Biografi Valentino Rossi, Sang Legenda MotoGP

By Categories : Entertainment

Biografi Valentino Rossi tentu banyak dicari oleh para pecinta MotoGP di seluruh dunia. Bukan tanpa alasan karena ia merupakan salah satu legenda MotoGP yang sudah mengoleksi banyak gelar juara. Valentino Rossi merupakan pembalap kejuaraan granpriz motor dunia saat ini. Ia juga adalah dari seorang mantan pembalap GP 250 cc yang pernah meraih juara III di kejuaraan dunia balap motor di Morbidelli, bernama Graziano Rossi.

Valentino Rossi adalah pembalap yang sudah menjuarai gelar juara dunia dari empat kelas yang berbeda secara berturut-turut, yakni satu kali juara GP 125 cc, satu kali juara GP 250 cc, dan tujuh kali juara dunia kelas 500 cc dan MotoGP.

Rossi lahir di Urbino, Italia pada tanggal 16 Februari 1979. Ia memang dilahirkan di lingkungan pembalap. Sang ayah merupakan pembalap besar di tahun 70n sehingga atmosfer balap sangat terasa sejak Rossi masih kecil. Semasa kecil ia memang sudah menyukai dunia balap. Menurut buku Biografi Valentino Rossi yang beredar, di usia yang terbilang sangat muda ia sudah belajar bermain motor balap sungguhan di tengah paddock pembalap ternama seperti Loris Reggiani dan Luca Cadalora. Bahkan pada tahun 1985, ketika Rossi berusia 6 tahun ia sudah mengikuti kejuaraan Gokart di Urbino.

Biografi Valentino Rossi

Selain mencintai dunia balap, ia juga menggemari dunia sepak bola. Klub Italia yang Rossi sukai adalah Inter Milan. Bahkan ia sering menonton langsung saat tim kesayangannya bertanding. Ia juga dikenal akrab berteman dengan para pemain Inter Milan, salah satunya adalah Marco Materazzi. Ketika memenangi GP Jerman tahun 2006 ia merayakannya dengan menggunakan kaos milik Materazzi.

Perjalanan Karir Valentino Rossi

Valentino Rossi memulai karirnya di MotoGP pada tahun 1996 dan bergabung bersama team Scuderia AGC Aprilia dalam kelas 125 cc. Di tahun pertamanya ia langsung meraih gelar juara dunia untuk kelas tersebut. Di tahun berikutnya Rossi naik ke kelas 250 cc dan mendapat gelar juara dunia ke dua dengan torehan 12 kali naik podium dari 16 balapan yang diikuti.

Kemudian di tahun 2000 ia naik kelas dari 250 cc ke 500 cc dan memutuskan untuk pindah ke Honda NSR. Di tahun perdananya ia mengakhiri musim sebagai runner up di bawah Kenny Robert. Setelah itu pada tahun 2001 Rossi baru meraih gelar juara di kelas utama dan merupakan gelar ke tiganya di dunia balap. Pada tahun 2002 Rossi semakin berkembang setelah naik ke kelas MotoGP. Dengan tingkat persaingan yang cukup tinggi, ia kemudian meraih gelar juara dunia bersama RC211V dari tim Repsol Honda.

Tahun berikutnya, tepatnya 2003 ia juga kembali meraih gelar juara dunia bersama tim dan motor yang sama dengan meraih 9 kemenangan dan 16 kali naik podium. Pada tahun 2004 Rossi memutuskan untuk pindah ke tim Yamaha dengan motor Yamaha YZR-M1. Banyak pengamat yang mengatakan jika Rossi akan sulit untuk mempertahankan gelar juara dunia setelah keluar dari tim Honda. Namun di seri pertamanya dengan tim Yamaha Rossi menjawab pandangan pesimis tersebut dengan menjadi merebut gelar juara dunia setelah bersaing ketat dengan Max Biaggi yang mengendarai Honda. Ini juga berlanjut pada tahun 2005 dan menjadikan Rossi sebagai pembalap pertama Yamaha yang paling banyak memenangkan gelar juara.

Pada 2006 Rossi gagal mempertahankan gelar juara dan hanya menjadi runner up. Setelah itu ia memutuskan bergabung dengan Fiat Yamaha, dan di musim perdananya ia hanya mampu finis di urutan ketiga klasemen akhir. Baru pada tahun 2008 hingga 2009 bersama Fiat Yamaha Rossi meraih gelar juara dunia secara berturut-turut.
Bergabung dengan Ducati

Biografi Valentino Rossi1

Setelah gagal mempertahankan gelar juara dunia pada tahun 2010, ia kemudian memutuskan untuk pindah ke Ducati. Bersama Ducati Rossi berharap dapat menjadi juara dunia yang ke-10 melalui tiga tim berbeda. Namun kenyataannya bersama tim tersebut ia gagal, bahkan tidak meraih satu pun kemenangan. Pada akhirnya ia hengkang dari Ducati dan kembali ke Yamaha pada tahun 2013.

Ia berharap dengan kembalinya ke tim Yamaha dapat meraih gelar ke 10 nya, namun hal ini cukup sulit karena harus bersaing ketat dengan para pembalap muda seperti Jorge Lorenzo, Mark Marquez dan Dani Pedrosa. Yang paling menarik adalah ketika pesaingan untuk meraih gelar juara dunia antara Valentino Rossi dan Lorenzo pada 2015. Saat itu hampir semua pacinta MotoGP di seluruh dunia membicarakan Rossi. Ketika memasuki 2 seri terakhir MotoGP 2015, Rossi mengalami insiden bersama Marc Marquest sehingga mengakibatkan Rossi mendapat hukuman untuk start di posisi akhir pada seri terakhir 2015. Hal ini menyebabkan Rossi gagal untuk meraih gelar juara dunia dan posisinya di rebut oleh Jorge Lorenzo.

baca juga : biografi Iko Uwais, sopir truk yang menjadi aktor film laga

Itulah Biografi Valentino Rossi yang merupakan Legenda MotoGp hingga saat ini.

loading...