Berat Badan Naik Terus? Ketahui Penyebab Obesitas Berikut Ini!

By Categories : Kesehatan

Masalah berat badan memang sering kali membuat pusing bagi setiap orang. Apakah Anda juga salah satu orang yang juga dipusingkan dengan berat badan? Jika berat badan Anda sering bertambah secara hingga tidak terkendali maka Anda perlu mawas diri karena itu merupakan salah satu gejala dari obesitas atau kegemukan. Obesitas merupakan kelebihan berat badan yang diakibatkan terjadinya penumpukan sel-sel lemak. Maka dengan begitu obesitas didefinisikan memiliki kelebihan lemak dalam tubuh. Meskipun yang kita tahu, setiap orang memang membutuhkan sejumlah lemak tubuh yang berfungsi untuk menyimpan energi, penyekat panas dan masih banyak lagi. Namun jika kelebihan itu justru dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit dalam tubuh diantaranya diabetes dan tekanan darah tinggi.

Obesitas sendiri dapat dibedakan menjadi dua yaitu obesitas ekstrim dan obesitas parah atau yang lebih dikenal dengan obesitas morbid. Lantas apakah yang membuat berat badan Anda terus naik? Perhatikan penjelasan berikut ini mengenai penyebab obesitas.

Inilah Beberapa Penyebab Obesitas yang Perlu Anda Ketahui

Obesitas sendiri dapat disebabkan oleh pengaruh genetik dan hormon berat badan. Selain itu penyebab dasar obesitas terjadi karena disebabkan tubuh menerima lebih banyak kalori dari pada proses pembakarannya. Proses pembakaran kalori bisa dilakukan dengan cara melakukan olahraga, diet kalori dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu terdapat penyebab obesitas lainnya diantaranya adalah sebagai berikut :

Gaya Hidup
Penyebab obesitas 90% terjadi karena disebabkan oleh gaya hidup yang tidak baik atau tidak sehat. Menurut Dr. Inge Permadhi MS, SpGK spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mengatakan bahwa salah satu faktor terbesar yang menyebabkan obesitas karena gaya hidup yang tidak sehat. Seperti sering mengonsumsi makanan cepat saji, kurang melakukan olahraga dan masih banyak lagi gaya hidup tidak sehat lainnya.

Faktor Genetik
Selain karena disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, penyebab obesitas juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Jika Anda memiliki keluarga yang cenderung memiliki riwayat obesitas atau berat badan yang lebih. Maka tidak menutup kemungkinan itu bisa menjadi penyebab obesitas yang Anda alami. Menurut sebuah penelitian faktor genetik memiliki presentase sebanyak 25-35 %, adapun cara untuk pencegahannya dengan menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Faktor lainnya
Beberapa hal lainnya yang menjadi penyebab obesitas adalah karena mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat penurun berat badan. Selain itu juga dapat disebabkan oleh faktor usia mempengaruhi kinerja sistem metabolisme tubuh yang menurun. Hal ini membuat lemak menjadi cepat tersimpan dan membuat berat badan semakin bertambah.

Makanan yang menyebabkan obesitas

Obesitas biasanya disebabkan karena  pola makan sehari-hari yang kurang baik. Banyak orang tidak menyadari jika makanan yang dikonsumsi setiap hari mengandung bahan yang dapat membuat badan menjadi gemuk. Untuk itu, dalam menjaga berat badan Anda harus mengetahui makanan apa saja yang dapat membuat obesitas. Makanan yang tidak sehat adalah makanan yang mengandung zat yang merugikan tubuh. Selain akan membuat obesitas, makanan tidak sehat juga dapat menimbulkan penyakit. Berikut beberapa makanan yang dapat membuat tubuh Anda gemuk lebih cepat.

  1. Nugget Ayam

Nugget merupakan salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi karena cukup praktis untuk memasaknya. Nugget sangat disukai anak-anak karena memiliki rasa yang gurih. Namun perlu Anda ketahui jika nugget merupakan penyebab masalah obesitas. Hal ini karena hampir 50% kandungan pada nugget merupakan lemak yang banyak mengandung karbohidrat  daripada protein. Selain itu, cara penyajiannya juga harus digoreng terlebih dahulu sehingga menimbulkan banayak lemak.

  1. Burger

Burger merupakan salah satu junk food yang dapat membuat obesitas. Makanan secapt saji ini sangat berbahaya bagi kesehatan karena mengandung garam yang inggi dan lemak jenuh.

  1. Minuman Bersoda

Sudah bukan rahasia lagi jika minuman bersoda sangat tidak baik untuk kesehatan. Minuman ini mengandung kadar gula yang tinggi sehingga menjadi faktor utama penyebab orang obesitas,

  1. Kentang goreng

Jika Anda ingin menurunkan berat badan maka kentang goreng merupakan salah satu makanan yang perl Anda hindari. Kentang goreng mengandung garam serta lemak jenuh yang sangat banyak sehingga mampu membuat tubuh Anda obesitas.

  1. Ice Cream

Hampir semua orang menyukai es krim, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Es krim merupakan makanan yang berasal dari olahan susu. Namun perlu Anda ketahui jika makanan ini mampu membuat tubuh Anda obesitas. Hal ini karena es krim mengandung gula dan lemak yang membuat berat beada meningkat lebih cepat.

  1. Gorengan

Makanan yang membuat obesitas berikutnya adalah gorengan. Makanan ini sangat digemari semua orang. Namun gorengan sangat tidak baik untuk kesehatan karena mengandung banyak lemak berbahaya.

Nah itulah beberapa penyebab obesitas yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel terkait lainnya Cara Mencegah Obesitas di Usia Dini.

Loading...
terms: Apa obat obesitas yang terus naik