Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan Tubuh Kita

By Categories : Kesehatan

Dikalangan masyarakat kita sering mendengar istilah NAPZA yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika, Zat Adiktif yang kesemuanya bisa menimbulkan adiktif, kecanduan akan penggunaan obat-obat berbahaya dari berbagai jenis macamnya. Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat-obatan berbahaya. Bahaya dari Narkoba tidak hanya berpengaruh pada fisik saja tetepi bisa mengganggu mental atau jiwa pecandu narkoba tersebut, obat-obatan berbahaya semacam ini sudah meracuni generasi muda kita.

Sebenarnya narkoba ini merupakan senyawa-senyawa yang biasa digunakan dokter atau rumah sakit untuk mengurangi rasa sakit pasien yang mau di operasi atau sebagai obat untuk penyakit tertentu, tetapi tujuan ini banyak yang menyalah artikan akibat penggunaan narkoba di luar fungsinya dan dengan dosis yang di luar ketentuan. Sehingga mengakibatkan ketagihan dan ketergantungan, karena mempengaruhi oleh susunan syaraf. Dari ketergantungan inilah bahaya narkoba akan memperngaruhi fisik, psikologis dan lingkungan sosial.

Bahaya narkoba bagi kesehatan tubuh kita, secara fisik maupun kesehatan secara mental psikologis akan sangat berpengaruh pada kehidupan masa depan dari sang penggunanya itu sendiri. Masa depan yang kelam akan selalu menghantui para pengguna narkoba yang tidak menghentikan kebiasaan buruknya tersebut.

Dampak bahaya narkoba bagi kesehatan tubuh kita secara fisik

  1. Tulang menjadi rapuh dan keropos sehinga memberi efek besar terhadap kondisi fisik sang pemakai narkoba.
  2. Dapat menyebabkan sulit tidur (insomnia), kepala terasa sakit, suhu tubuh meningkat, mual-mual dan muntah.
  3. Jika pecandu seorang remaja perempuan akan mengalami perubahan seperti perubahan periode menstruasi, ketidak teraturan menstruasi, dan amenorhoe (tidak haid).
  4. Dapat mengakibatkan over dosis sehingga dapat mengakibatkan kematian.
  5. Kesehatan reproduksi akan bermasalah karena gangguan Pada endokrim, seperti halnya : menurunkan fungsi dari hormon reproduksi (estrogen, progesteron, testosteron), dan gangguan fungsi seksual yang dapat mengakibatkan impotensi dan kemandulan.
  6. Gangguan Adiktif.
    Gangguan adiktif yaitu gangguan pemakai akan merasa ketagihan sehingga seorang pecandu akan melakukan berbagai cara agar terus bisa mengonsumsinya. jika pecandu tidak bisa mendapatkan atau memakai, tubuh pecandu akan ada pada posisi kritis (sakaw).
  7. Gangguan kesehatan pada paru-paru (pulmoner).
    Gangguan ini dapat mengakibatkan penekanan fungsi pernapasan, kesukaran bernafas, pengerasan jaringan paru-paru.
  8. Gangguan kesehatan pada kulit (dermatologis).
    Gangguan dapat menyebabkan penanahan (abses), alergi, eksim.
  9. Gangguan kesehatan pada jantung dan pembulu darah (kardiovaskuler).
    Gangguan seperti ini dapat menyebabkan infeksi akut otot jantung, gangguan peredaran darah.
  10. Gangguan pada sistem syaraf (neurogis).
    Gangguan seperti ini dapat menyebabkan kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaraan, kerusakan syaraf tepi.

    • Dampak bahaya narkoba bagi kesehatan tubuh kita secara Psikis Mental Emosional
      1. Dapat mengakibatkan gangguan jiwa berat / psikotik.
      2. Hilangnya rasa percaya diri, rasa penuh curiga, sering berkhayal.
      3. Rasa malas untuk melakukan aktifitasnya, rasa penuh kegelisahan.
      4. Tidak bisa mngendalikan diri sendiri seperti emosi sehingga mudah terlibat dalam tindak kejahatan, pengrusakan dan kekerasan.
      5. Sulit untuk berkonsentrasi (berfikir).
      6. Lebih cenderung untuk menyakiti diri sendiri dan bahkan keinginan untuk bunuh diri.

Berdasarkan jenis narkoba dan bahayanya

    • Daun ganja / kanabis / mariyuana
      Ganja (cannabis sativa syn, cannabis indica) adalah sebuah tumbuhan budidaya yang memiliki serat, kandungan zat narkotika terdapat pada bijinya.
      Efek dari sang pemakai adalah euforia (rasa senangyang berkepanjangan tanpa sebab), kantung mata terlihat bengkak (merah dan berair), mudah emosi, dehidrasi, tulang gigi mudah rapuh dan keropos, sering berkhayal, indera pendengaran terganggu dan malas.
    • Kokain
      Kokain merupakan tanaman yang berasal dari tanaman erythroxylon coca yang berasal dari amerika selatan. Kokain sendiri mempunyai 2 bentuk yaitu: Kokain hidroklorida, ciri-ciri dari kokain adalah berwarna putih, mudah larut dengan air dan sedikit pahit. Kokain free base, ciri-cirinya tidak berbau dan terasa pahit. Efek pemakai narkoba jenis kokain adalah pemakai merasa senang yang berlebihan kepada, dapat menimbulkan masalah pada kulit, sering kejang-kejang, mengalami emfisema (kerusakan pada paru-paru), mengalami paranoid, merasa kebingungan.
    • Morfin
      Morfin berasal dari kata morpheus (dewa mimpi) merupakan sebuah alkaloid analgesik yang sangat kuat yang terdapat di opium. Sehingga zat ini bekerja sebagi rasa penghilang sakit. Efek dari pemakai narkoba jenis morfin adalah mengalami gangguan menstruasi dan impotensi, euforia, berkeringat, mengalami kejang lambung.
    • Kodein
      Kodein adalah obat batuk yang dapat digunakan /diresepkan oleh dokter, disamping itu obat ini mempunyai efek ketergantungan bagi pemakai. Kodein biasa di pakai dengan cara dihisap. Efek pemakai narkoba jenis kodein adalah sering mengalami gatal-gatal, euforia, mual dan muntah, mulut terasa kering, hipotensi, depresi di saluran pernafasan.
    • Sabu-sabu
      Sabu-sabu merupakan zat yang biasanya di gunakan untuk mengobati penyakit parah, seperti gangguan hiperaktivitas kekurangan perhatian atau narkolepsi.
      Efek dari pengguna sabu-sabu adalah hilang nafsu makan, mengalami euforia, kurang kalsium, depresi berkepanjangan, mengalami insomnia, naiknya suhu tubuh.
    • Heroin / putaw
      Heroin dihasilkan dari morfin dengan cara proses kimiawi. Sehingga reaksi dari heroin lebih kuat dari pada morfin, sehingga zat ini sangat mudah menembus ke otak saat dihisap.Efek pemakai heroin/putaw adalah pupil mata mengecil, otot menjadi lemas, suka menyendiri, mudah tertidur/sering tidur, mengalami gangguan bicara (mengucap sebuah kata), denyut nadi melambat, tekanan darah menurun.

Tips Agar Terhindar dari Narkoba

      • Komunikasi yang baik di dalam keluarga.
      • Jauhi teman yang mengkonsumsi narkoba.
      • Isi waktu luang kita dengan hal yang bermanfaat pendekatan secara rohani.
      • Ajarkan sedini mungkin tentang bahaya narkoba kepada anak-anak.

Mengingat bahaya narkoba bagi kesehatan tubuh kita, hal yang perlu kita tanamkan, biasakan hidup sehat dan pendekatan diri secara rohani. Banyak dari pemakai narkoba yang beralasan bahwa masalah akan selesai dengan cara mengkonsumsi narkoba. Padahal kita tahu bahwa hal tersebut bukan cara menyelesaikan masalah malah justru menambah masalah baru di dalam kehidupannya.