh dengan cara memberikan asupan zat besi untuk meningkatkan kadar Hb dalam tubuh.

Buah Manggis

Untuk meningkatkan keelastisitas kulit Anda dapat mengonsumsi buah manggis karena pada saat hamil tentunya ini akan membuat perut semakin membesar karena pertumbuhan janin setiap harinya. Selain itu, buah manggis juga mengandung mangan dan asam folat. Asam folat bermanfaat untuk menurunkan resiko bayi lahir prematur dan lahir cacat. Sedangkan mangan pada buah manggis bermanfaat untuk membentuk kerangkan janin, tulang rawan dan melindungi Anda dan janin dari radikal bebas.

Buah Naga

Siapa yang tidak mengetahui buah yang satu ini? Buah naga merupakan salah satu buah yang memiliki varian warna mulai dari putih, ungu dan juga merah. Kandungan vitamin pada buah naga memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil salah satunya yaitu untuk sumber energi, mengurangi resiko cacat pada bayi, melancarkan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi anemia dan membantu pembentukan tulang dan juga gigi.

Buah Cheri

Buah yang satu ini memang cukup familiar. Dan perlu Anda ketahui jika buah cheri memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. manfaat tersebut adalah mampu menenangkan syaraf karena aliran darah ke otak menjadi lancar, dapat mencegah kanker, mencegah penuaan dini, serta anti peradangan.

Buah Kurma

Buah yang baik untuk ibu hamil selanjutnya adalah kurma. Buah ini memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah dapat memperkuat dinding rahim serta mengatasi kram yang kerap terjadi pada ibu hamil. Buah kurma mengandung banyak gizi seperti zat besi, kalium, vitamin B kompleks, dan kandungan gula hingga 70 %.

Buah Apel

Buah yang satu ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini karena apel mengandung banyak nutrisi . Nutrisi yang terkandung pada buah apel dapat membantu perkembangan janin pada ibu hamil. Selain itu, buah ini juga dapat membantu mengatasi diare dan sembelit.

Buah Mangga

Buah mangga dapat dijumpai dengan mudah di pasar tradisional atau supermarket. Selain memiliki aroma yang harum, buah ini juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Buah mangga mampu memperlancar proses pencernaan karena mengandung banyak serat alami. Selain itu, buah mangga juga mengandung vitamin C dan vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Buah mangga juga baik untuk mengatasi morning sickness dan sulit BAB yang dialami ibu hamil.

Buah Strawbery

Buah yang satu ini mengandung banyak vitamin, magnesium, dan omega-3. Bauh strawbery sangat bagus dikonsumsi ibu hamil karena dapat sebagai penambah nafsu makan. Selain itu, buah ini juga dapat mencegah anemia pada ibu hamil karena mengandung zat besi. Bagi ibu hamil yang tidak menginginkan berat badan berlebih, maka mengonsumsi buah strawbery adalah sesuatu yang tepat. Para peneliti juga mengungkapkan jika buah strawbery  juga mampu mencegah terjadinya kelahiran prematur serta resiko kelainan jantung pada ibu hamil.

Itulah macam-macam buah yang baik untuk ibu hamil. Baca juga artikel lainnya ciri-ciri hamil anak perempuan.