Bahaya Minuman Bersoda

By Categories : Kesehatan

Ketika kita mengunjungi warung – warung di pinggir jalan maka salah satu jenis minuman yang akan dengan sangat mudah kita jumpai adalah minuman bersoda. Ya ini karena saat ini ada banyak sekali varian dari minuman ini. Terlebih dengan jumlah peminat yang tak pernah habis, membuat para produsen terus mengembangkan variasi dalam minuman soda. Memang, saat cuaca panas dan terasa gerah, meminum minuman yang segar menjadi pilihan utama bagi kita. Namun, siapa yang menyangka jika ternyata minuman bersoda memiliki banyak bahaya bagi tubuh kita. Seperti apakah bahaya minuman bersoda tersebut? Simak ulasan berikut ini dengan cermat dan teliti agar sedikit pun informasi tak terlewatkan oleh anda sama sekali. Sebagai berikut.

  1. Meningkatkan risiko pada seseorang untuk terkena penyakit obesitas.
    Obesitas merupakan sebuah penyakit kelebihan berat badan yang dialami oleh seseorang yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah tingginya asupan gula. Minuman bersoda sendiri mengandung gula yang sangat banyak sehingga hal ini berdampak pada tingginya tingkat asupan gula pada diri seseorang ketika mereka meminum minuman bersoda. Sehingga sangat disarankan bagi anda yang memiliki penyakit diabetes ataupun bagi anda yang sedang menjalani terapi diet maka sangat disarankan untuk menjauhi minuman bersoda.Bahaya Minuman Bersoda
  2. Bahaya minuman bersoda yang kedua adalah karena dapat mengakibatkan orang yang mengonsumsinya jadi memiliki ketergantungan pada sebuah zat yang disebut dengan kafein. Ketika orang tersebut telah bergantung, maka ia harus mengonsumsi minuman bersoda secara terus menerus di dalam hidupnya. Padahal selama ini kita mengetahui bahwa minuman bersoda dapat mengakibatkan seseorang mengalami serangan jantung.
  3. Minuman bersoda juga berbahaya bagi kesehatan tulang anda. Banyak ahli yang menyatakan bahwa minuman bersoda memiliki risiko tinggi untuk mempercepat terjadinya tulang keropos atau osteoporosis pada orang yang sering mengonsumsinya. Mengapa? Ini karena dalam minuman bersoda, kandungan asamnya sangat rendah sehingga hal tersebut membuat tubuh mengambil kalsium yang terdapat di dalam tulang. Jika hal ini terjadi dalam waktu yang lama maka besar kemungkinan seseorang akan lebih cepat mengalami osteoporosis.
  4. Nah selain berdampak pada tulang, ternyata kalsium tersebut tidak serta merta hilang di pencernaan, melainkan mengendap di ginjal. Alasannya karena kalsium merupakan salah satu zat yang sulit untuk dicerna oleh sistem pencernaan. Maka dari itu tak jarang orang yang sering mengonsumsi minuman bersoda mengalami gagal ginjal.
  5. Bagi anak-anak maupun orang dewasa yang sering mengonsumsi minuman bersoda juga berbahaya bagi kesehatan gigi mereka. Kandungan asam yang ada pada minuman bersoda membuat karies gigi menjadi rusak. Selain itu banyak sumber yang menyebutkan meminum minuman bersoda juga dapat sampai merusak pada email gigi.

Dengan banyaknya fakta tentang bahaya yang terdapat pada minuman bersoda maka sebaiknya anda berpikir ulang sebelum mengonsumsinya. Mungkin sekali waktu boleh, namun jangan sampai keseringan apalagi pada level ketagihan atau kecanduan minuman bersoda.