Belajar Bermain Gitar untuk Pemula

By Categories : Umum

Gitar merupakan sebuah alat musik yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di dunia. Alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipetik ini menjadi salah satu pilihan orang untuk mengiringi sebuah lagu. Gitar dapat dimainkan secara kelompok atau individu. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memainkan gitar salah satunya adalah dengan cara menghafal kunci gitar serta sering memainkannya.

Bagi Anda yang ingin belajar gitar tentu sangat aneh dan terasa kaku saat memegangnya. Kebetulan sekali pada pembahasan kali ini membahas mengenai cara belajar bermain gitar untuk pemula. Penasaran? Silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Belajar Bermain Gitar

Tips Bermain Gitar bagi Pemula

Mempelajari Terlebih Dahulu Chord Dasar Gitar

Salah satu cara pertama yang perlu Anda perhatikan dalam bermain gitar tentunya adalah dengan memperhatikan kunci dasar pada gitar. Banyak kunci atau chord dalam gitar. Namun yang perlu Anda jadikan awal untuk bisa bermain gitar adalah chord dasar seperti C, D, E, A, F, G, dan B. Misal saja Anda sedang bermain kunci C maka usahakan semua senar gitar berbunyi semua ketika dipetik. Memang dalam awal bermainnya jari akan terasa sakit, tetapi jika sering latihan maka jari tidak telalu sakit lagi. Baca juga Model Rambut Pendek Wanita

Berlatih untuk Berpindah Kunci Gitar

Setelah mempelajari cara pertama, cara kedua yang Anda lakukan berikutnya adalah berlatih untuk berpindah kunci gitar. Setelah Anda hafal kunci atau chord dasar bermain gitar maka Anda perlu berpindah ke kunci lain untuk memainkan sebuah lagu dengan nada yang berbeda. Pada umumnya untuk sebuah lagu memiliki chord atau kunci lebih dari satu. Untuk itu cari juga lagu yang mudah dengan kunci gitar dasar. Selain itu Anda bisa latihan dengan mengacak kunci gitar yang ada. Jangan lupa juga untuk belajar kunci gitar minor.

Berlatih untuk Memainkan Lagu

Jika Anda sudah bisa menghafalkan kunci lagu serta berpindah antara satu kunci ke kunci lainnya cobalah untuk memainkan sebuah lagu yang isinya beberapa kunci. Sangat banyak sekali lagu yang bisa dimainkan dengan gitar. Mainkan lagu yang kiranya Anda sukai, agar dalam bermainnya lebih semangat dan menghayati. Jangan lupa pula untuk memperhatikan genjrengan atau petikan dari gitar tersebut. Sesuaikan dengan nada lagu sebenarnya agar nyanyian dengan menggunakan gitar tampak lebih enak di dengar.

Mengembangkan Permainan Gitar dengan Berbagai Kunci Gitar

Cara yang terakhir dapat Anda lakukan adalah mengembangkannya sendiri. Untuk bermain gitar jangan terpaku untuk kunci-kunci dasar saja, tetapi juga kunci di luar tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak kunci gitar yang bisa dipelajari. Dengan sering berlatih dan mengembangkan permainan gitar, maka Anda akan mendapatkan sesuatu yang baru dan membuat jari-jari Anda lebih lues dalam memainkannya.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai belajar bermain gitar untuk pemula yang bisa Anda lakukan. Baca juga artikel lainnya Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami