Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Obat nyamuk bakar menjadi salah satu cara paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang. Selain mudah untuk didapatkan obat nyamuk bakar juga memiliki harga yang cukup relative murah. Cara ini sudah menjadi cara umum untuk mengusir nyamuk. Mereka menggunakan obat nyamuk bakar, namun belum banyak dari mereka yang mengetahui bahaya apa yang mengintai ketika menggunakan secara terus menerus.

Sebelum membahas mengenai bahaya obat nyamuk bakar tidak ada salahnya jika mengetahui bahan apa saja yang terkandung di dalamnya. Obat nyamuk bakar mengandung senyawa yang disebut dengan Propoxur. Sementara untuk senyawa lainnya seperti Polutan, Pyrethrum, S-2, Formaldehida, dan senyawa berbahaya lainnya. Lalu apa saja bahaya obat nyamuk bakar bagi kesehatan? Untuk lebih jelasnya silahkan simak pada pembahasannya di bawah ini!

SONY DSC

Berikut Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan Tubuh

Dapat Menyebabkan Kanker

Di dalam obat nyamuk bakar terkandung senyawa yang disebut dengan Propoxur. Senyawa jenis ini berbahaya bagi tubuh manusia yang dapat merusak sistem saraf dalam jangka waktu lama. Selain itu senyawa tersebut juga dianggap sebagai pemicu penyakit berbahaya yakni kanker mengingat kandungan karsinogen di dalam. Oleh sebab itu untuk mengatasinya kurangi penggunaan obat nyamuk bakar agar tidak terlalu sering.

Berbahaya bagi Kesehatan Paru-Paru

Bahaya obat nyamuk bakar bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah dapat menimbulkan masalah pada kesehatan paru-paru. Ini disebabkan polutan yang dihasilkan dari obat nyamuk bakar. Polutan dari obat nyamuk bakar bahkan Sama bahayanya dengan polutan dari asap kendaraan bermotor. Polutan tersebut dapat menyebabkan gangguan kesejahatan pada organ paru-paru.

Menyebabkan Asma

Selain mengandung polutan obat nyamuk bakar mengandung zat yang disebut Pyrethrum. Sama seperti polutan, zat ini juga berbahaya untuk tubuh. Ketika seseorang terus menerus menghisap zat ini dapat menyebabkan gangguan pada pernafasan salah satunya adalah asma. Tidak hanya asma saja, tetapi juga dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh turun akibat dari dosis zat tersebut.

Menyebabkan Sinus pada Hidung

Formaldehida merupakan zat tidak berawarna yang mudah terbakar dan memiliki bau yang sangat kuat. Bau zat ini dapat mengakibatkan permasalahan pada hidung jika terlalu sering dihirup dalam jangka waktu lama. Permasalahan yang dapat terjadi akibat dari zat ini adalah sinus, batuk, mual, sakit tenggorokan, dan juga iritasi kulit.

Meskipun harus menggunakannya sebaiknya pengguna perlu memperhatikannya. Untuk menggunakan obat nyamuk bakar, sebaiknya pengguna perlu meletakkannya dengan jarak yang tidak terlalu dekat. Penggunaan obat nyamuk memang ditujukan untuk mengusir nyamuk. Untuk meletakkan obat nyamuk sebaiknya dengan jarak kurang lebih 1,5 meter.

Gunakan obat nyamuk bakar pada ruangan yang memiliki ventilasi cukup. Ventilasi pada suatu ruangan berguna untuk proses sirkulasi udara, sehingga mengurangi udara kotor yang ada di dalam ruangan. Untuk itu bagi Anda yang sering menggunakan obat nyamuk di ruangan yang tertutup sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut, dampak buruk yang bisa terjadi adalah sesak napas.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa bahaya obat nyamuk bakar bagi kesehatan tubuh. Sebenarnya untuk menghindari hal tersebut Anda dapat menggunakan obat nyamuk dengan bahan alami. Bahan-bahan alami juga dapat ditemukan dengan mudah di sekitar Anda. Terdapat beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Bahan Alami untuk mengusir nyamuk

Minyak Sereh

Cara mengusir nyamuk dengan bahan alami yang pertama adalah dengan menggunakan minyak sereh. Minyak sereh memiliki banya manfaat untuk tubuh. Selain biasanya digunakan untuk menghangatkan tubuh bayi, minyak sereh juga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Cara ini sering digunakan para orang tua zaman dahulu. Hal ini karena minyak sereh mengandung bahan yang  dapat mengusir nyamuk.

Daun Kemangi

Selain dapat digunakan sebagai pengharum makanan, daun kemangi juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangakan nyamuk.Hal ini karena daun kemangi memiliki aroma yang khas. Untuk menggunakan daun kemangi sebagai bahan pengusir nyamuk, Anda dapat menyiapkan beberapa tangkai kemangi, kemudian oleskan ke seluruh bagaian tubuh,

Bawang putih dan ladang hitam

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan yang di dapur seperti bawang merah dan bawang putih. Dengan aroma yang dihasilkan dari kedua barang merah dan putih itu nyamuk tidak  akan tahan. Sehingga badan Anda akan bebas dari gigitan nyamuk.

Minyak Essensial

Cara selanutnya adalah dengan menggunakan minyak essensial. Bahaya obat nyamuk bakar memang sangat beresiko, untuk itu penggunaan minyak essensial sangat dianjurkan untuk Anda. Meurut penelitian dari Iowa State University, minyak essensial jauh lebih efektif 10 kali lipat di bandingkan dengan DEET.

Menggunakan lotus

Menurut penelitian yang dilakukan Nelumbo Nucifera menunjukan bahwa lotus merupakan  bahan alami pengusir nyamuk yang sangat efektif serta dapat membantu membunuh larva nyamuk jika ditanam di sekitar rumah.

Loading...
terms: anti nyamuk bakar