Bahaya Terlalu Banyak Makan Garam bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Garam yang mengandung yodium memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berdasarkan penelitian yang ada, kandungan yodium yang terdapat pada garam berfungsi mencegah penyakit gondok. Garam menjadi salah satu bahan pelengkap yang biasa ditambahkan ke dalam masakan. Tanpa garam suatu masakan akan terasa kurang lengkap dan ada yang mengatakan masakan menjadi hambar.

Bahaya Terlalu Banyak Makan Garam bagi Kesehatan

Tak heran jika garam tak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengonsumsi harian menurut para ahli menyarankan cukup 5 sampai dengan 6 gram setiap harinya atau sama dengan satu sendok teh saja. Namun apa yang terjadi jika mengonsumsi garam dalam suatu masakan dalam jumlah berlebih? Hal tersebut justru dapat menimbulkan beberapa efek negatif bagi kesehatan tubuh. Nah untuk itu ketahui beberapa efek negatif jika kelebihan mengonsumsi garam.

Berikut Bahaya Terlalu Banyak Makan Garam bagi Kesehatan

Dapat Menyebabkan Tubuh Mengalami Dehidrasi

Bahaya terlalu banyak makan garam yang pertama adalah dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi merupakan suatu proses dimana tubuh mengalami kekurangan cairan. Ketika tubuh terlalu banyak mengonsumsi garam, menyebabkan kandungan natrium pada tubuh akan meningkat. Kandungan natrium tersebut membutuhkan asupan air guna keluar dari tubuh. Jika tak diimbangi dengan minum air putih maka tubuh akan mengalami dehidrasi akibat dari air yang telah diserap oleh natrium. Akibat dari dehidrasi seperti mual, diare, dan juga pusing.

Tubuh akan Mengalami Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Bahaya terlalu banyak mengonsumsi garam yang kedua adalah dapat menyebabkan tubuh mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi. Penelitian ini telah ditunjukan dalam rekam medis sejak 1994 lalu. Seperti yang kita ketahui bahwa tekanan darah tinggi atau yang disebut dengan hipertensi memicu berbagai penyakit berbahaya lainnya termasuk penyakit jantung bahkan sampai dengan penyakit stroke.

Dapat Menyebabkan Pengeroposan Tulang (Osteoporosis)

Bahaya terlalu banyak makan garam yang ketiga adalah dapat menyebabkan pengeroposan tulang atau osteoporosis. Kelebihan dalam mengonsumsi garam dapat mencegah penyerapan kalsium oleh tubuh, akibatnya adalah menyebabkan terjadinya pengeroposan tulang dalam jangka waktu lama. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan pada wanita pascamenopause yang menemukan bahwa wanita dengan mengonsumsi garam dalam jumlah berlebih lebih besar mengalami resiko kehilangan mineral pada tulang lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Mengalami Peningkatan Sekresi Air Empedu

Bahaya berikutnya adalah akan mengalami peningkatan sekresi air empedu. Ini disebabkan ketika seseorang sering mengonsumsi makanan yang terlalu asin dengan kandungan garam terlalu tinggi. Akibatnya adalah sekresi air empedu akan mengalami peningkatan sehingga akan menyebabkan penurunan vitalitas. Adapun dampak yang diakibatkan seperti bibir menjadi kering bahkan sampai dengan berdarah. Selain itu juga dapat menyebabkan permasalahan kulit menjadi kering.

Demikian tadi beberapa pembahasan mengenai bahaya terlalu banyak makan garam bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Baca juga artikel mengenai Penyebab darah tinggi yang harus Anda ketahui.

Loading...
terms: akibat terlalu banyak makan garam, Akibat kebanyakan makan garam, terlalu banyak makan garam, akibat kebanyakan garam, kebanyakan makan garam, efek kebanyakan makan garam, mengapa bila kita buang air seni urine tampak berwarna kuning, apa akibatnya pada seseorang yang banyak mengonsumsi makanan atau minuman bergaram tetapi sedikit minum, apa akibatnya pada seseorang yang banyak mengkonsumsi makanan/minuman bergaram tetapi sedikit minum (misalnya banyak memakan ikan laut)?, apa akibatnya pada seseorang yang banyak mengkonsumsi makanan/minuman bergaram tetapi sedikit minum, apa akibatnya pada seseorang yang banyak mengonsumsi makanan/minuman bergaram tetapi sedikit minum (misalnya banyak memakan ikan laut)?, apa akibatnya pada seseorang yang banyak mengkonsumsi makanan atau minuman bergaram tetapi sedikit minum (misalnua banyak memakan ikan laut) ?