Berlibur ke raja ampat dari Jakarta

By Categories : Wisata

Berlibur ke raja ampat dari Jakarta akan memakan waktu lebih dari 6jam. Hal ini karena jarak dari Jakarta ke Raja Ampat sangat jauh, dan memerlukan banyak transit pada proses perjalanannya. Rute yang bisa dilakukan jika ingin mengunjungi Raja Ampat dari Jakarta yaitu membeli tiket pesawat dari Jakarta menuju Sorong, dan dilanjutkan dengan menuju Ibu kota Raja Ampat dengan melalui Pelabuhan Sorong. Jika anda memang sudah berniat mempersiapkan diri untuk berkunjung ke Raja Ampat, maka rajin-rajinlah melakukan perburuan tiket pesawat. Tiket pesawat dari Jakarta menuju Sorong biasanya sekitar 3juta’an, namun bisa juga lebih murah jika sedang ada banyak promo.

Tips berlibur ke raja ampat dari Jakarta

berlibur ke raja ampat dari jakartaMaskapai penerbangan yang melayani rute Jakarta Sorong ada tiga, yaitu Express Air, Lion dan Batavia Air. Untuk Express Air, rute penerbangan biasanya setiap hari pada pukul 01.10wib dan keberangkatan melalui terminal 1B. Sementara Lion air ada dua kali penerbangan menuju Sorong, dengan jarak tempuh sekitar 6jam 30menit, dan transit via Ambon. Sedang Batavia Air memiliki 3 jadwal penerbangan menuju sorong, dan lama penerbangan masing-masing jadwal cukup berbeda karena tergantung tempat transit pesawat mereka. Penerbangan terpendek dengan transit di Ujung Pandang, dengan lama penerbangan 5jam 15menit. Sementara penerbangan terlama adalah 11jam 30menit, dengan kota transit Surabaya.

Setiba di bandara Domine Eduard Osok, yang merupakan nama bandara Sorong, anda bisa menginap di hotel sekitar sorong untuk melepas lelah ataupun perjalanan bisa dilanjutkan menuju pelabuhan Sorong dengan menggunakan taxi ataupun angkutan kota. Untuk angkutan kota, tariff menuju pelabuhan adalah Rp.3000rupiah. Sementara sewa mobil, maka biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp. 75.000rupiah per jam. Dari Bandara menuju pelabuhan relative cepat karena kondisi jalanan kota Sorong yang tidak begitu ramai. Yang perlu anda ketahui, anda wajib membeli PIN Wayag yang nantinya digunakan memasuki wilayah Wayag oleh petugas yang ada di Pulau Kawe, Raja Ampat. Harga PIN Wayag 250ribu rupiah.

Setiba di pelabuhan, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menumpang kapal MV Marine Express yang bertujuan ke Waisai, Raja Ampat. Biaya menggunakan MV Marine Express ini sekitar 120ribu per orang untuk kelas biasa atau ekonomi, sedang untuk VIP kita wajib merogoh kocek sekitar150ribu rupiah. Perlu diingat, meskipun menurut jadwal kapal berangkat pukul 14.00wib, namun jika kondisi kapal sudah penuh meskipun baru pukul 10.30wib, maka kapal akan berangkat dan tidak akan menunggu penumpang yang belum datang. Jika anda tidak ingin membuang banyak waktu menunggu kapal esok harinya, anda bisa menyewa speedboat dengan tariff mulai 4juta’an rupiah. Oleh karena itu jika anda sudah memesan tiket MV Marine ini, sebaiknya berkoordinasi dengan kru kapal mengenai jadwal keberangkatan sangat baik bagi anda.

Demikian informasi mengenai cara berlibur ke raja ampat dari Jakarta, semoga bisa bermanfaat bagi anda semua.

terms: lama perjalanan dari jakarta ke raja ampat, berapa hari dari papua ke jakarta, berapa jam ke raja ampat, berapa lama perjalanan dari jakarta ke raja ampat, rute pesawat dari jakarta ke raja ampat