Bahaya Minuman Keras bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Alkohol merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan minuman keras. Minuman beralkohol memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia jika secara terus-menerus mengonsumsinya. Alkohol merupakan cairan bening yang sifatnya mudah menguap, mudah membuat seseorang mabuk, disertai dengan rasa panas. Hal ini terbukti dengan mudah terbakarnya alkohol jika terkena api dengan nyala api warna biru, namun tak berasap.

Minuman keras memiliki kadar alkohol yang bervariasi antara 1 sampai dengan 55 persen, dimana ketika dikonsumsi berlebihan dapat membuat perasaan seseorang menjadi berubah. Lantas apa saja bahaya minuman keras bagi kesehatan? Untuk mengetahuinya simak pada pembahasannya di bawah ini!

Bahaya Minuman Keras

Berikut Bahaya Minuman Keras bagi Kesehatan Tubuh

Menyebabkan Gangguan pada Daya Ingat

Minuman keras dapat menyebabkan gangguan pada daya ingat yang menyebabkan penurunan kemampuan yang berhubungan dengan memori otak. Ini disebabkan dengan kandungan zat berbahaya di dalamnya yang membuat seseorang sulit untuk berkonsentrasi serta menurunkan kecerdasan otak. Semakin besar kadar alkohol maka semakin besar bahaya yang ditimbulkan.

Mengganggu Sistem Metabolisme Tubuh

Bahaya minuman keras bagi kesehatan kedua adalah mengganggu sistem metabolisme tubuh. Sistem metabolisme dalam tubuh merupakan penghasil energi yang diperlukan untuk menjalankan aktivitas seharian. Itulah mengapa mereka yang sering minum minuman yang mengandung alkohol cenderung letih dan tak bersemangat.

Beresiko Serangan Jantung

Berdasarkan penelitian para ilmuwan menemukan bahwa mereka yang terlalu sering mengonsumsi minuman keras atau alkohol dapat menyebabkan resiko lebih besar terkena serangan jantung. Ini disebabkan karena melemahnya fungsi otot jantung yang juga memicu penyakit stroke.

Beresiko Kerusakan pada Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ penting di dalam tubuh. Pasalnya ginjal memiliki peran dalam menyaring darah, membantuk urin, menjaga keseimbangan air di dalam tubuh, dan banyak lagi. Ketika salah satu organ ginjal rusak maka akan mempengaruhi sistem kerja. Adapun kerusakan pada ginjal disebabkan oleh minum-minuman alkohol yang memiliki sifat panas dengan menimbulkan kerusakan organ pada tubuh.

Tekanan Darah Tinggi

Bahaya minuman keras berikutnya adalah menyebabkan tekanan darah tinggi atau disebut dengan hipertensi. Alkohol yang terkandung di dalam miras menyebabkan gangguan pada sistem saraf simpatik. Sistem saraf tersebut berfungsi dalam mengatur konstruksi dan dilatasi pembuluh darah. Dengan alkohol tekanan darah dalam tubuh akan meningkat serta beresiko hipertensi yang juga memicu serangan jantung ataupun stroke.

Menyebabkan Kanker

Hidup tidak sehat seperti minum minuman keras merugikan tubuh, pasalnya minuman yang mengandung alkohol ini juga dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Ini disebabkan tubuh akan mengubah alkohol menjadi aseltidihida yakni zat karsinogenik kuat. Adapun kanker yang disebabkan oleh minuman keras dengan kandungan alkohol seperti kanker kerongkongan, kanker hati, kanker usus besar, dan juga kanker mulut.

Masih banyak dampak buruk lain termasuk kerusakan hati. Dengan mengetahui efek buruk tersebut, sebaiknya menghindari dan memulai hidup sehat dengan konsumsi sayur, buah, serta olahraga rutin. Demikianlah tadi pembahasan mengenai bahaya minuman keras bagi kesehatan tubuh.