Beberapa Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Barat

By Categories : Pendidikan

Jawa Barat merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Jawa. Jawa Barat memiliki ibu kota di Bandung yang terkenal sebagai salah kota di Indonesia dengan pesona wisata sampai dengan budaya yang dimiliki. Kota Bandung memiliki julukan sebagai Kota Kembang, Kota Pramuka, Kota Mode, Paris van Java, dan Kota Zakat. Namun selain itu semua, Jawa Barat memiliki beberapa alat musik tradisional yang bahkan beberapa keberadaannya sampai terkenal di luar negeri alias mendunia. Meski kini kemajuan teknologi terus membayang-bayangi, namun keberadaan dari alat musik tradisional terus dilestarikan agar tidak punah dengan perkembangan IPTEK yang semakin maju. Lalu apa saja jenis alat musik tradisional Jawa Barat? Ketahui pembahasannya di bawah ini.

Beberapa Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Barat

Berikut Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Barat

Angklung

Angklung merupakan salah satu jenis alat musik tradisional Jawa Barat yang terkenal di dunia. Angklung merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Jenis alat musik yang dimainkan dengan cara digoyangkan ini memiliki bentuk seperti pipa bambu yang akan menghasilkan suara unik ketika digoyangkan. Angklung memiliki nada unik berdasarkan ukuran bambu yang digunakan untuk membuat. Yang unik dari alat musik ini adalah banyak menarik wisatawan asing yang ingin mempelajari alat musik tradisional angklung.

Kecapi

Alat musik tradisional Jawa Barat yang kedua adalah kecapi. Kecapi merupakan alat musik yang cara mainkannya dengan cara dipetik. Kecapi menjadi alat musik tradisional yang menjadi salah satu ikon dari provinsi Jawa Barat. Kecapi dibedakan menjadi dua yakni kecapi induk dan kecapi anak saat digunakan untuk mengiringi musik. Sampai saat ini alat musik kecapi masih digunakan sebagai warisan budaya dari orang sunda.

Rebab

Alat musk tradisional Jawa Barat berikutnya adalah rebab. Rebab menjadi alat musik dari Jawa Barat yang cara memainkannya dengan digesek pada kedua senarnya. Rebab menjadi alat musik dari Jawa Barat yang terbuat dari kayu, serta dengan kulit tipis yang menjadikan ciri khas dari alat musik tradisional tersebut.

Arumba

Arumba merupakan alat musik tradisional dari Jawa Barat yang terbuat dari bambu sama halnya dengan alat musik angklung. Pada awalnya alat musik arumba menggunakan nada tangga yang disebut dengan pentatois. Namun saat ini alat musik tradisional tersebut menggunakan tangga nada yang disebut dengan diatonis.

Calung

Alat tradisional Jawa Barat yang kelima adalah calung. Calung merupakan alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan dipukul. Alat musik ini dibuat berasalkan dari bambu, kebanyakan bambu yang digunakan adalah bambu hitam. Secara umum alat musik tradisional ini dibedakan menjadi dua yakni calung rantay dan juga calung jinjing.

Nah itulah tadi beberapa alat musik tradisional Jawa Barat yang dapat Anda ketahui. Adapun alat musik tradisional lainnya yang berasal dari Jawa Barat seperti Karinding, Tarawangsa, Jentreng, dan banyak lagi. Baca juga artikel tentang Tempat ngabuburit di Bandung paling favorit.

Loading...
terms: alat musik tradisional jawa barat, alat musik jawa barat, alat musik dari jawa barat, alat musik tradisional jawa barat dan cara memainkannya, alat musik tradisional jawa barat dan penjelasannya, alat musik daerah jawa barat, di bawah ini merupakan musik daerah jawa barat kecuali, alat musik tradisional dari jawa barat kecuali