Bakteri yang Menguntungkan dan Merugikan bagi Manusia

By Categories : Pendidikan

Bakteri yang menguntungkan dan merugikan adalah dua jenis bakteri yang sebenarnya hidup berdampingan. Hanya saja, jika sistem kekebalan tubuh melemah tentu saja hal ini membuat bakteri merugikan menyebabkan berbagai macam penyakit. Untuk proses pembelajaran, pastinya kita harus mengetahui apa saja bakteri yang baik dan buruk bagi manusia. Nah daripada penasaran, kali ini akan menjelaskan hal tersebut.

Organisme yang memiliki nama latin bacteria ini merupakan salah satu kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel. Beberapa kelompok bakteri dikenal  sebagai agen penyebab infeksi dan penyakit, sedangkan kelompok lainnya dapat memberikan manfaat dalam berbagai bidang, mulai dari industri, pangan hingga pengobatan dan kesehatan manusia. Dalam bidang pangan ada beberapa kelompok bakteri yang mampu melakukan proses fermentasi. Seperti yang kita ketahui, bahan pangan yang difermentasi umumnya akan awet dan tahan lama.

Beberapa makanan hasil fermentasi tersebut antara lain yoghurt, mentega, terasi, asinan buah-buahan, kefir dan lainnya. Serta ada beberapa bakteri baik yang digunakan untuk pengobatan, seperti bakter penghasil antibiotik hingga vitamin. Sebenarnya tak hanya bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia saja, bakteri baik juga memiliki peranan dalam merawat tanaman agar tetap hidup dan segar.

Salah satunya yaitu bakteri nitrifikasi, bakteri nitrifikasi mampu menyusun senyawa nitrat dari senyawa amonia yang pada umumnya berlangsung secara aerob di dalam tanah. Dalam bidang pertanian, bakteri tersebut sangatlag menguntungkan karena nitrat yang dihasilkan oleh bakteri tersebut sangat diperlukan untuk tanaman. Lantas bakteri apa saja saja yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia? Simak ulasan berikut ini.bakteri yang menguntungkan

Daftar Bakteri yang Menguntungkan dan Merugikan untuk Manusia

Bakteri Baik yang Baik dan Menguntungkan Manusia

Streptomyces Griceus

Yang pertama adalah streptomyces griceu. Bakteri tersebut merupakan bakteri baik yang akan menghasilkan antibiotik streptomicin. Streptomicin sendiri bermanfaat sebagai anti bakteri tuberkulostatik, dan seringkali digunakan untuk pengobatan tuberkulosis, bruselosis, tularemia dan bubonic plague.

Baca juga inilah pengertian dan perbedaan DNA dan RNA

Antibiotik ini juga dapat digunakan bersama penicilin untuk mengobati endokarditis yang disebabkan oleh stafilokokus. Meskipun sangat bermanfaat tapi antibiotik tersebut juga memiliki beberapa efek samping, seperti anemia aplastik, gangguan vestibuler, trombositopenia dan lainnya.

Escherichia Coli

Mungkin hampir setiap orang tentu saja sudah mengetahui jenis bakteri baik yang satu ini. Bakteri escherichia coli memiliki peranan dalam membusukkan makanan di usus besar, mencegah bakteri lain di dalam usus serta menghasilakan vitamin K. Bahkan bakteri ini juga banyak digunakan dalam teknologi rekayasa genetika.

Pseudomonas Denitrificans

Berikutnya adalah pseudomonas denitrificans. Bakteri ini memiliki manfaat untuk menghasilkan vitamin B12 yang berguna bagi kesehatan tubuh. Seperti yang kita ketahui tubuh memerlukan vitamin B untuk menjaga kesehatan dan kebugarannya.

Bacillus Subtilis

Bakteri baik bacillus subtilis bermanfaat untuk menghasilkan antibiotik basitrasin.

Penicilium

Penicilum  memiliki peranan penting dalam lingkungan alam serta produksi makanan dan juga obat. Penicilum menghasilkan antibiotik penicilin yang dapat membunuh dan menghentikan pertumbuhan bakteri di dalam tubuh. Sedangkan beberapa spesies peniculium juga sering digunakan dalam pembuatan keju.

Bacillus Polymyxa

Bakteri yang menguntungkan bagi manusia selanjutnya adalah bacillus polymyxa. Bakteri ini menghasilkan antibiotik polymixin.

Terlepas dari peranannya dalam menghasilkan antibiotik, banyak jenis bakteri yang justru bersifat patogen. Pada manusia, ada beberapa jenis bakteri yang seringkali menjadi agen penyebab penyakit dan merugikan. Apa saja bakteri tersebut? berikut adalah bakteri yang merugikan manusia.

Bakteri yang Merugikan Manusia

Salmonella Thyposa

Yang pertama adalah bakteri salmonella thyposa,  bakteri yang satu ini dapat menyebabkan penyakit berbahaya yaitu tipus. Dan bakteri ini pun bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui banyak perantara, salah satunya yaitu pada makanan. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan sehat dan higienis agar terhindari dari penyakit tersebut.

Clostridium Tetani

Yang kedua adalah clostridium tetani. Bakteri ini bisa menyebabkan penyakit tetanus. Agar terhindar dari tetanus, diwajibkan untuk melakukan imunisasi tetanus.

Mycrobacterium Leprae              

Sama seperti namanya, bakteri ini dapat menimbulkan penyakit lepra. Penyakit lepra merupakan salah satu penyakit kulit menular yang cukup berbahaya.

Haemophilus Influenza

Bakteri yang merugikan selanjutnya adalah haemophilus influenza. Penyakit ini dapat menyebabkan seseorang mengalami influenza.

Xanthomonas Oryzae

Bagi para petani, jenis bakteri ini sangat merugikan. Sebab bakteri xanthomonas oryzae tersebut dapat menyebab batang padi yang baru tumbuh layu dan tidak segar.

Streptococcus Pneumoniae

Berikutnya adalah streptococcus pneumoniae. Bakteri ini dapat menyebabkan seseorang mengidap penyakit paru-paru.

Clostridium Botulinium

Bakteri tersebut dapat menghasilkan racun yang berbahaya pada makanan kaleng.

Vibrio Cholerae

Jika dilihat dari namanya, tentu saja kita sudah tahu jika bakteri jenis ini menyebabkan penyakit kolera.

Bacillus Anthracis

Bakteri ini penyebab penyakit antraks pada hewan.

Baca juga inilah komponen biotik dan abiotik beserta contohnya

Demikianlah ulasan mengenai bakter yant menguntungkan dan merugikan manusia yang perlu diketahui.

loading...
terms: bakteri yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia, bakteri yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia hewan dan tumbuhan, bakteri yang merugikan bagi manusia, mikroorganisme yg menguntungkan dan merugikan pada manusia, peranan bakteri yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia, apakah bakteri hanya merugikan bagi manusia, Bakteri merugikan dan bakteri menguntungkan dalam tubuh manusia, bakteri yang merugikan bagi manusia beserta gambarnya, hal yg paling merugikan bagi wanita adalah